Makanan Sumber Serat dan Jenis-Jenisnya

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Serat adalah bagian tumbuhan yang tersusun dari karbohidrat yang memiliki sifat resistan terhadap perncernaan dan penyerapan di usus hulus sehingga serat bisa dikonsumsi.

Serat juga akan mengalami fermentasi di usus besar, baik sebagian maupun keseluruhannya.

Karena tidak dapat diserat oleh tubuh, maka serat tidak mengandung gizi. Serat hanya berfungsi untuk memperlancar proses pencernaan makanan di dalam usus.

Tubuh akan kesulitan mencerna makanan yang tidak mengandung serat. Jadi serat sangat bermanfaat bagi tubuh meski tidak mengandung gizi. Serat terdiri dari dua macam, yaitu serat larut air dan serat tidak larut air.

Serat larut air atau soluble fiber adalah serat yang akan membentuk gel pada lambung karena reaksi serat dengan air. Serat ini cocok untuk orang yang sedang diet. serant ini terdapat pada oat, brokoli, wortel, pisang, apel, pir dan almond.

Adapun serat tidak larut air adalah serat yang dapat membersihkan saluran pencernaan sehingga buang air besar menjadi lancar. Serat ini terdapat pada berbagai makanan seperti biji-bijian, daun-daunan, avokad, tomat dan kiwi.

Setelah mengetahui jenis-jenis serat, maka sekarang saatnya untuk mengetahui berbagai jenis makanan yang tinggi akan serat. Makanan-makanan tersebut dapat kamu ketahui pada pemaparan berikut ini:

Oatmeal

Makanan yang pertama adalah oatmeal. Oatmeal mengandung beta glucan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Oatmeal adalah makanan yang merupakan campuran dari serat larut dan serat tidak larut. Serat larut bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Sedangkan serat tidak larut bermanfaat untuk melancarkan dan menjaga pencernaan agar tetap lancar.

Buah Pepaya

Makanan selanjutnya adalah buah papaya. Buah papaya mengandung enzim papain yang dapat memcah makanan yang mengandung protein sehingga dapat memperlancar proses pembuangan sisa metabolisme dan bisa menghindari sembelit.

Alpukat

Selain papaya, buah alpukat dan buah jambu biji merah juga dipercaya mengandung serat. Buah alpukat mengandung banyak serat sehingga bermanfaat untuk mencegah sembelit dan melancarkan saluran pencernaan. Bahkan, alpukat juga berkhasiat untuk menanggulangi anemia, meregenerasi sel darah merah dan untuk terapi kecantikan.

Jambu biji merah

Jambu biji merah mengandung serat tinggi dengan kadar 7,3 gram setiap 100 gramnya. Selain serat, jambu biji merah juga mengandung vitamin A, vitamin C, fosfor dan magnesium sehingga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit diabetes mellitus.

Selain itu jambu biji merah juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengatasi kanker dan sariawan, sebagai antioksidan dan antikanker, membersihkan darah dan melancarkan saluran pencernaan.

Sayur-sayuran hijau

Berbagai jenis sayuran juga diyakini mengandung banyak serat, seperti brokoli dan sayuran-sayuran berdaunan hijau. Brokoli mengandung banyak serat sehingga baik untuk kesehatan dan dapat mencegah kanker.

Secangkir brokoli rebus mengandung serat sebanyak 5,1 gram. Selain itu, sayur-sayuran berdaun hijau merupakan sumber serat yang terbaik.

Selain mengandung serat, sayuran berdaun hijau juga mendangun beta karoten dan kaya akan zat besi. Satu cangkir sayuran hijau diperkirakan mengandung 5 gram serat. Karena itu, sangat disarankan untuk selalu mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bit hijau, lobak hijau, dan bayam agar kebutuhan serat tubuh terpenuhi.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *