6 Tips Membuat Bibir Tetap Lembut dan Sehat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Siapa yang tak ingin memiliki bibir yang indah, lembut, dan juga sehat? Seiring berjalannya waktu dan banyak faktor, bibir manusia dapat menggelap dan kehilangan kelembutan alaminya. Faktor penyebab utamanya, yakni, makanan atau minuman, efek cuaca, dan sirkulasi udara.

Nah, berikut adalah beberapa tips alami agar dapat tetap mempertahankan kelembutan dan keindahan bibir, yang bisa anda terapkan di rumah. Simak ulasannya ya.

Eksfoliasi bibir

Tak hanya kulit wajah yang perlu eksfoliasi alias pengelupasan, tapi juga bibir anda. Cara ini akan membantu membuang sel-sel kulit mati dan mendorong aliran darah yang lebih lancar ke area bibir anda.

Sikat dengan lembut bibir anda menggunakan sikat gigi yang biasa anda pakai, kombinasikan dengan minyak zaitun. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan kembali kelembutan dan kealamian bibir seperti sedia kala.

Namun, pastikan anda tidak menggosok bibir anda terlalu keras karena merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif.

Jaga bibir tetap lembut

Bibir anda memang akan mudah mengering sehingga menyebabkan perubahan warna. Mereka juga dapat menjadi pecah-pecah dan terluka. Maka, pastikan anda menjaga kelembutan bibir anda dengan menggunakan lip balm setiap hari, atau mengonsumsi vitamin E.

Lip balm dapat membantu bibir anda tetap lembut dan terhindar dari kekeringan. Shea butter adalah salah satu alternatif alami yang terkandung dalam sebuah lip balm.

Jus mentimun

Tips hebat lainnya untuk membuat bibir anda tetap lembut alami adalah menggunakan jus mentimun. Kandungan alami dan efek lembutnya akan melembutkan bibir anda, jika anda menggunakannnya dengan rutin. Jus mentimun juga akan mencerahkan bibir anda secara alami.

Cara termudah untuk menggunakannya, adalah dengan mengaplikasikan jus mentimun tersebut dengan lembut dan biarkan beberapa menit di bibir. Penggunaan rutin setiap hari akan membuahkan hasil maksimal.

Hindari kopi dan rokok

Anda juga perlu menghindari makanan atau minuman yang bisa menyebabkan perubahan warna pada bibir. Misalnya, beberapa makanan tertentu, atau minuman kopi kafein disertai rokok juga akan memperburuk kondisi bibir anda.

Beralihlah mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya serat dan mengandung banyak vitamin E di mana sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Pilih lipstik yang sesuai

Penggunaan kosmetik yang tidak sesuai atau cocok dengan bibir juga dapat menyebabkan kerusakan dan menimbulkan rasa gatal, dan pecah-pecah pada bibir anda. Pastikan anda menggunakan kosmetik dengan kandungan bahan alami yang lebih aman.

Merk lipstik yang mengandung zat kimia berbahaya juga sangat tidak dianjurkan untuk digunakan. Biarkan juga sesekali bibir anda tampil polos tanpa lipstik, untuk membuat pori-pori bernapas lega dan mendapat asupan udara.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *