Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan dan Kesuksesan

Loading...

DOKTERCANTIK – Soal yang satu ini sering diabaikan dan jarang mendapat perhatian. Mengapa? Karena sebagian orang berpikir bahwa tidur hanyalah sebuah rutinitas atau aktivitas yang memang seharusnya dilakukan setiap hari. Tidur dianggap hanyalah sebuah kebiasaan.

Tak heran bila kemudian mereka tidak pernah memperhatikan kualitas tidur, alokasi waktu untuk tidur yang baik serta jam-jam yang tepat untuk tidur serta bangun tidur.

Urusan tidur tidak terlalu dipermasalahkan oleh banyak orang karena dianggap sesuatu yang sepele dan tidak terlalu terpengaruh pada kehidupan. Jika disebut tidur yang teringat hanyalah usaha untuk melepas kepenatan setelah bekerja.

Terlepas dari semua itu, tahukah Anda bahwa kapan Anda tidur dan bangun tidur memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kesehatan dan kesuksesan?

Tidak semua hal yang dianggap sepele, yang bersifat rutinitas atau sebuah keharusan itu berarti kecil termasuk dalam hal tidur. Tidur yang teratur setiap malam dan bangun pagi-pagi mengandung manfaat yang besar.

Sementara begadang dan bangun kesiangan malah merugikan tidak hanya tubuh tapi juga mengurangi peluang kesuksesan. Selain kehilangan banyak waktu produktif, kondisi tubuh sudah tidak segar lagi karena pusing, sulit konsentrasi, lesu dan penyakit lainnya.

Nah, biasakanlah bangun di pagi hari. Berikut fakta kesehatan dan kesuksesan yang bisa Anda raih dengan bangun di pagi hari :

Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Secara umum dapat disimpulkan bahwa bangun di pagi hari memberikan efek positif terhadap tubuh yaitu membuat tubuh jauh lebih sehat karena dengan bangun pagi maka :

1. Seseorang mendapatkan kesempatan untuk menikmati kesegaran pagi beserta udara yang bersih sehingga pernafasan juga lebih baik. Dengan udara yang segar maka kerusakan alat pernapasan juga bisa diminimalisir.

2. Kualitas oksigen di pagi hari itu bersih dan belum bercampur polusi kendaraan sehingga oksigen dialirkan ke otak dan anggota tubuh lainnya secara teratur sehingga kinerja anggota tubuh lebih prima.

Selain itu, oksigen pagi juga bisa membantu peredaran darah dan meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Dengan demikian seseorang terhindar  beragam risiko penyakit.

3. Bangun di pagi hari artinya seseorang mendapati cahaya matahari pagi. Sebagaimana diketahui cahaya matahari pagi ini berpengaruh terhadap tulang.

4. Lebih sehat dan sistem kerja alat pencernaan lebih lancar karena seseorang punya peluang untuk sarapan pagi dan berolahraga.

Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesuksesan Hidup

1. Memiliki kesempatan membuat perencanaan. Terkadang kita lupa membuat evaluasi dan perencanaan pada malam hari. Begitu kita bangun kesiangan maka kita tidak punya waktu lagi untuk membuat perencanaan tersebut.

Alhasil, aktivitas jadi keteteran, tidak teratur, konsentrasi hilang dan juga bisa kehilangan saat-saat yang berarti untuk kesuksesan. Dengan bangun di pagi hari, seseorang bisa menyiapkan diri secara maksimal untuk kegiatan pada hari tersebut.

2. Merasa lebih percaya diri. Kesempatan untuk melakukan evaluasi dan persiapan di pagi hari membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Beda halnya dengan orang yang bangun kesiangan, pikirannya kacau balau dan jadi kurang percaya diri karena tidak maksimal dalam persiapan.

3. Lebih banyak waktu. Bangun di pagi hari berarti memiliki lebih banyak waktu untuk beraktivitas. Bila waktu tersebut dimanfaatkan maka produktivitas seseorang akan jauh lebih tinggi.

4. Optimis, ketenangan jiwa dan pikiran. Kondisi pagi hari yang segar dan sejuk berpengaruh terhadap perasaan seseorang. Orang yang bangun di pagi hari cenderung semangat, berenergi lebih, optimis, berpikiran luas dan memiliki ketenangan jiwa. Ini adalah sifat-sifat yang dimiliki oleh orang sukses pada umumnya.

**

Setelah mengetahui manfaat dan rahasia bangun tidur di pagi hari, apakah Anda akan mempertahankan kebiasaan bangun tidur di siang hari?

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *