Ragam Bumbu Dapur Untuk Perawatan Kecantikan

DOKTERCANTIK.COM – Banyak dari Anda belum pernah mengetahui bahan yang digunakan dalam pembuatan produk kecantikan Anda. Beberapa bahan ini bisa saja tidak baik untuk kulit dan juga dapat mempengaruhi penampilan Anda. Penggunaan produk organik tidak hanya meminimalkan risiko efek negatif pada kulit Anda, tetapi juga membantu Anda menghemat uang.

Karena Anda lebih tahu tekstur kulit Anda, Anda dapat menggabungkan dua atau lebih bahan alami untuk memenuhi kebutuhan akan perawatan kulit dan tubuh. Produk kecantikan organik atau ramah lingkungan tidak memiliki bahan kimia atau pengawet, ketahanan produk ini lebih pendek dibandingkan dengan produk komersial lainnya.

Jadi, mengapa Anda masih membeli produk kosmetik mahal yang keras ketika bahan-bahan terbaik dalam perawatan kecantikan tersedia di rumah Anda? Berikut adalah daftar bumbu dapur yang bisa anda gunakan dalam peawatan kulit dan dapat meningkatkan kecantikan Anda.

Ragam Bumbu Dapur Untuk Menjaga Kecantikan

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan untuk riasan mata. Minyak kelapa digunakan untuk menghapus eyeliner waterproof, eye shadow dan maskara. Tuangkan beberapa tetes minyak kelapa pada bola kapas dan membersihkan wajah. Ini akan menghapus semua jenis make up dan menghidrasi wajah. Setelah Anda telah membersihkan semua makeup, cuci muka seperti biasa.

2. Shea Butter

Mentega ini sangat bermanfaat untuk kulit Anda. Shea butter memiliki SPF lebih dari 5, sehingga Anda dapat menggunakannya sebagai tabir surya alami. Hal ini juga membantu untuk menyembuhkan luka dan mencegah stretch mark. Selain itu, shea butter dapat digunakan sebagai pengobatan anti-penuaan yang sangat baik.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan pelembab yang sangat baik. Ini membuat kulit jadi halus, lembut dan kencang. Minyak ini juga baik untuk rambut dan membuat helai rambut Anda tebal. Campur gula kasar dalam minyak zaitun dan terapkan pada bibir pecah-pecah untuk menyembuhkannya.

4. Cuka

Cuka bekerja baik pada rambut basah atau kering. Biarkan selama lima menit. Setelah itu, cuci seperti biasa. Ini akan membuat rambut Anda bebas ketombe.

Cuka juga dapat digunakan sebagai kondisioner. Ambil dua sendok makan cuka, dua sendok makan jus lemon segar dan 3 cangkir air suling. Campur dengan baik. Gunakan pada helai rambut Anda sebagai bilasan akhir. Keringkan dan atur seperti yang Anda lakukan secara teratur.

5. Madu

Ambil 1-2 tetes madu pada ujung jari dan pijat pada wajah. Jangan mencuci muka, hanya keringkan dengan lembut menggunakan kain basah. Ini akan memudarkan bekas luka. Selain itu, madu juga bertindak sebagai kondisioner yang sangat baik dan membuat rambut kusam menjadi bersinar. Madu juga membantu dalam menambahkan sinar untuk kuku.

6. Lemon

Jika Anda memiliki siku kering, lemon adalah obat yang sangat menguntungkan. Ambil setengah bagian lemon dan terapkanpada siku Anda. Keringkan menggunakan handuk dan kemudian oleskan minyak zaitun. Ini akan melembabkan siku kering Anda. Juga, lemon adalah penguat kuku, exfoliator bibir, dan pemutih gigi. Aplikasi jus lemon juga bermanfaat untuk pengobatan komedo.

7. Gelatin

Gelatin dapat digunakan sebagai hairspray. Ambil satu cangkir air, didihkan, dan kemudian tempatkan satu sendok teh gelatin di dalamnya. Isikan botol semprot dan gunakan pada rambut Anda. Ini akan membuat  helai rambut semakin halus.

8. Gula merah

Gula merah dapat digunakan untuk membuat body scrub. Ambil setengah cangkir gula merah, tambahkan setengah cangkir minyak zaitun dan madu untuk itu. Campur semuanya bersama-sama untuk menghasilkan pasta. Oleskan pasta ini pada kulit Anda untuk membuatnya bersih dan bercahaya.

9. Cocoa Butter

Cocoa butter dapat digunakan untuk membuat lip balm. Ambil dua sendok makan cocoa butter, tiga sendok makan minyak kelapa dan satu sendok makan minyak almond. Campuran dan panaskan pada api kecil. Ini adalah lip balm alami yang akan mencerahkan warna bibir Anda. Cocoa butter juga membuat rambut lebih tebal, mengkilap dan mudah diatur.

10. Mentimun

Aplikasi irisan mentimun pada wajah dan mata akan melindungi dari sinar UV yang berbahaya. Ini meremajakan kulit, membuka pori-pori, menghidrasi kulit, mengurangi noda dan lingkaran hitam. Jus mentimun membantu dalam mencegah rambut rontok.

11. Telur

Telur menambah kilauan untuk rambut Anda. Ambil satu kuning telur, setengah cangkir yogurt, dan satu sendok madu. Campur. Gunakan campuran ini pada rambut bersih dan kering. Tutupi helai Anda dengan shower cap setelah menerapkan campuran. Biarkan selama 20 menit dan kemudian bilas menggunakan shampoo.

12. Apel

Irisan apel mengurangi bengkak dan lingkaran hitam. Bilasan terakhir dengan jus apel mengatasi masalah ketombe dan rambut rontok. Aplikasi apel dengan susu krim pada wajah menyembuhkan bintik-bintik gelap, noda, dan kulit.

13. Alpukat

Alpukat sangat bermanfaat untuk rambut Anda. Hancurkan alpukat matang. Tambahkan setengah cangkir susu kelapa dan satu sendok makan minyak zaitun untuk membuat pasta. Oleskan pada helai rambut dan cuci setelah 30 menit. Jus alpukat dikatakan dapat meningkatkan warna kulit dan menutrisi kulit Anda.

14. Baking Soda

Baking soda adalah pemutih gigi yang sangat baik. Campuran madu dan baking soda mengatasi jerawat dan membuat kulit Anda bersih. Untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati, campurkan baking soda di pembersih wajah yang biasa Anda gunakan dan terapkan. Menggosok kuku dengan campuran peroksida dan baking soda dapat membuatnya mengkilap.

15. Mangga

Untuk mendapatkan kulit lembut, gunakan mangga sebagai scrub tubuh. Buah ini juga membantu mengobati komedo, memperbaiki warna kulit, menyembuhkan jerawat dan bintik-bintik gelap, dan membantu pengelupasan kulit. Selain itu, mangga juga baik untuk kesehatan rambut seperti menjaga rambut dari ketombe dan mencegah rambut beruban.

16. Strawberry

Jus stroberi mencerahkan warna kulit dan membuat warna kulit merata. Buah ini juga dapat digunakan sebagai toner kulit dan scrub. Selain itu stroberi juga mengatasi masalah jerawat dan mengurangi bawah mata yang bengkak. Karena stroberi mengandung asam ellagic, maka dapat secara efektif menyembuhkan rambut rontok, ketombe dan pertumbuhan jamur. Campuran kuning telur dan stroberi membuat rambut lembut dan indah.

17. Labu

Labu memelihara kulit Anda dan membuat warna kulit merata. Karena kaya akan beta-karoten, mampu mengurangi keriput dan memberikan tampilan kulit lebih muda. Labu juga memiliki sifat penyembuhan. Selain itu, labu mendorong pertumbuhan rambut dan bertindak sebagai pelembab rambut yang baik.

18. Raspberry

Raspberry mengandung kadar antioksidan karenanya dapat menjaga kulit Anda muda dan cantik. Omega-3 dan asam lemak omega-6 di raspberry melindungi kulit dari eksim. Buah ini juga sangat bermanfaat untuk rambut Anda. Ini mencegah rambut rontok dengan memperkuat folikel dan membuatnya bersinar.

19. Tomat

Tomat membuat kulit muda dan cantik dengan membuka pori-pori, mencegah sekresi minyak berlebih, menghilangkan sel-sel kulit mati dan memerangi kerusakan sel. Penggunaan biasa dari tomat di wajah Anda menghapus bintik-bintik jerawat. Ini adalah tabir surya alami yang menahan kulit Anda dari radiasi UV. Tomat juga membuat rambut Anda sehat, dengan menghilangkan ketombe dan mengurangi rambut rontok.

20. Gula

Gula adalah scrub alami yang sangat baik. Hanya dengan mengambil dua sendok makan gula di tangan Anda dan menaruh beberapa minyak zaitun di dalamnya kemudian oleskan pada wajah Anda dalam gerakan melingkar untuk mengangkat kulit mati. Campuran ini, bila diterapkan pada bibir, membuat bibir lembut dan halus. Juga, campuran gula dan jus lemon memudarkan bintik-bintik usia.

21. Kentang

Kentang dianggap sebagai salah satu solusi terbaik untuk lingkaran hitam. Kentang menghilangkan keriput, bintik-bintik gelap, kulit terbakar dan sel-sel mati, karenanya, membuat kulit Anda terlihat menarik. Hal ini juga menghapuskan kantung mata. Kentang rebus dapat digunakan untuk menangani rambut beruban. Hal ini juga dapat digunakan untuk mencegah rambut rontok.

22. Kiwi

Haluskan kiwi untuk membantu menghilangkan jerawat. Ini mempercantik kulit dengan menyediakan makanan, meremajakan sel-sel, mengelola produksi sebum, dan menyembuhkan kerusakan yang disebabkan karena paparan sinar matahari. Kiwi juga mengelupas sel kulit mati. Selain itu, mengurangi rambut rontok, ketombe dan rambut beruban.

23. Mint

Penggunaan daun mint dengan madu memberikan kulit tampak lebih muda dan bebas minyak. Mint mampu menyembuhkan jerawat dan mengurangi bengkak mata. Menerapkan jus mint dan ketumbar di bibir akan membuat bibir tampak merah muda dan lembut. Mint juga merupakan kondisioner rambut yang luar biasa.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu