Buah Sirsak, Kaya Manfaat untuk Kecantikan dan Kesehatan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Buah sirsak, buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam ini memang sangat populer dan dapat konsumsi secara langsung ataupun dijadikan jus buah untuk dinikmati di sela-sela aktivitas sehari-hari.

Selain enak dan menyegarkan buah sirsak juga memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh manusia. Mau tau apa saja manfaat buah sirsak untuk kesehatan dan perawatan kecantikan wanita, yuk di simak artikel berikut ini.

1. Menyegarkan dan menghaluskan kulit

Buah sirsak kaya akan vitamin C sehingga sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit anda. Selain itu dengan mengkonsumsi jus buah sirsak setiap hari juga berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga mencegah kerusakan sel dan penuaan dini pada kulit.

2. Kaya akan serat

Buah sirsak selain kaya akan vitamin C juga kaya akan serat sehingga sangat baik untuk memperlancar penyerapan makanan dalam tubuh dan mencegah terjadinya sembelit.

3. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Buah sirsak kaya akan kalsium dan fosfor, kandungan senyawa ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis. Jadi jika anda ingin memiliiki tulang dan gigi yang kuat maka konsumsilah buah sirsak.

4. Menurunkan LDL dan meningkatkan HDL

Kolesterol dalam tubuh terbagi menjadi dua yakni kolesterol jahat atau LDL dan kolesterol baik atau HDL, buah sirsak mengandung niacin yang merupakan zat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh atau HDL dan mencegah penumpukan kolesterol jahat pada dinding arteri dalam tubuh.

5. Nutrisi otak

Jika anda ingin cerdas dan memiliki otak yang sehat maka tidak ada salahnya jika anda rutin mengkonsumsi buah sirsak, karena ternyata buah sirsak kaya akan asam folat yang berfungsi sebagai nutrisi untuk otak.

6. Mencegah anemia

Apakah anda mengalami anemia, cobalah rutin mengkonsumsi buah sirsak karena buah yang satu ini kaya akan zat besi yang sangat penting untuk pembentukan sel-sel darah merah sehingga mencegah terjadinya anemia.

7. Anti kram otot

Mungkin anda memiliki aktivitas yang sangat padat atau sering berolahraga sehingga tidak jarang anda mengalami keram otot, nah salah satu solusi untuk mengatasi kram otot adalah dengan mengkonsumsi buah sirsak. Buah sirsak mengandung kalium yang berfungsi untuk membantu fungsi kontraksi otot sehingga mencegah otot lemah yang dapat berakibat pada kram otot.

8. Mencegah sakit kepala sebelah

Apakah anda sering mengalami migrain atau sakit kepala sebelah, cobalah untuk rajin mengkonsumsi buah sirsak, karena buah sirsak mengandung riboflavin yang sangat baik untuk mencegah sakit kepala sebelah atau migraine.

9. Memperlancar ASI

Jika anda adalah ibu hamil atau menyusui maka tidak ada salahnya jika anda rajin mengkonsumsi buah sirsak karena buah sirsak dapat merangsang produksi ASI pada kelenjar mamae.

10. Sumber energi dan meningkatkan stamina

Buah sirsak mengandung Fruktosa yang merupakan monosakarida atau suatu bentuk gula sederhana yang dapat menghancurkan gula dalam darah dan mengubahnya menjagi energi yang sehat dan dapat meningkatkan stamina tubuh.

11. Anti kanker

Buah sirsak menngandung zat anti kanker yakni fitokimia acetogenin annonaceous sehingga dengan rajin mengkonsumsi buah sirsak maka bisa jadi anda dapat terhindar dari penyakit kanker yang mematikan ini.

Bahkan sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of Natural Products menyatakan bahwa buah sirsak 10 ribu kali lebih kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dibanding dengan mengkonsumsi obat-obatan atau kemo terapi. Luar biasa bukan.

**

Demikianlah beberapa manfaat buah sirsak yang jika dikonsumsi ternyata sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Penting untuk anda ketahui apabila anda menjadikan buah sirsak sebagai jus maka sebaiknya campurlah dengan gula atau susu secukupnya, hindari pengguaan gula atau susu yang berlebihan karena dapat menimbulkan diabetes ataupun lemak berlebih pada tubuh anda.

Akan lebih baik jika anda menikmati buah sirsak secara langsung atau konsumsilah jus sirsak tanpa gula atau rendah gula. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *