Cara Mengobati Migren Secara Alami

Cara Mengobati Migren Secara AlamiSakit kepala sebelah atau seringkali disebut dengan migrein atau migren adalah jenis sakit kepala yang paling mengganggu.

Sakitnya yang luar biasa seringkali akan membuat penderitanya menjadi sangat mengeluh dan mengurangi produktifitas kerja.

 

Migren bisa diakibatkan oleh berbagai macam faktor, diantaranya faktor hormonal, sakit gigi, kurang tidur, stress, dan masih banyak faktor lainnya.

Migrain umumnya diderita oleh kaum wanita. Menurut hasil sebuah riset, 30% wanita di seluruh dunia lebih rentan mengalami migren dibandingkan dengan pria yang hanya mencapai 20% nya saja.

Penyakit migren termasuk salah satu penyakit kambuhan artinya bisa muncul  kapan pun dan di manapun. Untuk itu berhati-hatilah jika mengkonsumsi obat kimia untuk  mengatasi penyakit ini, karena bisa membuat Anda menjadi ketergantungan.

Berikut beberapa cara untuk mengobati sakit kepala sebelah atau migren, antara lain:

Konsumsi Makanan yang Kaya Vitamin B2

Vitamin B2 berkhasiat  meredakan migren. Makanan yang mengandung vitamin B2 seperti daging, yogurt, keju, susu, telur, hati, sayuran hijau (asparagus, brokoli, bayam), serta kacang-kacangan.

TERKAIT:  Kenali Gejala Mental Disorders dan Cara Menanganinya

Vitamin B2 mampu bertindak sebagai aspirin yang berkhasiat untuk mengobati sakit kepala. mengkonsumsi vitamin B2 (riboflavin) secara rutin selama 3 bulan sebanyak 400 mg per hari dapat menurunkan resiko terjadinya migren sebesar 50%.

Untuk mendapatkan vitamin B2 juga bisa meminum suplemen vitamin B2 yang bisa Anda temukan di pasaran. Penelitian menyebutkan bahwa suplemen vitamin B2 dapat membantu menurunkan frekuensi dan tingkat keparahan penyakit migren. Suplemen vitamin B2 termasuk aman serta boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Minum Teh Jahe Hangat

Obat alami lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi migren adalah dengan meminum teh jahe hangat. Jahe sudah banyak digunakan oleh orang-orang Arab, India dan Cina untuk mengobati migren.

Jahe berperan sebagai antiinflamasi yang bekerja dengan cara membantu menghambat sintesis prostaglandin yaitu senyawa kimia yang dapat memicu migren. Jika migren menyerang Anda cobalah minum teh jahe hangat. Minuman teh jahe dapat menurunkan durasi dan tingkat keparahan.

TERKAIT:  Mengenal Penyakit Rhinitis Alergi

Cara untuk  membuatnya adalah dengan mengupas jahe lalu dimasak dalam air sampai mendidih. Kemudian masukkan satu kantong teh ke dalam air rebusan jahe seduh, selanjutnya saring  dan siap diminum. Untuk mendapatkan hasil  maksimal Anda juga bisa mencapurkan sedikit madu, lemon, atau susu kedalam minuman teh jahe hangat.

Kafein

Kopi, coklat, dan teh mengandung kafein dan bukan hanya bermanfaat untuk menghilangkan ngantuk saja. Kafein juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi migren. Tetapi jangan berlebih dalam mengkonsumsinya, karena justru dapat memperparah migrain Anda. Cukup konsumsi 1 sampai 2 gelas saja untuk meringankan keluhan migren Anda.

Hidroterapi

Hidroterapi merupakan teknik terapi dengan menggunakan air. Untuk mengobati migren cobalah masukkan kedua kaki Anda ke dalam air dingin dan letakkan kain hangat pada bagian leher Anda.

TERKAIT:  8 Cara Alami Menghilangkan Panu dengan Cepat

Cara seperti ini dapat membantu melancarkan aliran darah dari kepala ke kaki. Selain itu  Anda juga bisa mandi dengan air hangat guna mengurangi ketegangan pada bagian leher dan punggung Anda.

Makanan yang Kaya Magnesium

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan magnesium merupakan salah satu pencetus timbulnya migren. Oleh sebab itu konsumsilah makanan yang kaya magnesium untuk mencegah dan mengurangi keluhan migren yang bisa muncul secara tiba-tiba.

Tubuh kita tidak dapat membuat magnesium sendiri  untuk itu kita perlu mengkonsumsi makanan yang kaya magnesium seperti sayur-sayuran hijau serta kacang-kacangan.

Magnesium dapat mengendurkan ketegangan pada saraf, otot serta mengalirkan impuls-impuls saraf ke seluruh bagian tubuh dan otak. mengkonsumsi magnesium sebesar 200 hingga 600 mg per hari dapat membantu mencegah timbulnya sakit kepala sebelah (migren).

###

Demikianlah beberapa tips dan cara alami mengobati penyakit migren. Semoga bermanfaat!