8 Makanan yang Dapat Mengurangi Nyeri Haid

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Wanita seringkali merasakan nyeri dan kram saat datang masa haid terutama pada hari pertama. Nyeri haid ini terkadang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari wanita, bahkan pada beberapa kasus, nyeri haid hari pertama ada yang sampai menyebabkan pinsan karena tidak kuasa menahan sakit.

Sebenarnya, nyeri saat haid merupakan hal yang wajar dialamai oleh hampir setiap wanita. Hal itu terjadi karena terjadi kontraksi rahim untuk  melepaskan lapisan dinding rahim atau sel telur yang tidak dibuahi dari tubuh. Kontraksi dan pelepasan dinding rahim inilah yang menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada hari pertama.

Bagi kamu yang kali  merasa tidak nyaman dengan nyeri haid tersebut, beberapa makanan berikut bisa kita konsumsi untuk  mengurangi rasa nyeri saat haid. Apa saja  makanan yang ampuh mengurangi nyeri haid tersebut?

Pisang

Jika siklus haidmu lancar perbulannya sehingga kamu hafal jadwal datang haidmu, sebaiknya kamu konsumsi pisang beberapa hari sebelum haid atau juga pada saat haid tersebut. Kenapa dengan pisang? Karena buah yang kaya vitamin C ini ternyata mampu membantu meredakan nyeri pada saat haid.

Apa alasannya? Sebab pisang mengandung potassium yang bisa menurunkan kadar hormon androgen sehingga mengurangi aktivitas rahim dan memperlambatnya. Selain itu pisang juga mengandung magnesium yang berperan sebagai pengurang nyeri.

Nanas

Selain pisang, nanas ternyata juga bisa menjadi makanan pereda nyeri saat haid. Hal ini dikarenakan kandungan bromelain yang terdapat pada nanas. Kandungan ini berperan dalam mengendorkan otot-otot rahim yang kram.  Dengan demikian mengkonsumsi  nanas pada saat haid dapat mengurangi nyeri pada perut kita.

Brokoli

Sayur-sayuran ternyata juga bisa meredakan nyeri saat hai. Salah satu sayuran tersebut adalah brokoli. Sebagaimana kita ketahui, brokoli ini mempunyai banyak sekali kandungan yang penting untuk tubuh kita diantaranya Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin B6, potassium, dan megnesium.

Sama halnya dengan pisang, kandungan penting yang berperan untuk mengurangi nyeri haid pada brokoli adalah postasium dan magnesium. Nah, ketika haid, usahakan banyak konsumsi sayur brokoli ya.

Ikan salmon

Makanan selanjutnya yang bisa mengurangi nyeri haid adalah berbagai olehan ikan salmon. Ikan salmon kita kenal sebagai makanan yang mengandung omega-3 yang tinggi sehingga sangat baik untuk kecerdasan.

Dan ternyata kandungan omega-3 di dalam ikan salmon tersebut bekerja sama dengan kalsium dan vitamin D bisa meredakaan nyeri saat haid, karena vitamin D berfungsi untuk membuat rileks. Sementara, omega tiga berfungsi untuk mengganti sel darah yang keluar.  Tidak ada salahnya kamu menyediakan lauk ikan salmon di saat haid untuk pereda nyeri saat haid.

Bayam

Tidak hanya brokoli sayuran hijau yang bisa mengatasi nyeri saat haid. Sayur bayam yang merupakan sayuran hijau yang banyak penggemarnya ini ternyata juga bisa bermanfaat untuk mengurangi  nyeri di saat haid. Kandungan penting didalam bayam tentu kita sudah tahu kan?

Kandungan paling penting untuk meredakan nyeri haid adalah kalsium dan zat besi. Kalsium bisa berfungsi untuk meredakan  kejang otot akibat kontraksi rahim, sementara itu zat besi berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah saat haid.

Kacang-kacangan

Salah satu zat yang paling berperan untuk mengurangi nyeri haid adalah zat besi. Salah satu makanan yang banyak mengandung zat besi adalah kacang-kacangan. Jadi itu artinya, kacang-kacangan cukup ampuh untuk meredakan nyeri pada saat haid. Saat haid, coba deh kamu ngemil kacang saat haid untuk mengurangi nyeri haid.

Telur

Telur ternyata tidak hanya  tinggi kandungan protein lho.Telur juga mengandung vitamin D dan juga kandungan kalsium. Kandungan vitamn D dan kalsium inilah yang bemanfaat untuk memuat rileks otot rahim dan area kewanitaan sehingga mengurangi rasa nyeri pada saat haid.

Susu atau yoghurt

Sebuah hasil penelitian menyatakan bahwa mengkonsusi 1.200 miligram kalsium perhari bisa mengurangi nyeri haid sampai dengan 30% dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi 500 miligram kalsium. Itu artinya kalsium sangat berpengaruh dalam mengurangi nyeri haid.

Selain pada sayur-sayuran,  kalsium juga banyak sekali terkandung di dalam susu dan olahan susu lainya seperti yoghurt. Jadi untuk mengurangi nyeri saat haid kamu bisa mengkonsumsi satu gelas susu atau yoghurt sehari.

**

Nah, agar aktivitas kita tidak terganggu oleh nyeri yang berlebihan disaat haid kita bisa mengkonsumsi makanan-makanan diatas. Daripada mengkonsumsi pil penahan sakit, lebih baik mengkonsumsi bahan-bahan alami diatas kan? Nyeri hilang nutrisi pun terpenuhi.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *