Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Loading...

Memiliki rambut yang sehat dan panjang merupakan dambaan setiap orang terutama pada kaum wanita.

Rambut merupakan mahkota wanita yang dapat berpengaruh terhadap penampilan mereka sehingga tidak mengherankan jika kebanyakan wanita rela mengeluarkan biaya banyak hanya karena ingin memiliki rambut yang sehat dan indah.

Apa saja yang sering mengganggu kesehatan rambut tersebut? Salah satu masalah rambut yang paling menjengkelkan adalah bagian ujung rambut yang bercabang, kusut dan nampak kusam.

Pada pembahasan kali ini, akan lebih fokus pada masalah rambut bercabang terutama penyebab dan cara mengatasi rambut bercabang serta beberapa gejalanya.

Rambut Bercabang Akibat Kekurangan Nutrisi

Untuk mendapatkan rambut yang sehat, maka diperlukan nutrisi yang sangat di butuhkan rambut terutama sayuran hijau tua, buah-buahan, kacang-kacangan, kacang tanah, daging unggas, telur, gandum berserat tinggi,  produk susu rendah kadar lemak, wortel dan sebagainya.

Jika asupan makanan di atas kurang memadai, maka bisa saja menjadi salah satu faktor penyebab rambut menjadi bercabang dan tidak sehat.

Rambut Bercabang Karena Faktor Cuaca

Cuaca yang ekstrem sangat mempengaruhi terbentuknya rambut bercabang, seperti terkena paparan sinar matahari terlalu lama atau terlalu lama terendam air yang memiliki kadar garam yang tinggi.

Untuk menghindari terjadinya rambut bercabang akibat faktor cuaca, maka jagalah rambut anda dari paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama dan gunakan pelindung kepala (topi) saat anda beraktifitas di ruang terbuka.

Rambut Bercabang Akibat Bahan Kimia

Penggunaan bahan berbahan dasar kimia yang berlebihan dan efek panas yang ditimbulkannya pada rambut dapat menjadi pemicu kerusakan dan percabangan rambut. Bahan-bahan tersebut antara lain seperti hair spray, rebonding, pewarna rambut, toning dan perming.

Nah, pemakaian bahan kimia dalam perawatan rambut sebaiknya jangan terlalu berlebihan, pastikan perawatan rambut Anda terjadwal dengan baik, sehingga menjadi rutin dan teratur.

Jika perawatan rambut tidak menentu dan tidak rutin, ditambah dengan pemakaian bahan-bahan kimia di atas, maka resiko kerusakan rambut justru menjadi sangat besar.

Jika memungkinkan, gunakan ramuan herbal untuk merawat rambut Anda. Selain lebih murah, ramuan herbal untuk perawatan rambut juga lebih aman dan mudah ditemukan.

Kerusakan Akibat Faktor Usia Rambut

Semakin panjang rambut yang Anda miliki maka semakin tua umur rambut tersebut. Rambut yang terlalu panjang, jika tidak dirawat secara intensif, kerap kali akan bercabang dan tidak halus.

Memiliki rambut yang panjang sangat rentan terhadap kerusakan rambut, karena itu sebaiknya Anda sering memotong ujung rambut anda minimal 2 bulan sekali.

***********

Pada dasarnya upaya untuk mengatasi rambut bercabang dan kerusakan rambut lainnya dapat dilakukan dengan melakukan perawatan rambut yang teratur serta menghindari faktor penyebab kerusakan rambut yang sudah dijelaskan di atas.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *