Cream Pemutih Wajah Yashodara

Tips dan Cara Merawat Bekas Jerawat

Tips dan Cara Merawat Bekas JerawatParut bekas jerawat adalah salah satu masalah wanita yang berhubungan dengan kecantikan kulit –terkadang ini juga masalah pria, terutama bagi mereka yang peduli tentang penampilan.

Pada dasarnya, parut bekas jerawat disebabkan oleh lapisan kulit yang rusak permanen, yang terjadi setelah jerawat disingkiran secara paksa.

Dibandingkan dengan jenis luka yang lain, bekas luka jerawat cenderung lebih sulit dihilangkan; terutama bekas jerawat yang cukup parah, bekas yang ditinggalkan bisa bersifat permanen.

Memang kita selalu punya pilihan untuk menyembunyikan bekas jerawat, tapi merawatnya dengan baik dan sedikit ketelatenan, sebenarnya bisa menghilangkan bekas luka jerawat separah apapun.

Lalu bagaimana agar bekas luka jerawat cepat hilang? Ini dia beberapa cara yang baik dan benar untuk merawat luka jerawat, supaya dapat hilang dengan sempurna.

Mulailah dari Rutinitas Harian

Rutinitas sehari-hari dan gaya hidup adalah hal pertama yang harus anda perhatikan dalam merawat bekas luka atau parut akibat jerawat. Selain membantu perawatan bekas luka jerawat agar cepat hilang, rutinitas harian yang benar bisa membantu mencegah datangnya jerawat.

Ini dia rutinitas yang wajib anda lakukan setiap hari:

Pada pagi hari segera setelah tidur, segera minum air minimal satu gelas air putih akan memperlancar peredaran darah dan metabolism tubuh. Pada saat mandi, gunakan pembersih wajah yang mengandung anti jerawat dan pencegah minyak berlebih.

Pada siang hari, saat akan mengaplikasikan make-up kembali setelah makan siang atau beribadah, sebaiknya bersihkan wajah dahulu dengan facial foam atau lotion pembersih wajah. Ini akan mencegah minyak dan kotoran menutupi bekas luka jerawat.

Malam hari sebelum tidur, bersihkan wajah dengan lotion pembersih wajah. Satu hal yang harus anda tahu adalah membersihkan wajah dengan facial foam saja tidak cukup. Anda perlu pelembab yang terkandung pada lotion wajah (night cream) untuk mencegah kulit kering.

Perawatan dengan Bahan-Bahan Alami

Merawat bekas luka jerawat juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Di bawah ini adalah sejumlah bahan alami yang bisa anda gunakan, beserta cara pengaplikasiannya.

Bahan alami pertama adalah putih telur, yang mengandung asam amino dan protein tinggi. Kombinasi dari dua jenis zat ini bekerja sebagai penutup bekas luka dan mencerahkan kulit disekitarnya.

Cara membuat masker telur adalah pecahkan 3 butir telur, ambil putihnya saja dan letakkan pada mangkuk. Kocok telur hingga mengembang dan berwarna putih. Aplikasikan pada bekas luka dan sekitarnya; setelah sekitar 10 menit, bilas dengan air hingga bersih.

Minyak zaitun yang mengandung banyak vitamin dan antioksidan juga bisa anda gunakan. Caranya dengan mengaplikasikan minyak zaitun pada bekas luka jerawat sebelum tidur. Setelah sekitar 15 menit, bilas perlahan dengan lap basah.

Sebelum menggunakan minyak zaitun, ada baiknya anda mengaplikasikan pasta baking soda terlebh dahulu pada bekas luka jerawat. Caranya: cukup campurkan baking soda dengan air hingga terbentuk pasta, lalu aplikasikan pada bekas luka dan kulit sekitarnya. Karena sifat irritant baking soda yang cukup kuat, cara ini tidak disarankan bagi anda yang memiliki kulit sensitif.

Tips Lainnya

Cara terbaik untuk merawat bekas jerawat adalah menghindari luka atau parut jerawat yang lebih parah dan parut jerawat yang lain. Pertama, usahakan menggunakan lotion sunscreen sebelum bepergian untuk menghindari kerusakan kulit yang lebih parah.

Lalu, hindari juga penggunaan dan konsumsi vitamin E secara belebih. Mengapa? Karena bila dikonsumsi secara berlebih, vitamin E bisa menyebabkan kelainan pada darah.

Terakhir, jangan terburu-buru melakukan operasi. Coba perawatan alami diatas terlebih dahulu, yang walaupun membutuhkan kesabaran tapi tidak akan menyebabkan efek samping dan hasilnya juga bisa diandalkan.