Makanan yang Menyehatkan Usus dan Pencernaan

Loading...

Makanan yang Menyehatkan Usus dan Pencernaan

DOKTERCANTIK.COM – Salah satu organ penting yang terdapat pada tubuh adalah usus. Usus memegang peranan yang vital dalam organ tubuh manusia, sama halnya seperti hati, paru-paru dan jantung.

Agar tidak terjadi gangguan pada usus, maka kesehatan pada ususpun harus benar-benar diperhatikan. kinerja usus dalam tubuh kita sangat dipengaruhi dari makanan yang kita makan dan masuk ke dalam usus tersebut.

Jika usus kita dijejali dengan makanan dan minuman yang kurang baik, maka tubuh akan menjadi sarang dari berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang akan menyerang ialah penyakit kanker usus besar.

Oleh karena itu, kesehatan usus besar harus tetap dijaga. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan usus besar ialah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang dirasa tepat.

Tak hanya dapat menjaga usus, beberapa makanan tertentu dapat membersihkan usus besar sehingga penyakit bisa dicegah. Apa saja makanan yang baik untuk dikonsumsi sehingga bermanfaat untuk kesehatan usus dan juga pencernaan? Simak pemaparannya berikut ini.

Makanan yang kaya akan serat

Salah satu makanan yang dapat menyehatkan usus dan pencernaan ialah berbagai makanan yang banyak mengandung serat. Setiap harinya, tubuh memerlukan serat minimal sekitar 20-35 gram. Oleh karena itu, konsumsilah serat minimal sebanyak 20-35 gram.

Makanan yang kaya akan serat

Selain itu, sangat dianjurkan pula untuk mengonsumsi berbagai macam buah yang kaya akan serat seperti kurma, mangga, apel dan buah prune. Buah-buahan tersebut bisa dicampur dengan sereal atau havermout.

Selain buah-buahan, yogurt juga sangat bermanfaat untuk menyehatkan usus dan pencernaan. Jangan lupa untuk menambahkan yoghurt pada menu makanan Anda karena yoghurt dipercaya dapan menjaga kesehatan pada usus besar.

Tak hanya itu, minuman vermentasi tersebut juga dapat membantu tubuh untuk menyeimbangkan flora usus dan menajga keteraturan gerakan usus.

Perbanyak konsumsi biji bijian

Makanan selanjutnya yang dapat menyehatkan usus dan pencernaan ialah biji-bijian. Biji-bijian bisa dikonsumsi sepanjang hari sebagai camilan. Selain biji-bijian, kacang-kacangpun tak kalah hebat manfaatnya.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung lemak sehat sehingga membantuk Anda untuk meningkatkan serat pada diet yang sedang Anda jalani. Untuk memenuhi kebutuhan serat pada camilan Anda, disarankan untuk mengonsumsi segenggam biji rami yang dicampur dengan jus atau buah.

Sebagai alternative Anda bisa mencoba salad yang dicampurkan dengan beberapa buah kenari. 1 – 2 sendok makan biji rami (flaxseed) setiap hari dapat membuat usus besar tetap sehat. Flaxseed adalah biji tanaman rami, yang dipercaya berasal dari Mesir. Tanaman ini tumbuh di seluruh Kanada dan barat laut Amerika Serikat.

Sedangkan kacang-kacangan memiliki manfaat untuk membersihkan usus. Untuk menu sehari-hari, janga lupa untuk menambahkan kacang-kacangan. Milsanya selai kacang atau kacang hijau. Agar lebih lezat, tambahkan kacang pada salad yang segar atau sayuran mentah.

Perbanyak minum air

Yang terakhir adalah minum banyak air agar tubuh tidak terhidrasi. Kebutuhan air tergantung pada usia, tingkat aktivitas, kesehatan dan lainnya. Pastikan untuk selalu menyiapkan segelas air di mejag atau sebotol air dalam perjalanan agar tubuh tidak terlalu haus.

****

Demikianlah beberapa jenis makanan yang mesti Anda konsumsi untuk menjamin usus dan pencernaan menjadi lebih sehat. Selamat mencobanya dan semoga bermanfaat untuk Anda!

Loading...

2 Komentar Pembaca untuk “Makanan yang Menyehatkan Usus dan Pencernaan

  1. iya gan benar, info artikelnya bermanfaat, dan informasi tentang susu kambing etawa memanglah sangat benar bermanfaat, saya sudah membaca khasiatnya diblog ini:: http://www.grosirsusukambing.com/

    View Comment
  2. Bukan hanya biji-bijian dan minum air sebanyak-banyaknya gan, tapi selain itu ternyata ada lagi minuman yang sangat baik untuk kesehatan yaitu Susu, terutama susu kambing.http://www.susubegifa.com/manfaat-susu-kambing-etawa-begifa/

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *