10 Bahan Alami Untuk Melembutkan Tangan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tak hanya kulit wajah yang membutuhkan perawatan, tangan pun juga harus dirawat agar tetap lembut dan sehat. Berbagai jenis aktivitas, seperti mencuci dengan sabun, pekerjaan berat, atau terlalu sering di bawah terik matahari dapat menyebabkan tangan menjadi kasar. Terlebih lagi jika kita jarang menggunakan pelembab.

Apabila kulit tangan kasar, maka kepercayaan diri pun juga akan berkurang. Kita cenderung malu untuk berjabat tangan dengan orang lain. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk memperhatikan kesehatan kulit tangan. Untuk melakukan perawatan pada tangan, anda tidak harus selalu ke salon dan mengeluarkan biaya yang mahal. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk memperoleh kulit tangan yang lembut.

Dilansir dari Healthbodytips.com, berikut 10 bahan alami untuk melembutkan tangan:

1. Minyak zaitun dan gula

Ambil 1 sdt gula. Tuangkan ke dalam mangkuk kecil dan tambahkan beberapa tetes minyak zaitun. Gosokkan campuran pada telapak tangan hingga gula menyatu dengan tangan. Selanjutnya, cuci bersih untuk mendapatkan tangan yang lembut dan lentur.

2. Minyak Zaitun dan oatmeal

Campurkan 1 sdt oatmeal dan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam mangkuk kecil. Oleskan campuran tersebut pada telapak tangan sehingga untuk berbaur dengan sempurna. Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci bersih untuk mendapatkan tangan lembut.

3. Air mawar dan jus lemon

Campurkan 1 sdt air mawar dengan 1 sdt jus lemon. Oleskan pada telapak tangan hingga berbaur sempurna. Bilas dengan air hingga tangan bersih dan diperoleh kulit tangan yang lembut.

4. Kuning telur, madu, dan bubuk almond

Siapkan 1 sdt madu, ½ sdt bubuk almond dan beberapa tetes air mawar. Campurkan semua bahan di dalam mangkuk kecil. Gosokkan campuran ini secara merata pada telapak tangan dan diamkan selama 10 menit atau lebih. Terakhir bilas untuk mendapatkan tangan yang lembut.

5. Mentega dan minyak almond

Mentega adalah salah satu bahan yang dapat melembutkan tangan. Sedangkan minyak almond mengandung vitamin E yang mencegah keriput dan tanda-tanda halus pada telapak tangan. Cara penggunaannya, campurkan 2 sdt mentega dengan 1 sdt minyak almond. Oleskan campuran pada tangan. Diamkan selama 20 menit atau lebih. Terakhir, bilas tangan dengan air untuk mendapatkan tangan yang lembut dan kenyal.

6. Lemon dan gula

Lemon mengandung senyawa asam yang berguna untuk mengatasi kulit gelap akibat paparan sinar matahari. Sedangkan gula berperan sebagai eksfoliant yang menganggkat sel-sel kulit mati.

Cara pemakaiannya, siapkan setengah sepotong lemon. Kemudian taburkan beberapa gula di atas lemon. Diamkan beberapa saat hingga gula larut sempurna ke dalam lemon. Oleskan lemon yang bercampur gula pada telapak tangan. Terakhir, bilas tangan dengan air hingga diperoleh tangan yang lembut.

7. Madu dan gula

Madu merupakan pelembab alami yang berguna mengatasi kulit tangan yang kering. Cara penggunaanya, campurkan 1 sdm madu dengan ½ sdm gula ke dalam mangkuk kecil. Oleskan campuran pada telapak tangan hingga gula berbaur sepenuhnya dengan tangan. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

8. Hidrasi

Dehidrasi adalah salah satu penyebab dari tangan kasar. Untuk mengatasi hal ini, kita harrus menjaga tubuh agar benar-benar terhidrasi. Usahakan untuk mengonsumsi air putih setidaknya 8-9 gelas air perhari untuk memperoleh tangan yang lembut dan halus.

9. Mencuci tangan dengan cara yang tepat

Mencuci tangan adalah bagian yang sangat penting dari rezim perawatan tangan. Tidak peduli berapa banyak produk alami atau pelembab yang digunakan, jika cara mencuci tangan anda buruk, semua usaha anda akan sia-sia. Cobalah untuk memilih produk handwash yang tepat dan bekualitas. Selain itu, pastikan untuk tidak menggunakan sabun terlalu sering. Penggunaan sabun yang berlebihan menyebabkan tangan menjadi kasar.

10. Gunakan pelembab

Setelah anda mencuci tangan, oleskan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Hal ini bertujuan untuk mencegah kulit tangan menjadi dehidrasi dan kering. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menerapkan pelembab setiap selesai tangan mencuci. Apabila anda tidak membawa pelembab, cukup gunakan tisu basah untuk mengelap telapak tangan.

***

Demikianlah 10 bahan alami untuk melembutkan tangan. Semoga dapat bermanfaat.

(photo: perawatanku.com)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *