DOKTERCANTIK.COM – Whiteheads atau komedo putih adalah salah satu jenis komedo yang muncul pada kulit berbentuk benjolan dalam kulit berwarna putih. Whiteheads atau komedo tertutup ini sangat umum terjadi pada orang yang memiliki kulit berminyak, namun mungkin juga disebabkan karena stres yang berlebihan, kebiasaan makanan yang tidak sehat dan diet yang tidak tepat, kebiasaan merokok dan tidak membersihkan wajah dengan benar pada malam hari sebelum tidur.

Jika Anda ingin menyingkirkan whiteheads pada hidung, dagu dan wajah, gunakan pengobatan alami untuk mengatasi whiteheads berikut ini. Simak ya.

19 Perawatan Alami untuk Menyingkirkan Whiteheads

1. Oatmeal

Oatmeal sangat bagus untuk mengatur berat badan dan untuk perawatan kulit juga. Bahan ini juga ampuh memerangi whiteheads pada wajah dan membuat kulit bebas jerawat.

Membuat scrub dari oatmeal sangat mudah yang perlu Anda lakukan adalah campur 1/3 cangkir oatmeal, ¼ cangkir gula dan ¼ cangkir madu. Pijat wajah dengan scrub ini selama 7-8 menit dan setelah itu cuci dengan air hangat. Dengan cara ini dapat membuka folikel rambut yang tertutup, dan mencegah munculnya whiteheads lebih lanjut.

2. Tomat

Tomat melakukan berbagai keajaiban bagi kesehatan tubuh serta perawatan kulit. Vitamin C pada tomat meremajakan kulit kusam dan melawan whiteheads yang mengganggu. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat bubur tomat dan menggosokkannya pada daerah whiteheads dan biarkan selama sekitar lima menit. Kemudian cuci wajah hingga bersih.

3. Lemon

Seperti tomat, lemon juga kaya vitamin C. Ambil bola kapas dan celupkan ke dalam mangkuk yang terisi jus lemon. Terapkan bola kapas ini pada daerah whiteheads dan biarkan selama satu jam atau lebih. Kulit Anda mungkin akan merasakan sensasi terbakar. Tapi, Anda tidak perlu khawatir. Selain menghilangkan whiteheads, obat ini juga menambahkan cahaya kulit wajah.

4. Kulit Jeruk

Karena sarat dengan vitamin C, jeruk mampu mendetoksifikasi kulit. Keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari selama seminggu sampai menjadi rapuh. Giling kulit kering untuk membuat bubuk. Campur bubuk ini dengan dua siung bawang putih dan beberapa tetes jus lemon untuk membuat pasta tebal. Oleskan pada daerah whiteheads. Setelah 10 menit, bilas dengan air hingga wajah bersih.

5 Jenis Masker Susu Untuk Perawatan Kulit Wajah

5. Susu

Campur susu, jus lemon dan garam bersama-sama dalam rasio 2: 1: 1 dan menerapkannya pada wajah. Biarkan selama beberapa waktu dan kemudian mencucinya.

Atau, campur susu dan garam bersama-sama dan pijat pada kulit dengan lembut dalam gerakan melingkar. Kemudian cuci dengan air dingin. Ulangi ini selama 3-4 kali sehari. Ingat untuk tidak terlalu keras memijat wajah.

6. Almond

Almond memiliki manfaat yang luar biasa pada whiteheads. Anda hanya perlu menggiling beberapa almond menjadi bubuk halus dan membuat pasta dengan beberapa tetes air mawar dan oatmeal. Oleskan pada wajah, lebih fokuskan pada daerah whiteheads. Biarkan selama 20-25 menit sebelum mencucinya dengan air dingin.

7. Tepung jagung

Tepung jagung juga merupakan bahan yang luar biasa untuk kulit. Campur tepung jagung dengan cuka dengan perbandingan 3: 1. Oleskan pada wajah, fokuskan pada whiteheads. Biarkan tinggal selama 20-25 menit; setelah itu, bilas dengan air hangat.

Khasiat Air Beras Untuk Rambut Dan Kulit

8. Beras

Untuk scrub beras yang baik, rendam beras dalam air selama semalam sekitar 5-6 jam. Di pagi hari, giling beras untuk membuat pasta dan oleskan di seluruh wajah. Ini akan membuang sel-sel kulit mati dan menghilangkan whiteheads. Hal ini juga membawa kembali warna alami kulit yang tersembunyi di bawah sel kulit mati.

9. Gula dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal memiliki manfaat besar untuk kulit dan rambut. Campur satu sendok teh gula dan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan scrub ini pada wajah dan gosok dengan lembut selama 10-15 menit. Setelah itu, cuci wajah dengan air dingin.

10. Yoghurt

Campur 3 sendok teh yoghurt dengan 2 sendok teh oatmeal, satu sendok teh jus lemon dan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air. Ini tidak hanya membantu menghilangkan whiteheads, tetapi juga melembabkan kulit.

11. Kayu manis

Campur ½ sendok makan bubuk kayu manis dengan satu sendok makan baking soda, satu sendok makan jus lemon dan beberapa tetes air. Oleskan pasta pada wajah dan biarkan selama beberapa waktu. Kemudian cuci dengan air dingin.

air bunga mawar

12. Air Mawar

Celupkan bola kapas dalam semangkuk air mawar dan terapkan pada wajah. Ingat Anda tidak perlu mencucinya. Aplikasi sehari-hari dari air mawar akan memberikan hasil yang bagus.

13. Kentang

Kentang memiliki sifat pencerah untuk kulit. Parut kentang dan ekstrak jusnya. Dinginkan jus ini. Celupkan bola kapas di dalamnya dan oleskan pada daerah whiteheads. Biarkan selama satu jam dan kemudian cuci dengan air dingin.

14. Telur dan Madu

Madu merupakan pembersih alami dan pelembab. Campur ½ sendok teh minyak almond, 1 sendok makan yoghurt, 1 putih telur dan satu sendok makan madu hangat. Oleskan campuran ini dalam lapisan tipis pada wajah. Biarkan selama tiga puluh menit dan kemudian mencucinya dengan air hangat.

15. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat menghilangkan kelebihan minyak dari kulit. Ambil secangkir air dan tambahkan 1 sendok makan cuka sari apel. Gunakan bola kapas untuk mengoleskan pada wajah. Tunggu 10 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

Strawberry Untuk Ibu Hamil

16. Stroberi

Stroberi mengelupaskan kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat, dan dengan cara ini, stroberi mampu menyembuhkan whiteheads dengan cara alami. Buat pasta dengan menumbuk 2-3 buah stroberi. Tambahkan 1 sendok makan madu. Pijat pada wajah Anda dalam gerakan melingkar. Bilas setelah 10-15 menit. Ulangi obat ini 1-2 kali seminggu.

17. Teh Hijau

Ambil kantong teh hijau yang telah digunakan, dinginkan di kulkas selama 4-5 jam dan kemudian letakkan kantong teh hijau dingin pada whiteheads. Lakukan ini setiap 2-3 jam setiap hari selama seminggu.

18. Daun Ketumbar

Daun ketumbar memiliki sifat anti-bakteri. Giling beberapa lembar daun ketumbar untuk membuat pasta. Tambahkan sejumput kunyit dan beberapa tetes air untuk itu. Oleskan campuran ini pada wajah Anda sekali atau dua kali seminggu.

19. Aloe Vera

Campur gel lidah buaya dengan madu dalam proporsi yang sama dan oleskan pada kulit. Biarkan sekitar setengah jam dan kemudian cuci dengan air hangat. Gel ini akan membuat kulit segar dan lembab.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Anda punya keluhan atau pertanyaan seputar masalah kesehatan atau perawatan kecantikan? Silahkan bertanya pada tim DokterCantik.com melalui HALAMAN KONSULTASI. Kami akan berusaha segera menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. KLIK DI SINI UNTUK MULAI BERTANYA »»»