7 Tips Pengobatan Mata secara Alami dan Aman

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Mata adalah salah satu anggota panca indera yang sangat penting pada tubuh kita. Dengan mata anda dapat menikmati indahnya dunia, mata jugalah yang membuat kita dapat bekerja lebih efektif. Mata yang indah tentunya sangat berpengaruh pada kecantikan anda. Maka sudah seharusnya kita merawat kesehatan mata dengan baik.

Jika mata anda mengalami gangguan kesehatan, mata merah atau berair misalnya, jangan diabaikan, segeralah mengobati mata anda agar tidak terjadi pembengkakan atau kondisi yang lebih buruk lainnya. Jika mata sakit, anda akan merasa tidak nyaman untuk bekerja dan juga kecantikan anda tentunya akan berkurang.

Berikut kami akan berbagi tips pengobatan untuk mengatasi mata yang sedang sakit seperti mata merah atau mata berair dengan bahan alami sehingga anda tidak perlu ragu akan bahaya obat tetes mata yang anda pilih yang belum tentu tepat untuk mengatasi penyakit mata anda.

1. Daun Sirih

Daun sirih sejak dahulu telah digunakan oleh nenek moyang kita untuk mengobati penyaki mata. Caranya adalah ambillah beberapa lembar daun sirih kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu rebuslah dengan air secukupnya hingga mendidih, kemudian dinginkan lalu saring dan teteskan pada mata anda yang sedang sakit.

2. Bawang putih

Bawang putih mungkin sering anda jumpai di dapur dan digunakan sebagai bumbu penyedap masakan, tetapi ternyata bawang putih juga dapat digunakan untuk mengobati sakit mata.

Caranya adalah ambillah satu siung bawang putih kemudian kupas dan potong ujungnya. Setelah itu oleskan bawang putih tadi pada kelopak bawah mata anda seperti jika anda menggunakan eye liner dan diamkan beberapa menit hingga mata anda terasa perih dan mungkin anda akan mengeluarkan air mata. Sebaiknya jangan langsung dicuci biarkan beberapa saat hingga kotoran-kotoran pada mata anda benar-benar keluar.

3. ASI atau Susu Murni

Mungkin anda pernah mendengar jika air susu pada ibu menyusui dapat anda gunakan untuk menyembuhkan sakit mata, ternyata itu bukan hanya mitos. ASI atau susu murni dapat digunakan untuk mengobati sakit mata.

Caranya adalah teteskan secukupnya asi atau air susu murni pada kapas kemudian letakkan kapas tersebut pada mata anda yang sakit dan biarkan beberapa saat. Anda bisa melakukannya 2 hingga 3 kali sehari hingga mata anda benar-benar sembuh.

4. Air hangat

Jika anda tidak mendapatkan asi, anda dapat menggunakan air hangat untuk mengobati sakit mata anda. Caranya adalah pertama-tama bersihkan dulu mata dari debu, kotoran atapun belek mata kemudian kompreslah dengan air hangat. Mengkompres mata dengan air hangat dapat mencegah pembengkakan mata yang lebih parah dan juga mengurangi rasa sakit pada anda.

5. Air mawar

Mungkin anda sering menggunakan air mawar sebagai salah satu ritual kecantikan anda seperti menjadikannya pembersih dan penyegar kulit wajah, namun perlu anda ketahui jika air mawar bisa juga digunakan untuk mengobati mata anda yang sedang sakit.

Caranya adalah ambillah kapas kemudian teteskan air mawar secukupnya lalu usap-usapkan pada mata anda yang sedang sakit sama seperti jika anda sedang membersihkan wajah. Jangan meneteskan air mawar secara langsung pada mata anda yang sedang sakit, cukup lakukan cara di atas beberapa kali sehari.

6. Kentang

Mengobati mata yang sakit dengan kentang mungkin masih terdengar asing di telinga anda, tetapi kentang juga merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati mata anda.

Caranya adalah ambillah 2-3 buah kentang kemudian kupas kulitnya dan cuci hingga bersih setelah itu parutlah atau diblender hingga halus. Bungkus dengan kain halus dan tempelkan pada mata anda yang sakit lalu diamkan hingga kurang lebih 10 menit setelah itu cucilah mata anda dengan air hangat. Lakukanlah beberapa kali hingga mata anda benar-benar sembuh.

7. Kunyit

Selain 6 bahan alami yang telah kami sebutkan di atas, kunyit dapat menjadi bahan alami ke 7 yang dapat mengobati mata anda yang sedang sakit. Kunyit merupakan tanaman yang tidak asing lagi karena merupakan salah satu bumbu masak dan juga sering digunakan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan kulit.

Nah anda juga dapat menggunakan kunyit untuk pengobatan mata, caranya adalah ambil kunyit segar beberapa ruas kemudian cucilah hingga benar-benar bersih lalu potong-potong kecil dan rendamlah ke dalam segelas air. Biarkan selama kurang lebih 15 menit lalu gunakan air kunyit tersebut pada mata anda seperti menggunakan tetes mata.

Demikianlah beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi mata anda yang sedang sakit. Penting untuk tidak menonton televisi atau berada di depan monitor computer terlalu lama ketika mata anda sedang sakit.Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *