Tips Agar Rambut Tidak Kering

Loading...

Memiliki rambut yang kering tentunya tidak mengenakkan bagi Anda, karena rambut yang kering cenderung tidak enak dipandang dan tentunya relatif sulit untuk ditata sesuai keinginan.

Rambut kering bukanlah keadaan yang normal dan sehat dari sesorang. Jika terjadi rambut kering, pasti ada penyebabnya.

Karena itu, dengan mengetahui penyebab rambut menjadi kering, kita dapat mengantisipasinya dengan baik sembari melakukan perawatan rambut dengan benar.

Harus diingat bahwa merawat rambut juga tidak boleh sembarangan. Banyak kasus rambut kering dan rusak bermula karena perawatannya yang tidak benar dan hanya asal-asalan saja.

Nah, jika Anda mengalami masalah dengan kondisi rambut kering dan ingin mengembalikan kesehatan rambut Anda, berikut tips agar rambut tidak kering.

Penyebab Rambut Menjadi Kering

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali penyebab kondisi rambut yang kering. Ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan rambut Anda berpotensi menjadi kering, yakni:

Terlalu sering ke salon

Salon memang tempat yang mengasyikan untuk melakukan perawatan rambut. Namun jika Anda terlalu sering pergi ke salon dan membiarkan rambut Anda kerap terpapar hair dryer, pengeriting rambut, ataupun bahan kimia yang sering digunakan untuk pewarna serta masker rambut, maka rambut Anda berpotensi menjadi kering.

Terlalu sering mengikat rambut

Terlalu sering mengikat rambut dengan kencang dapat menyebabkan rambut tersiksa dan tidak bisa bernafas. Bebaskan rambut Anda meskipun saat Anda merasa gerah dan berkeringat. Juga jangan pernah Anda mengikat rambut ketika tidur.

Keramas setiap hari

Cuaca panas tentunya akan membuat siapa saja merasa gerah serta membuat rambut cepat kotor. Anda merasa perlu melakukan keramas setiap hari untuk menjaga kesegaran rambut.

Namun faktanya, keramas setiap hari akan mengurangi minyak alami pada rambut Anda. Untuk mengantisipasi kekeringan pada rambut Anda, hindari keramas setiap hari. Anda cukup keramas dua atau tiga hari sekali saja.

Menggosok rambut terlalu keras saat keramas

Anda tidak perlu menggosok rambut terlalu keras saat keramas atau pada waktu mengeringkan rambut dengan handuk, cukup dipijat-pijat dengan lembut saja. Menggosok rambut terlalu keras ternyata dapat mengurangi kelembapan alami rambut yang dihasilkan oleh kulit kepala.

Air terlalu hangat tidak baik untuk rambut

Saat cuaca dingin, keramas dengan menggunakan air panas adalah penolong yang pas. Namun jika Anda harus keramas dengan air panas, pastikan suhunya tidak terlalu panas.

Air yang hangat-hangat kuku sudah cukup bagi rambut Anda. Apabila memungkinkan hindari keramas menggunakan air panas melainkan  lebih baik dengan air dingin biasa saja.

Gunakan sisir bergigi renggang

Anda perlu menyisir rambut setiap hari. Itulah sebabnya Anda harus memperhatikan sisir yang digunakan. Menyisir rambut dengan sisir bergigi rapat dapat mengakibatkan rambut rentan rontok jika dilakukan pada saat rambut masih basah. Lebih aman bagi Anda untuk menggunakan sisir bergigi renggang agar rambut tidak mudah rontok.

Perawatan Agar Rambut Tidak Kering

Setelah Anda mengikuti beberapa tip di atas, Anda juga dapat mencoba perawatan dengan menggunakan alpukat agar rambut tidak kering. Anda tinggal mengambil daging buah alpukat kemudian menghaluskannya dengan cara diblender hingga berbentuk seperti pasta.

Oleskan pasta alpukat tersebut ke seluruh bagian rambut sebagai masker, dari kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan rambut Anda selama kurang lebih 20 menit, kemudian Anda dapat membilasnya dengan air hingga bersih. Menggunakan masker alami buah alpukat ini minimal 2-3 kali seminggu dapat membantu mengatasi kekeringan pada rambut Anda.

Selain itu, air perasan lemon juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi agar rambut tidak kering. Caranya Anda tinggal mengambil air perasan jeruk lemon kemudian campurkan dengan satu sendok madu.

Setelah kedua bahan tersebut tercampur dengan rata, oleskan pada rambut Anda ke seluruh bagian rambut dari akar hingga ujung rambut. Tutup rambut Anda dengan handuk hangat dan diamkan selama satu jam, baru dibilas dengan air bersih. Gunakan masker lemon-madu tersebut seminggu 2 kali untuk hasil yang menakjubkan.

Nah, demikianlah beberapa tips dan cara agar rambut tidak kering. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *