Cara Mengecilkan Lingkar Perut

Loading...

Lingkar perut yang terlalu besar atau seringkali disebut perut buncit, tidak hanya akan mengganggu penampilan Anda, tetapi juga meningkatkan faktor resiko kesehatan Anda.

Pasalnya seseorang yang memiliki lingkar perut besar cenderung lebih rentan mengalami gangguan kesehatan yang serius. Lingkar perut yang besar biasanya menjadi indikasi bahwa Anda memiliki lemak yang berlebih di dalam perut atau biasa disebut dengan visceral fat.

Tipe lemak ini termasuk lemak yang berbahaya karena menutupi organ di dalam tubuh dan dapat menyebabkan peradangan. Lemak seperti ini dapat resiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, penyakit gula atau diabetes, stroke, dan penyakit lainnya

Kelebihan lemak pada perut tidak hanya dialami oleh orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Orang yang memiliki berat badan normal juga dapat menimbun lemak di bagian perutnya.

Jika Anda memiliki tubuh yang kurus tetapi memiliki perut buncit, maka perlu diwaspadai karena kemungkinan ada lemak berbahaya untuk tubuh.

Cara Mengecilkan Lingkar Perut

Untuk mengatasi lemak perut yang berlebih ini, Anda dapat mencoba beberapa cara mengecilkan lingkar perut yang akan kami bahas berikut ini. Jika dilakukan secara rutin, lingkar perut akan lebih kecil hanya dalam 2 bulan. Apa saja itu?

Olahraga Teratur

Saat berolahraga lemak yang pertama kali dikeluarkan oleh tubuh adalah lemak perut. Jadi pastikan Anda melakukan olahraga secara rutin dengan intensitas yang tepat. Selain itu, menambah aktivitas fisik juga dianjurkan. Walaupun hanya sedikit, aktivitas fisik dapat membantu Anda mengecilkan lingkar perut.

Olahraga dengan gerakan cepat sekitar 45 menit sudah cukup untuk meningkatkan detak jantung dan mengeluarkan keringat. Jika dilakukan secara rutin, aktivitas ini akan memberikan keuntungan untuk pengurangan lemak di perut. Beberapa olahraga yang dianjurkan untuk mengecilkan lingkar perut antara lain adalah hulahop, lompat tali, dan sit up.

Hindari Makanan Olahan

Batasi atau hindari konsumsi makanan olahan. Dengan cara ini, lemak pada perut Anda akan berkurang dalam 1 bulan. Lemak jenuh yang berasal dari nasi putih, tepung terigu, gorengan, camilan yang digoreng, dan minuman dengan pemanis fruktosa dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut.

Harvard Health Publications menyarankan Anda untuk menyingkarkan makanan-makanan olahan dari daftar menu harian Anda. Jika Anda ingin mengecilkan lingkar pinggang dalam dua bulan, Anda harus memperhatikan asupan kalori dan porsi makanan.

Anda bisa mengkonsumsi 500 kal lebih sedikit dari kebutuhan harian Anda. Mengeluarkan kalori lebih banyak daripada yang Anda makan akan membantu Anda menurunkan berat badan sekitar 0,45 kg per minggu. Jika berat badan berkurang, maka lingkar perut pun akan semakin kecil.

Jalani Pola Hidup Sehat

Penurunan berat badan yang sehat sekitar 0,45 – 1 kg per minggu. Berarti selama 8 minggu, Anda mungkin menurunkan berat badan hingga 7 kg atau lebih jika Anda benar-benar menjalankan tips di atas secara rutin.

Ingat, jangan mengharapkan hasil yang instan karena hal ini hanya akan membuat Anda melakukan diet yang tidak sehat dan olahraga dengan intensitas yang melebihi batas kemampuan.

####

Jika berat badan Anda sudah ideal dan lingkar perut sudah menjadi normal, maka sebaiknya Anda jangan mengentikan program diet dan olahraga yang telah Anda jalani.

Hal ini bertujuan untuk mempertahankan agar berat badan tidak naik kembali. Anda masih harus tetap menghindari makanan olahan dan melakukan olahraga secara rutin.

Usaha yang dilakukan secara konsisten dan terus menerus tentu akan memberikan hasil yang permanen. Namun, hal ini tentu juga memerlukan usaha yang keras dan komitmen dari Anda. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin lingkar perut Anda membesar lagi.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *