Tips Bisa Hamil Bagi Penderita PCOS

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Polycystic ovary syndrome atau yang biasa disebut dengan PCOS merupakan sejenis penyakit yang banyak menyerang wanita dimana indung telur mengalami pembesaran dan gangguan keseimbangan harmonal pada wanita.

Gejala umum yang sering dijumpai oleh wanita PCOS adalah periode menstruasi yang tidak teratur, meningkatnya pertumbuhan rambut pada wajah, dada dan daerah-daerah tertentu, kulit berminyak, kenaikan berat badan atau obesitas, infertilitas, kista pada ovarium dan beberapa gejala lainnya.

Pada wanita PCOS, ovarium tidak membuat semua hormon yang dibutuhkan sel telur untuk matang dengan sempurna sehingga menganggu ovulasi. Karena itulah, penderita PCOS biasanya akan sulit untuk hamil. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan wanita tersebut akan hamil jika dilakukan pengobatan dan penanganan yang tepat.

Ikuti Aturan Dokter

Biasanya dokter akan memberikan beberapa jenis obat yang berfungsi untuk merangsang ovulasi sehingga wanita akan berpeluang untuk hamil.

Selain itu, dokter biasanya juga menganjurkan penderita PCOS untuk menjalani terapi dengan obat yang membuat insulin lebih sensitif serta obat untuk menormalkan siklus menstruasi.Tapi jika pengobatan ini masih belum hamil, dokter biasanya menyarankan untuk segera pemeriksaan lebih jauh lagi yaitu dengan melakukan operasi laparoskopi.

Hindari Kelebihan Berat Badan (Overweight)

Kelebihan berat badan dan obesitas akan menambah resiko PCOS. Seharusnya kadar Testosterone rendah pada wanita dibandingkan dengan lelaki. Tapi kegemukan dapat meningkatkan hormon testosterone secara berlebih sehingga akan berdampak buruk bagi kesuburan karena akan mengganggu pematangan sel telur dalam indung telur.

Karena itu, perhatikan berat badan Anda, apakah sudah normal atau kegemukan. Jika Anda kegemukan dan obesitas, ada baiknya Anda segera menurunkan berat badan dengan cara mengatur pola makan, memakan buah, atau berolahraga.

Makan Makanan yang Dianjurkan

Makanan yang dianjurkan bagi penderita PCOS adalah makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Sebuah riset mengungkapkan bahwa wanita PCOS yang menjaga indeks glikemiknya tetap rendah melaporkan siklus haid mereka menjadi teratur sehingga mereka berpeluang untuk hamil.

Riset ini dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi Juli 2010. Beberapa Jenis makanan yang memiliki indeks glikemik rendah adalah bihun, es krim, jus jeruk, jagung, pisang, wortel rebus dan yoghurt. Perbanyak komsumsi makanan tinggi protein seperti telur, ikan, daging, tempe dan tahu karena biasanya akan membuat kadar gula normal dan menurunkan jumlah insulin yang dihasilkan pankreas.

Nah, dengan kadar insulian yang rendah, maka secara langsung atau tidak langsung akan menurunkan kadar hormon androgen sehingga sel-sel telur berkesempatan untuk matang.

Hindari stres

American Journal Fertility and Sterility mempublikasikan bahwa pasien yang sering cemas dan stress mengalami penurusan daya kehamilan sebesar 12 % dibandingkan mereka yang tenang. Saat tertekan, akan terjadi peningkatan hormon kortisol yang menyebabkan kemampuan reproduksi terganggu.

Otak juga memproduksi molekul neuropeptida yang dapat mengacaukan proses reproduksi sehingga peluang terjadinya kehamilan akan semakin kecil. Jika Anda PCOS kemudian ditambah dengan stres yang berlebihan, maka peluang hamil akan semakin sulit terjadi. Oleh karena itu, hindarilah stres yang berlebihan.

***

Nah, itulah beberapa tips untuk membantu wanita PCOS agar bisa hamil seperti halnya para wanita yang lain. Selain beberapa hal diatas, hal lain yang juga patut Anda pertimbangkan adalah dengan tidak merokok dan jauhi asap rokok karena itu juga ikut mempengaruhi kesuburan. Dengan adanya pola hidup yang sehat dan mengikuti obat dokter, maka peluang hamil pada penderita PCOS akan semakin besar.

Semoga tips ini berguna!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *