Cara Mengecilkan Tahi Lalat




Cara Mengecilkan Tahi LalatTahi lalat yang biasa diistilahkan dengan bintik-bintik kecantikan adalah sekelompok sel kulit yang berubah pigmen sehingga sel-sel kulit tersebut nampak hitam ataupun berwarna coklat tua.

Tahi lalat bisa tumbuh di mana saja pada permukaan kulit, tetapi terutama banyak dijumpai pada daerah wajah, leher, punggung dan dada serta pada tempat lainnya di kulit kita. Bentuk dan ukurannya pun bervariasi.

Tahi lalat biasanya tumbuh dengan ukuran mungil sehingga menambah kecantikan wajah. Namun pada banyak kasus, ukurannya bisa menjadi besar dan tumbuh bergerombol sehingga wajah terkesan kotor dan pada akhirnya merusak kecantikan kulit.


Terkadang keberadaan tahi lalat malah dianggap punya arti tersendiri tergantung pada daerah mana mereka tumbuh. Namun hal ini tidak dapat di buktikan secara ilmiah sehingga anggapan tersebut dianggap takhyul belaka. Terlepas dari ada tidaknya maknanya dalam kehidupan sehari-hari, yang jelas munculnya tahi lalat secara liar pada kulit wajah sangat mengganggu, apalagi jika ukuran tahi lalat tersebut agak lebar.

Cara Alami Mengecilkan Tahi Lalat

Lalu bagaimana caranya mengecilkan tahi lalat? Meskipun terbilang sangat sulit, namun tak ada salahnya untuk mencoba beberapa ramuan herbal seperti dijelaskan di bawah ini:

  1. Gunakan bawang merah dan bawang putih 1-2 siung untuk dijadikan pasta lalu oleskan pada tahi lalat yang anda ingin kecilkan. Pasta ini juga bermanfaat untuk menghilangkan tahi lalat yang tumbuh liar di permukaan kulit anda.
  2. Gosokkan irisan buah apel asam pada tahi lalat anda selama tiga hari berturut-turut. Cara lainnya bisa anda gunakan jus apel asam dengan meneteskan cuka sari apel pada kapas kemudian gosokkan pada tahi lalat yang tidak diinginkan pertumbuhannya. Biasanya dalam beberapa minggu penggunaan cuka sari apel sudah memberikan hasil yang memuaskan. Tahi lalat akan memengecil dengan sendirinya.
  3. Pakai madu asli. Oleskan madu asli setiap pagi dan sore pada tahi lalat yang ingin dihilangkan. Untuk lebih mengefektifkan kerja madu asli dalam pengecilan tahi lalat, anda dapat menambahkan minyak biji rami dan bubuk biji.
  4. Seperti halnya madu, jus nanas juga sangat efektif untuk mengecilkan atau menghilangkan tahi lalat. Oleskan jus nanas pada tahi lalat anda sebelum tidur dan ketika bangun pagi secara rutin.
  5. Minyak jarak merupakan obat alami yang aman dan efektif untuk mengecilkan dan menghilangkan tahi lalat. Teteskan minyak jarak beberapa titik pada tahi lalat anda selama satu hingga dua minggu hingga Anda melihat hasilnya.
  6. Tea tree oil  atau minyak pohon teh merupakan salah satu cara terbaik untuk untuk mengecilkan dan menghilangkan tahi lalat. Selain dapat mengecilkan tahi lalat, minyak pohon teh juga sangat baik untuk  mengobati penyakit kutil. Menggunakan minyak pohon teh cukup dengan merendam kapas dalam minyak dan mengoleskannya langsung pada tahi lalat anda.

Semoga bermanfaat!