Cara Menghilangkan Bintik-Bintik di Wajah

DOKTERCANTIK.COM – Bintik-bintik hitam yang muncul di wajah bisa disebabkan karena beberapa hal. Misalnya, penuaan, bekas jerawat membandel, paparan sinar matahari, atau bahkan akibat penggunaan produk KB.

Bintik hitam tidak akan hilang hanya dengan air atau sabun pembersih biasa. Diperlukan langkah-langkah yang lebih efektif dalam menangani masalah kulit tersebut.

 
Wajah Bersih dan Mulus Adalah Dambaan Setiap Wanita
Wajah Bersih dan Mulus Adalah Dambaan Setiap Wanita

Di pasaran kita dapat memperoleh banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan manfaat menghilangkan bintik hitam di wajah. Akan tetapi tidak semua produk tersebut efektif. Bisa jadi harga mahal yang kita keluarkan tidak sebanding dengan manfaat yang dijanjikan.

Oleh karena itu, tak ada salahnya mencoba cara menghilangkan bintik-bintik di wajah secara alami. Selain karena bahan yang digunakan alami, tidak akan menimbulkan efek samping dan lebih terjangkau karena berasal dari bahan-bahan yang kita temui sehari-hari.

Gunakan Obat Alami Penghilang Bintik-Bintik

Terdapat banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah secara alami. Beberapa di antaranya adalah buah-buahan berjenis jeruk seperti jeruk lemon, jeruk nipis, pepaya, tomat, serta buah dan sayur lainnya yang mengandung sifat memutihkan kulit.

TERKAIT:  Intip Rahasia Cantik dan Awet Muda Wanita Jepang

Lemon dan jeruk nipis memiliki fungsi antiseptik, dan bermanfaat mencerahkan kulit apabila digunakan secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Begitu juga dengan pepaya.

Cara alami ini digemari oleh banyak orang mengingat perawatan ini lebih murah dari yang lainnya, serta lebih halus dan tidak menimbulkan efek berbahaya lainnya pada kulit.

Cara menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah secara alami dengan buah di atas adalah sebagai berikut :

  • Peras ekstrak atau air dari lemon, jeruk nipis atau pepaya. Gunakan cotton ball dan oleskan pada bintik-bintik hitam dan diamkan selama kira-kira 15 menit. Lakukan secara teratur setiap hari dua kali sehari. waktu terbaik adalah saat bangun tidur dan di sore hari
  • Campurkan perasan jeruk nipis dan madu, oleskan ke wajah. Diamkan selama 30 menit kemudian basuh muka dengan air bersih.
  • Untuk pepaya, Anda dapat mengiris tipis dan menempelkannya pada bagian wajah yang terdapat bintik hitam. Diamkan selama 20 hingga 30 menit dan lakukan secara teratur, dua kali dalam sehari. Cara lainnya adalah dengan membuat masker pepaya. Anda dapat memblender pepaya hingga halus dan menempelkannya di area bintik-bintik hitam. Aplikasikan masker selama 30 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.
TERKAIT:  5 Fakta Krim Kolagen untuk Anti Penuaan

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan adalah lidah buaya. Tanaman ini memiliki berjuta manfaat untuk kesehatan dan salah satunya efektif sebagai cara menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah secara alami.

Lidah buaya mengandung pelembab yang snagat baik untuk kulit sehingga efektif mengobati luka bakar akibat sengatan matahari. Tanaman ini juga baik untuk membantu menyamarkan flek hitam.

Caranya sangat mudah, ambil sebatang lidah buaya kemudian ambil gel yang ada di dalamnya. Aloe vera yang murni dan alami lebih baik dari yang dijual di dalam botol di pasaran karena kandungannya tidak akan tercampur dengan produk kimia apa pun.

Konsumsi Vitamin E Secara Rutin

Vitamin E merupakan antioksidan yang sangat mujarab. Vitamin ini sering digunakan sebagai salah satu produk kesehatan yang mahal karena kemampuannya membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan memperkuat yang baru.

TERKAIT:  Cara Mengatasi Jerawat Dengan Jus Lemon Dingin

Oleh karena itu orang yang mengkonsumsi vitamin ini memiliki kulit yang lebih kencang dan tampak muda. Vitamin ini dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah secara alami.

Cara Menghilangkan Bintik-Bintik di Wajah
Menghilangkan Bintik-Bintik di Wajah

Caranya dapat dikonsumsi sebagai bahan tambahan makanan sehari-hari, atau dioleskan ke bintik-bintik hitam di wajah. Dengan aplikasi yang dilakukan setiap hari, bintik-bintik hitam akan berkurang secara signifikan.

Beberapa makanan yang mengandung banyak kandungan vitamin E adalah kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, minyak gandum, buah aprikot kering dan biji bunga matahari, atau yang kita kenal dengan sebutan kuaci.