Cara Alami Mengobati Penyakit Amandel

Loading...

Penyakit amandel disebabkan oleh infeksi kelenjar getah bening yang berada di dekat tenggorokan.

Penyakit amandel bisa muncul akibat pola hidup yang tidak sehat dan adanya bakteri yang menyebabkan infeksi pada amandel. Yang perlu kita ketahui bahwa amandel sebenarnya bukanlah nama penyakit.

Amandel merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi menyaring dan menghambat masuknya kuman, bakteri atau virus ke tubuh manusia melalui hidung, mulut dan tenggorokan.

Tapi jika organ amandel ini tidak mampu menghambat bakteri yang akan masuk ke tubuh, maka terjadilah pembengkakan (inflamasi) yang seringkali menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan. Rasak sakit pada tenggorokan inilah yang biasa disebut sebagai penyakit amandel.

Penyakit amandel memiliki gejala seperti, munculnya rasa sakit di kerongkongan ketika menelan makanan, adanya pembengkakan di kedua sisi bagian tenggorokan dan suara berubah bindeng bahkan terkadang menghilang..

Untuk mencegah penyakit amandel, Anda bisa memperhatikan kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari bisa menyebabkan radang atau tonsilitis.

Penyebab Penyakit Amandel

Ada sejumlah faktor penyebab terjadinya penyakit amandel, antara lain:

  • Tubuh kurang asupan vitamin C
  • Kurang minum air putih dalam sehari (minimal 8 gelas per hari)
  • Selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet, pemanis buatan dan berbahan kimia
  • Kurang memperhatikan kebersihan tangan ketika menyentuh dan memakan makanan
  • Selalu mengkonsumsi makanan dan minuman yang ekstrim seperti, terlalu panas, dingin, asam dan pedas

Cara Mengobati Penyakit Amandel

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati penyakit amandel secara alami yang telah terbukti khasiatnya untuk mengobati penyakit amandel:

Menggunakan daun sosor bebek

Daun sosor bebek mungkin banyak yang belum mengenalnya terlebih bila Anda tinggal di kota.

Daun sosor bebek ini hampir sama dengan daun lidah buaya tetapi lebih tipis, memiliki lapisan lilin sama halnya dengan daun talas dan tepian daun bergerigi. Daun sosor bebek ini jika Anda patahkan akan menghasilkan lendir bening sama halnya dengan daun lidah buaya.

Cara mengobati penyakit amandel dengan daun sosor bebek ini bisa Anda lakukan dengan menumbuk hingga halus beberapa lembar daun sosor bebek selanjutnyaAnda peras. Gunakan air perasan daun sosor bebek tersebut sebagai obat kumur, tetapi jangan sampai tertelan. Lakukan secara rutin agar penyakit amandel Anda segera sembuh.

Menggunakan akar kompri segar

Cara mengobati penyakit amandel yang kedua bisa Anda lakukan dengan menggunakan akar kompri segar. Caranya pun relative mudah yaitu dengan merebus beberapa potongan akar kompri segar dengan 3 sampai 4 gelas air. Kemudian tunggu sampai mendidih hingga air kira-kira tersisa 2 hingga 3 gelas. Lalu saring dan minum saatair rebusan tersebut mulai dingin.

Menggunakan akar alang-alang

Akar alang-alang memang terkenal ampuh untuk meredakan radang yang terjadi pada tenggorokan. Tetapi baru-baru ini penelitian menyatakan bahwa akar alang-alang bisa Anda gunakan untuk mengobati penyakit amandel karena dalam akar alang-alang mengandung zat yang berkhasiat sebagai antiinflamasi.

Cara mengolah akar alang-alang ini bisa Anda lakukan dengan merebus akar alang-alang dengan 4 gelas air sampai mendidih. Kemudian tunggu sampai volume air berkurang hingga tersisa 3 atau 2 gelas. Kemudian saring selagi panas dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

###

Demikianlah sejumlah cara alami mengobati penyakit amandel yang bisa Anda lakukan di rumah. Memang yang namanya pengobatan secara alami cenderung membutuhkan proses yang relatif lama. Setiap pengobatan yang Anda lakukan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *