Kebiasaan yang Bikin Anda Cepat Tua

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Secara alamiah, memang penuaan tidak bisa dihindari karena penuaan bisa terjadi seiring bertambahnya usia. Orang yang berusia 70 tahun tentu wajar mengalami keriput pada kulit karena kondisi tubuhnya berbeda dengan saat masih muda. Hanya saja, penuaan yang bisa ditekan adalah penuaan yang disebabkan oleh gaya hidup atau kebiasaan yang tidak baik.

Banyak orang mengalami penuaan sebelum waktunya atau yang disebut juga dengan penuaan dini. Hal ini tentu membuat Anda merasa tidak percaya diri karena umur Anda masih muda tapi kulit Anda sudah mengalami pengerutan. Umur Anda masih 25 tahun, tapi Anda terlihat seperti sudah berumur 45 tahun. Ini bisa disebabkan karena gaya hidup dan kebiasaan yang kurang sehat.

Untuk itu, setiap orang berlomba-lomba agar bisa awet muda, yaitu menekan terjadinya penuaan dini sehingga ia terlihat lebih muda dari umurnya sendiri. Dengan kata lain, Anda terlihat baru berusia 45 tahun, sementara pada kenyataannya Anda sudah berusia 55 tahun.

Mengomsumsi Jenis Makanan Tertentu

Penyebab Anda terlihat lebih tua bisa jadi karena banyak mengkomsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Adapun beberapa makanan yang mengambil andil dalam hal ini seperti makanan siap saji, gorengan, makanan yang terlalu pedas dan daging berlemak.

Untuk itu, hindarilah mengkomsumsi terlalu banyak beberapa jenis makanan tersebut karena bukan hanya membuat Anda terlihat tua, tapi juga bisa menimbulkan masalah kesehatan lain seperti kegemukan atau obesitas.

Kebiasaan Buruk Rokok dan Alkohol

Rokok, selain berefek buruk pada kesehatan ternyata juga berdampak buruk pada kulit. Pasalnya, asap rokok dan beberapa jenis zat berbahaya dalam rokok seperti nikotin, amonia, kadmium, benzena, ataupun formaldehida bisa mempercepat penuaan dan beberapa masalah pada kulit seperti kering ataupun timbulnya garis-garis halus dengan cara mengurangi jumlah oksigen ke kulit dan merusak kolagen pada kulit.

Alkohol juga memiliki peran yang sama untuk membuat Anda terlihat lebih tua, untuk itu ada baiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan buruk tersebut.

Stres dan Kurang Tidur

Stres, selain berefek buruk terhadap kesehatan, ternyata juga memberi resiko lebih untuk membuat Anda terlihat tua dari pada usia Anda. Hal ini bisa terjadi lantaran hormon kortisol akan diproduksi lebih banyak saat Anda sedang stres.

Dengan meningkatnya produksi kortisol, maka matriks metalloproteinase pun meningkat sehingga ia akan mudah merusak kolagen dan elastin. Kondisi akhirnya akibat hal ini yaitu kulit akan menua lebih cepat.

Selain stres, kurang tidur juga berperan dalam membuat Anda cepat tua karena pada saat tidurlah terjadi regenerasi kulit. Sehingga, jika Anda kurang tidur maka akan timbul masalah pada kulit seperti kering, timbulnya garis-garis halus dan kantung mata. Untuk itu, perhatikanlah kedua poin penting tersebut.

Jarang Olahraga dan Makan Buah

Salah satu kebiasaan yang jarang dilakukan adalah olahraga, apakah karena malas atau karena memang banyak kegiatan lain. Padahal, selain membuat tubuh sehat, olahraga juga ikut membuat Anda tampil awet muda sehingga Anda tidak cepat terlihat tua. Ini disebabkan karena berolahraga bisa memperlancar aliran darah dan oksigen keseluruh tubuh.

Berolahraga secara teratur juga membantu pembuangan sisa metabolisme, radikal bebas atau toksin dari sel-sel kulit. Nutrisi dan vitamin pada buah sangat baik untuk kulit. Karena itu, selain berolahraga secara teratur, maka barengi juga dengan banyak komsumsi buah.

Selain itu, kulit yang terpapar cahaya matahari langsung terus-menerus juga bisa menyebabkan kulit menjadi kusam, flek dan timbulnya kerutan sehingga Anda cendrung tampak lebih tua. Karena itu, gunakanlah lotion tabir surya begitu Anda hendak beraktivitas di luar rumah.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *