Tips dan Cara Menghilangkan Bau Badan

Loading...

Bau badan bisa diderita oleh siapa saja baik pria maupun wanita. Bau badan yang tidak sedap tentu akan membuat penderitanya merasa kurang percaya diri saat  berinteraksi dengan orang lain.

Pada umumnya bau badan disebabkan oleh keringat hasil produksi kelenjar apokrin di kulit. Bau badan bisa timbul karena aroma yang di keluarkan oleh keringat kita. Didalam diri kita terdapat kelenjar keringat seperti kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin.

Kelenjar apokrin ditemukan pada tempat tumbuhnya rambut termasuk pada daerah ketiak dan kulit kepala. Kelenjar ini berfungsi untuk mengeluarkan sisa-sia lemak, protein dan karbohidrat dari dalam tubuh.

Lemak dan protein yang dikeluarknan melalui kelenjar kulit ini akan dimanfaatkan oleh bakteri untuk mengurai keringat menjadi asam yang mudah menguap hingga dapat tercium oleh indera pencium kita. Itulah bau badan.

Bau badan dalam keadan normal adalah hal wajar dan dimiliki oleh setiap orang, tetapi jika bau badan tersebut sangat menyengat atau berlebihan sudah merupakan indikasi suatu penyakit.

Jika hal ini terjadi pada diri Anda, silahkan pelajari aneka tips dan cara menghilangkan bau badan di bawah ini:

Perbaiki Pola makan

Pola makan ternyata sangat mempengaruhi timbulnya bau badan, dengan demikian sebaiknya menghindari makanan terutama makanan yang pedas, daging merah dan bawang. Meningkatkan konsumsi makanan yang berserat tinggi seperti buah-buahan, sayur-sayuran serta minum air putih minimal 2 liter setiap hari dapat meminimalisir terjadinya bau badan tidak sedap.

Diet Sehat

Menerapkan diet yang sehat dengan cara mengurangi makanan mengandung kolin dan stimulan yang merangsang aktivitas kelenjar apokrin, seperti minuman teh dan kopi.

Kebersihan Tubuh

Membersihkan daerah lipatan tubuh seperti daerah ketiak, selangkangan dan daerah tubuh lainnya dengan menggunakan deodorant sehabis mandi dapat membantu mengurangi bau badan yang tidak sedap. Sangat disarankan mandi minimal dua kali sehari.

Mencukur Bulu

Setiap bulu atau rambut manusia merupakan tempat perkembangbiakan bakteri, apalagi jika daerah tersebut kurang mendapatkan perawatan. Untuk merawat rambut dan bulu sebaiknya dicukur secara rutin, terutama pada bulu ketiak dan rambut yang panjang.

Memilih Pakaian

Hindari memakai jenis kain yang kurang menyerap keringat. Pakailah pakaian yang berbahan katun dan serat alami lainnya yang dapat menyerap lebih banyak keringat.

Deodorant

Deodorant yang mengandung antirespirant telah dikenal sebagai pencegah bau badan dan dapat menyerap keringat dengan baik.

Semoga aneka tips dan cara menghilangkan bau badan ini dapat bermanfaat untuk Anda. Jika dengan cara tersebut belum manjur, segera konsultasikan ke dokter kulit, karena di hawatirkan bau badan yang timbul murni disebabkan karena suatu penyakit.

Salam sehat!

Loading...

2 Komentar Pembaca untuk “Tips dan Cara Menghilangkan Bau Badan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *