DOKTERCANTIK.COM – Jika Anda menganggap mencukur dan waxing merepotkan dan berakibat buruk terhadap kulit, maka Anda dapat memilih laser hair removal sebagai alternatif. Kebanyakan dari kita mengatakan bahwa laser hair removal adalah cara yang bebas rasa sakit untuk mendapatkan kulit halus secara permanen.

Jika Anda ingin mencoba perawatan menggunakan laser, maka ada sepuluh hal penting yang harus Anda ketahui sebelum mencoba laser hair removal ini. Simak ulasannya.

10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Laser Hair Removal

1. Laser hair removal hanya bekerja pada rambut hitam

Laser hair removal bekerja dengan menembakkan cahaya pada rambut, yang memecah pigmen gelap di rambut yang disebut melanin. Ini berarti bahwa pigmen yang Anda miliki di rambut akan berkurang, sehingga perawatan ini kurang efektif untuk rambut pirang atau putih.

2. Laser hair removal tidak dijamin 100% dapat bekerja

Efektivitas laser hair removal dapat bervariasi antara satu orang dengan yang lainnya dan tidak ada jaminan bahwa perawatan ini akan bekerja dengan baik untuk semua orang.

Jika Anda melakukan seluruh rangkaian perawatan, yang biasanya sekitar lima perawatan, maka penurunan rata-rata pertumbuhan rambut adalah sekitar 70% sampai 80%. Beberapa orang dapat mengalami efektivitas 100% dan mereka tidak perlu mencukur lagi.

3. Tidak harus melakukan laser hair removal jika memiliki kulit gelap

Karena teknik laser hair removal bekerja dengan memecah pigmen pada rambut, jika Anda memiliki kulit gelap, itu bisa mengubah warna atau merusak kulit Anda. Bahkan dapat menyebabkan perubahan warna kulit.

4. Laser hair removal tidak menimbulkan rasa sakit

Laser hair removal tidak menyakitkan. Anda akan merasakan sensasi menyengat saat sorotan laser menyentuh kulit Anda. Derajat nyeri dapat bervariasi, tergantung pada seberapa sensitif kulit Anda dan dapat lebih menyakitkan pada daerah yang lebih sensitif dari tubuh Anda.

Beberapa orang menggambarkan rasa sakit sama dengan yang akan Anda alami jika seseorang menggetarkan karet terhadap kulit Anda. Dianjurkan untuk mengambil beberapa obat penghilang rasa sakit sekitar setengah jam sebelum  pengobatan.

5. Butuh beberapa waktu untuk menyelesaikan perawatan

Jika Anda berencana untuk menggunakan laser hair removal dalam persiapan untuk acara besar, maka Anda akan perlu untuk membutuhkan banyak waktu. Dibutuhkan beberapa sesi untuk perawatan laser dan waktu sekitar beberapa minggu setelah perawatan untuk penyesuaian kulit.

6. Hati-hati memilih tempat melakukan laser hair removal

Anda bisa mendapatkan perawatan laser hair removal dari berbagai jenis tempat perawatan, tapi hati-hati dalam memilih tempat untuk perawatan ini. Ada beberapa bahaya yang mungkin terjadi dalam perawatan laser sehingga hal ini harus dilakukan oleh esthetician yang memenuhi syarat atau dokter.

7. Efek samping laser hair removal

Efek samping dari perawatan laser umumnya ringan. Anda mungkin mengalami kemerahan pada kulit, sedikit pembengkakan dan gatal-gatal dan ketidaknyamanan ringan selama beberapa hari setelah perawatan. Dalam kasus yang jarang terjadi, pasien mengalami infeksi kulit setelah mereka menjalani laser hair removal.

Jadi, ada baiknya Anda harus berhati-hati di mana Anda melakukan laser hair removal. Pilihlah yang memang sudah berpengalaman dan direkomendasikan banyak orang.

8. Pertimbangkan biaya

Laser hair removal dapat menjadi perawatan paling mahal yang Anda pilih untuk setiap sesi. Namun, Anda harus membandingkan bahwa dengan biaya berulang dari waxing yang akan Anda butuhkan untuk mendapatkan efek yang sama.

9. Ada berbagai jenis laser

Tidak semua laser adalah sama dan akan ada jenis tertentu dari laser yang akan sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika ahli perawatan laser tidak dapat memberitahu Anda yang jenis laser harus digunakan untuk jenis kulit Anda, maka Anda berada di tempat yang salah.

10. Area tubuh untuk laser hair removal

Perawatan laser akan bekerja pada setiap bagian dari tubuh. Daerah yang paling umum untuk dilakukan laser hair removal atau menghilangkan bulu dengan laser adalah kaki, ketiak, daerah bikini dan lengan. Semakin besar daerah, semakin lama perawatan ini.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Anda punya keluhan atau pertanyaan seputar masalah kesehatan atau perawatan kecantikan? Silahkan bertanya pada tim DokterCantik.com melalui HALAMAN KONSULTASI. Kami akan berusaha segera menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. KLIK DI SINI UNTUK MULAI BERTANYA »»»