8 Perawatan Khusus untuk Kulit Sensitif

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Dermatologis mendefinisikan kulit sensitif sebagai kulit sangat kering yang rentan terhadap reaksi kulit seperti bisul, benjolan kulit atau erosi kulit dan memiliki kecenderungan untuk memerah dan teritisasi. Kulit kering yang berlebihan tidak bisa lagi melindungi ujung saraf, sehingga menyebabkan reaksi kulit sensitif.

Selain kulit kering, beberapa penyebab lain dari reaksi kulit sensitif adalah gangguan kulit atau reaksi alergi kulit, seperti eksim, rosacea atau kontak dengan penyebab alergi.

Paparan berlebihan terhadap faktor lingkungan seperti matahari dan angin atau panas yang berlebihan atau dingin juga dapat menyebabkan kulit sensitif bereaksi. Faktor yang mendasari hal ini adalah faktor genetika yang dapat menyebabkan kulit memiliki peningkatan sensitivitas.

Kulit sensitif bereaksi buruk terhadap sinar matahari, bahan kimia dalam produk perawatan kulit, penggunaan berlebihan dalam makeup dan dehidrasi. Selain itu kulit sensitif lebih rentan menjadi kering, gatal dan kemerahan. Tingkat sensitivitas bervariasi antara satu orang dengan yang lainnya.

Karena kulit seperti ini sangat reaktif dan halus, perlu perawatan ekstra dan perhatian khusus. Merawat kulit sensitif membutuhkan kesabaran, tetapi setelah Anda tahu bagaimana untuk mengurus dan merawatnya, maka Anda akan mendapatkan kulit bercahaya dan sehat. Simak ulasannya.

1. Minum Air Lemon Setiap Hari

Mereka yang memiliki kulit sensitif harus memulai hari dengan segelas air lemon. Vitamin C serta antioksidan lainnya dalam lemon membantu memerangi radikal bebas dan kerusakan pada kulit. Selain itu, air lemon dapat melakukan pembersihan racun dari darah, yang membantu menjaga kulit tetap bercahaya dan bebas dari jerawat, noda, keriput dan masalah lainnya.

Untuk membuat air lemon, buat jus dari ½ buah lemon ke dalam segelas air hangat. Tambahkan madu sedikit dan minum pada waktu perut kosong setiap pagi. Tunggu minimal 30 menit, kemudian nikmati sarapan Anda.

Selain itu, minum air sepanjang hari secara teratur dapat menjaga kulit Anda terhidrasi dan lembab dari dalam. Hal ini juga membantu tubuh membuang racun.

2. Gunakan Tabir Surya

Sunscreen atau tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit sensitif dari ultraviolet yang berbahaya (UV) dari matahari.

Berhati-hatilah terhadap tabir surya yang mengandung bahan beracun atau bahan kimia berbahaya yang dapat membahayakan kulit sensitif, gunakan tabir surya dengan bahan-bahan seperti seng oksida dan titanium dioksida. Bahan-bahan ini menawarkan perlindungan spektrum luas (broad spectrum) tanpa menimbulkan efek samping.

Baik itu musim panas, musim dingin atau saat berawan, jangan meninggalkan rumah tanpa menggunakan tabir surya. Gunakan 20 sampai 30 menit sebelum Anda pergi keluar di bawah sinar matahari.

Selain itu, hindari berada di luar selama tengah hari ketika sinar matahari bersinar paling kuat, pakai topi besar bertepi dan kenakan pakaian longgar untuk menutupi kulit.

3. Pilih Produk Perawatan Kulit dengan Hati-hati

Baik itu pembersih, pelembab, sabun atau paket perawatan wajah, Anda perlu membeli produk yang tepat untuk kulit sensitif. Hindari menggunakan produk perawatan kulit dan kosmetik yang memiliki alkohol, exfoliant yang keras, natrium lauril sulfat, petrokimia, asam, zat pewarna, atau wewangian sintetis karena ini dapat mengiritasi kulit.

Sebaliknya, pilih produk yang memiliki antioksidan kuat serta bahan anti-inflamasi seperti teh, teh hijau, lidah buaya, chamomile, tumbuhan laut, calendula dan gandum. Selain itu, lebih sedikit bahan kimia yang terkandung dalam produk perawatan kulit, maka semakin baik untuk kulit sensitif Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan menemukan jenis kosmetik dan produk perawatan kulit yang tepat, pilihlah produk berlabel “anti alergi” dan “no fragrance“.

Selalu lakukan tes sebelum membeli produk perawatan kulit baru. Jika Anda tidak yakin tentang suatu produk, berkonsultasilah dengan seorang ahli kecantikan atau dokter kulit sebelum Anda membelinya.

4. Gunakan Kosmetik Ringan

Orang-orang yang memiliki kulit sensitif harus sangat berhati-hati saat membeli serta menerapkan tata rias. Jika Anda memiliki kulit sensitif, gunakan bedak yang mengandung beberapa bahan pengawet, foundation berbasis silikon untuk iritasi kulit minimal, eyeliner pensil dan pengisi alis, dan hindari menggunakan kosmetik tahan air.

Selain itu tinggalkan jauh-jauh produk anti-penuaan yang kompleks. Buang produk lama dan jangan berbagi makeup dengan orang lain. Hindari menggunakan terlalu banyak make up pada wajah.

5. Melembabkan dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni merupakan pelembab alami untuk kulit sensitif. Minyak ini memiliki jumlah yang tepat dari asam lemak yang membantu menjaga kulit dengan baik dan mencegahnya kekeringan. Minyak kelapa menembus jauh ke dalam pori-pori, bergizi dan merupakan bahan pelembab dari dalam.

Selain itu, kondisi seperti psoriasis, dermatitis dan eksim dapat diatasi karena sifat anti-inflamasi dan antimikroba pada minyak tersebut. Minyak kelapa bahkan bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari.

Sebelum tidur, cukup oleskan minyak kelapa pada wajah, lengan dan kaki dan pijat dengan lembut kemudian cuci di pagi hari. Lakukan setiap hari, ini untuk membuat kulit Anda lembut dan halus. Untuk mandi, campurkan 1 cangkir minyak kelapa extra-virgin di air mandi yang panas kemudian berendamlah di dalamnya selama 15 menit.

6. Bersihkan dengan Susu

Susu mentah adalah pembersih yang sangat baik untuk kulit sensitif. Selain itu, susu memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan yang membantu menyingkirkan kulit kering dan gatal. Hal ini juga membantu menjaga kulit tetap lembap dan mencerahkan warna kulit.

Untuk menggunakan susu sebagai pembersih wajah, celupkan kapas dalam susu mentah dan oleskan pada wajah Anda. Biarkan selama 5 sampai 15 menit, lalu bilas wajah Anda dengan air hangat.

Untuk membuat pelembab, tambahkan ½ sendok teh tepung gram dan susu mentah untuk membuat pasta. Campur dalam beberapa tetes madu mentah dan air mawar. Oleskan pada wajah dan leher, biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas menggunakan air hangat. Gunakan masker wajah ini seminggu sekali.

7. Manjakan Kulit dengan Air Mawar

Sifat pendinginan alami, antiseptik, anti-inflamasi dan antioksidan dalam air mawar sangat baik untuk kulit sensitif. Hal ini juga membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit tanpa membuatnya menjadi terlalu berminyak atau kering.

Selain itu, air mawar tidak menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Perawatan kulit dengan air mawar sebagai toner yang dapat membantu mencegah keriput, mengencangkan pori-pori dan mencerahkan kulit. Sebelum tidur, semprotkan air mawar di wajah dan pijat dengan lembut.

8. Makan Makanan Sehat

Makan makanan yang sehat sangat baik untuk perawatan kulit sensitif serta seluruh tubuh Anda. Perhatikan keseimbangan yang tepat dari vitamin, mineral, antioksidan, protein, omega-3 dan lemak tak jenuh tunggal dalam pola makan Anda untuk menjaga kulit sehat dan menghindari kulit yang teriritasi.

Tingkatkan asupan makanan yang memiliki sifat anti-inflamasi, seperti minyak zaitun, bawang putih, kunyit, jahe, ceri, salmon, bayam, ubi jalar, blueberry, kenari dan alpukat. Makanan ini akan mengurangi peradangan pada kulit.

Beberapa makanan yang bisa menyebabkan reaksi kulit pada orang dengan kulit sensitif seperti makanan berbasis gluten seperti roti gandum, kecap, bir, sereal dan apa pun yang mengandung tepung gandum, rye dan barley. Kedelai dan makanan berbasis kedelai makanan, telur, anggur merah dan makanan dengan warna buatan dan pengawet juga dapat menyebabkan masalah.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *