Lulur Pemutih Kulit Alami dari Buah Jeruk Lemon

Loading...

Jeruk lemon, yang biasanya digunakan pada minuman maupun masakan ini ternyata memiliki banyak manfaat terutama untuk kecantikan.

Jeruk lemon dapat digunakan untuk lulur pemutih kulit karena ekstrak citrusnya ternyata mengandung pemutih alami yang mampu memutihkan serta mencerahkan wajah.

Selain mampu mencerahkan wajah dan memutihkan kulit, sari dari buah jeruk lemon juga dapat menyamarkan noda hitam (flek) yang ada pada wajah.

Jeruk lemon ini cocok untuk semua jenis kulit sehingga anda tidak perlu khawatir. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai penggunaan lulur pemutih dengan lemon untuk kulit normal, kering, berminyak, maupun sensitif, serta panduan singkat cara membuatnya.

Untuk kulit normal, anda dapat mencampurkan 1 sendok teh sari jeruk lemon dengan 1 sendok teh tepung kacang hijau.  Mengapa kacang hijau? Karena kacang hijau membantu pengangkatan sel kulit mati.

Setelah tercampur rata, tambahkan beberapa tetes air rendaman bunga mawar untuk membuatnya lebih encer serta creamy. Air rendaman bunga mawar ini juga memiliki khasiat untuk membuat kulit menjadi lebih rileks. Setelah itu usapkan pada kulit dan lakukan sedikit pijatan lembut dan biarkan beberapa saat agar kandungan gizinya meresap secara sempurna ke dalam kulit.

Lulur Untuk Kulit Kering

Untuk kulit kering sebenarnya sedikit sulit karena apabila cara penggunaannya salah maka dapat membuat kulit semakin kering. Silahkan ikuti cara penggunaannya berikut ini agar tidak salah.

Campurkan 1 sendok teh minyak zaitun yang dapat membantu kulit agar semakin halus dengan 1 sendok teh madu yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan anti kuman. Tambahkan beberapa tetes sari jeruk lemon. Sebelum dioleskan pada wajah, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air matang lalu usapkan dan pijat wajah dengan lembut selama 2-3 menit untuk selanjutnya dibersihkan dengan air dingin.

Lulur Untuk Kulit Berminyak

Untuk kulit berminyak campurkan 1 sendok teh bubuk batu alam atau fuller earth/bentonite yang dilarutkan dengan 2 sendok air mawar dan 4 sendok teh sari jeruk lemon. Aduk di dalam mangkok hingga rata lalu oleskan pada wajah dan diamkan beberapa menit setelah itu bersihkan dengan air dingin.

Lulur Untuk Kulit Sensitif

Untuk kulit sensitif sebaiknya lemon jangan digunakan terlalu sering karena sari jeruk ini sangat reaktif. Anda dapat menggunakan campuran glycerin dengan sari apel atau wortel.

Caranya campurkan setengah sendok teh glycerin dengan setengah sendok teh sari apel atau anda juga dapat menggunakan sari wortel. Setelah itu tambahkan 3-4 tetes sari lemon lalu oleskan pada wajah dan diamkan kurang lebih 15 menit dan bersihkan dengan air dingin.

Perawatan Kulit Sehari-hari

Untuk perawatan sehari-hari anda dapat menggunakan setengah buah sari jeruk lemon yang dicampur dengan 1 putih telur ditambah 1 sendok teh minyak zaitun atau almond. Setelah itu oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas menggunakan air dingin.

Namun, patut diingat walaupun jeruk lemon ini cocok untuk semua jenis kulit, terkadang ada kulit yang alergi terhadap lemon sehingga sebaiknya jangan digunakan apabila kulit anda alergi terhadap jeruk lemon ini. Itulah kegunaan lemon sebagai lulur pemutih kulit yang sangat mudah dibuat dan aman untuk digunakan.

Yang paling penting anda harus bersabar karena semuanya membutuhkan proses sehingga hasilnya tidak akan langsung terlihat. Untuk itu sebaiknya gunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan agar paparan sinar matahari tidak langsung mengenai wajah. Anda juga dapat menggunakan topi, payung, ataupun pakaian yang dapat menutupi kulit.

Selamat mencoba!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *