Chemical Peeling dan Efek Sampingnya Untuk Kecantikan

DOKTERCANTIK.COM – Kamu pernah mendengar  chemical peeling? Atau mungkin kamu berniat melakukannya? Atau malah sudah pernah melakukannya? Tahukah kamu, setelah dijalani beberapa  konsumen dan juga berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh para ahil dermatologi, chemical peeling ternyata mempunyai banyak efek samping terhadap kesehatan kita? Apa saja efek samping tersebut?

Sebelum kita jelaskan efek samping dari chemical peeling, buat yang belum terlalu mengenal tentang chemical peeling, kita simak dulu sekilas tentang chemical peeling ya biar gak bingung.

Chemical Peeling dan Efek Sampingnya Untuk Kecantikan

Sekilas tentang chemical peeling

Sebagaimana namanya, chemical peeling merupakan salah satu metode perawatan kecantikan dengan cara mengaplikasikan bahan kimia tertentu pada wajah dengan tujuan bahan kimia tersebut akan memberikan reaksi dengan mengelupaskan kulit-kulit mati yang ada pada wajah kita. Pengelupasan kulit mati tersebut bertujuan untuk mempercepat regenerasi kulit agar tumbuh kulit yang baru.

Biasanya chemical  peeling dilakukan untuk menghilangkan jerawat, flek-flek hitam, masalah pada pori-pori, menghilangkan kerutan-kerutan halus, mengatasi kulit kusam, dan  mengatasi warna kulit yang tidak rata.

Bahan-bahan kimia yang digunakan untuk chemical peeling

Ciri utama dari perawatan chemical peeling adalah pemanfaatan bahan kimianya, apa-apa saja bahan kimia yang disertakan pada chemical peeling?

  • Salicylic acid yang berperan dalam mengurangi kadar minyak, menghilangkan jerawat, dan mempercepat regenerasi kulit dengan melakukan pengelupasan sel
  • Trichloroacetic acid (TCA) yang bekerja pada lapisan kulit bagian tengah dan dalam.
  • Alpha hydroxy acid yaitu bahan kimia yang bekerja  pada lapisan kulit atas, serta membantu produksi kolagen baru dan melakukan regenerasi kulit.
  • Asam mandelic yang akan berperan adalah proses pencerahan wajah karena zat ini mengurangi masalah pigmentasi pada kulit.
  • Larutan jessner  yaitu larutan yang nantinya akan menembus lapisan kulit yang paling dalam.
  • Retinoic acid yaitu senyawa turunan dari vitamin A yang berperan dalam mengurangi kerutan pada kulit serta mencegah pigmentasi dan kerusakan kulit ringan.

chemical peeling

Efek samping perawatan chemical peeling

Dengan kandungan-kandungan kimia diatas, serta cara kerjanya yang sampai menembus bagian kulit paling dalam, maka tentu akan banyak efek samping yang bisa kita alami akibat perawatan tersebut. Apa sajakah efek samping dari perawatan chemical peeling?

  1. Penipisan kulit

Kulit yang terlalu sering dilakukan chemical peeling bisa menyebabkan lapisan kulit menjadi lebih tipis. Kulit yang tipis tentunya akan menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif, terjadi iritasi seperti kemerahan pada kulit serta gatal-gatal. Efek samping ini bisa berlangsung selama beberapa bulan sehingga bisa menimbulkan ketidaknyamanan.

  1. Penuaan dini

Karena bahan-bahan kimia yang digunakan pada chemical peeling bisa mencegah proses pigmentasi, maka hal ini akan membuat kulit kita menjadi sangat sensitif karena tidak memiliki pigmen yang cukup untuk melindungi kulit dari munculnya keriput dan penuaan dini.

  1. Munculnya flek-flek pada wajah

Chemical peeling memang efektif untuk memutihkan wajah karena teknik ini bisa mengurangi pigmentasi kulit, namun kekurangan pigmen yang juga membuat kulit menjadi lebih sensitif sehingga mudah sekali terkena flek-flek hitam dan jaringan parut.

  1. Menyebabkan hiperpigmentasi

Chemical peeling juga bisa menyebabkan hiperpigmentasi yang menyebabkan kulit malah berubah menjadi lebih gelap dari semula. Tahukan kamu, hasilnya permanen. Jadi hati-hatilah melakukan perawatan chemical peeling.

  1. Pembengkakan dan infeksi pada wajah

Chemical peeling juga bisa memicu saling serangnya virus-virus yang terdapat pada wajah sehingga bisa menimbulkan luka infeksi dan peradangan seperti pembengkakan pada bagian-bagian wajah tertentu.

  1. Penyakit berbahaya lainnya seperti jantung, ginjal dan kerusakan hati

Tidak hanya sekedar masalah-masalah pada kulit, chemical peeling juga bisa memicu penyakit-penyakit berbahaya seperti gangguan jantung, masalah ginjal dan kerusakan pada organ hati. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam karbol (fenol) yang terdapat didalamnya.

**

Nah, bahaya kan? Itulah beberapa efek samping dari perawatan wajah chemical peeling, jadi sebaiknya kamu pertimbangkan dulu ya, sebelum melakukan perawatan chemical peeling.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *