Kenali Bahaya Minyak Zaitun Pada Kulit

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Sejauh ini, Anda mungkin sudah cukup tahu dan menyadari tentang manfaat minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung lemak bebas dimana memiliki lebih banyak keuntungan dibanding jenis minyak lainnya.

Beberapa manfaat minyak zaitun seperti mengurangi kemungkinan ruam kulit, membantu mengobati masalah kulit pecah-pecah, bisa digunakan sebagai pelembab kulit saat musim dingin, dan mengobati berbagai masalah kulit lainnya.

Jika memiliki begitu banyak manfaat, apakah minyak zaitun tidak memiliki efek samping atau bahaya saat digunakan terutama pada kulit? Mungkin untuk efek samping dari minyak zaitun tidak begitu parah, namun bisa menyebabkan beberapa masalah.

Pada dasarnya, ada beberapa efek samping dari minyak zaitun. Minyak zaitun yang Anda beli di pasar sering mengandung beberapa bahan kimia di dalamnya. Anda mungkin tidak tahu bagaimana bahan kimia akan bekerja pada kulit Anda. Jika Anda alergi terhadap minyak zaitun, kulit akan menjadi iritasi dan mengalami ruam kulit.

Nah, seperti apa bahaya atau efek samping dari penggunaan minyak zaitun yang sangat penting untuk Anda ketahui?

1. Penyebab Jerawat

Banyak orang yang salah mengira dari manfaat minyak zaitun sebagai obat jerawat. Berbeda dengan tea tree oil, minyak zaitun adalah minyak berat yang tidak dapat diserap oleh kulit Anda dengan mudah. Oleh karena itu, minyak akan menciptakan lapisan pada kulit Anda.

Jika Anda menerapkannya pada wajah, debu dan sebum akan terperangkap yang akan menjadi salah satu penyebab dari munculnya jerawat.

2. Penyebab Ruam Kulit

Saat Anda mendapatkan ruam pada salah satu bagian kulit, Anda akan mengoleskan minyak zaitun karena dapat membuat kulit Anda tampak lebih cerah.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, berhentilah menggunakan minyak zaitun. Kulit berminyak adalah hasil dari sekresi sebum yang berlebihan. Jika menyatu dengan zat yang berminyak, maka hanya akan menyebabkan ruam, kemerahan dan gatal di wajah Anda.

3. Alergi

Jangan pernah menggunakan minyak zaitun jika sebelumnya kulit Anda menimbulkan reaksi. Menggunakan minyak zaitun dapat memperburuk masalah Anda. Jika Anda tiba-tiba mengalami reaksi alergi karena minyak zaitun, berkonsultasilah dengan dokter.

4. Minyak Zaitun Berbahaya untuk Bayi

Bahaya minyak zaitun pada kulit bisa menjadi yang terburuk untuk bayi. Bayi yang baru lahir, memiliki jenis kulit yang lebih sensitif dan Anda juga pastinya belum mengetahui bagaimana reaksi yang akan ditimbulkan minyak tersebut. Jadi untuk amannya, hindari menggunakan minyak zaitun untuk memijat bayi.

5. Menyebabkan Masalah Komedo

Sifat minyak zaitun yang sangat berminyak dapat menyebabkan komedo pada wajah Anda semakin bertambah. Wajah yang berminyak akan membuat debu dan kotoran terjebak sehingga menjadi salah satu alasan atau penyebab dari munculnya komedo.

**

Meskipun tidak begitu banyak, beberapa dampak dari penggunaan minyak zaitun ini tetap perlu Anda ketahui untuk menghindari terjadinya reaksi yang tidak diharapkan. Semoga bermanfaat!

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Kenali Bahaya Minyak Zaitun Pada Kulit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *