Tips dan Cara Menghilangkan Komedo Membandel

Loading...

Tips dan Cara Menghilangkan Komedo Membandel

DOKTERCANTIK.COM – Memiliki wajah halus tidaklah cukup jika memiliki komedo yang berkumpul dan menutupi pori-pori. Kotoran penyumbat pori-pori ini memiliki bentuk kecil serta berwarna hitam ataupun putih.

Dengan hadirnya komedo maka wajah halus anda terlihat tampak kotor serta kusam. Komedo ini biasanya timbul karena adanya penumpukan minyak secara berlebih serta sel kulit mati dan biasanya masalah komedo ini sering sekali terabaikan saat anda membersihkan wajah.

Komedo ini biasanya timbul di sekitar dahi, hidung, dagu, bawah mata dan di sekitar pipi.saat anda hendak ingin membersihak serta menghilangkan komedo ini jangan dengan cara memencet komedot tersebut, karena akan terjadi suatu rangsangan serta muncul jerawat bernanah yang akan memperparah kondisi wajah anda bahkan bisa menimbulkan infeksi.

Komedo ini memiliki 2 macam jenis yang diantaranya adalah blackhead atau komedo terbuka dan whitehead atau komedo tertutup.

Blackhead atau komedo terbuka terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam, komedo ini memiliki warna kehitaman karena teroksidasi oleh udara. Sedangkan whitehead atau komedo tertutup ini berada di balik laposan kulit ari yang tersumbat kotoran serta lemak, komedo ini terlihat seperti benjolan kecil-kecil dibawah kulit.

Memiliki wajah yang mulus serta terbebas dari gangguan seperti misalnya komedo atau jerawat ini adalah impian setiap orang baik itu pria maupun wanita. Tapi bayangkan jika wajah mulus anda itu selalu terganggu dengan komedo yang membandel.

Dengan adanya komedo yang membandel selain merusak penampilan, komedo juga dapat merangsang pertumbuhan jerawat. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tips atau cara untuk menghilangkan komedo yang membandel.

Berikut ini adalah tips atau cara menghilangkan komedo yang membandel yang bisa Anda coba sendiri:

Kenali jenis kulit anda

Biasanya komedo ini akan mudah timbul pada kulit wajah yang berminyak, maka dari itu kenalilah terlebih dahulu jenis kulit anda sehingga memudahkan anda untuk memilih produk pembersih wajah yang tepat sert sesuai dengan kulit wajah anda.

Pilih pembersih wajah yang tepat

Jika anda menggunakan pembersih yang tepat untuk kulit wajah anda maka akan menjadikan kulit wajah andatampak bersih, kenyal serta segar. Beri waktu sebulan untuk mengetes efetivitas pemberih wajah yang anda gunakan.

Pilih pelembab yang cocok

Tubuh sebenarrnya memiliki sistem alami yang bisa mengatur kelembaban kulit, tetapi bagi anda yang memiliki kulit normal dan berminyak maka gunakanlah pelembab oil free.

Hindari produk comedogenic

Hindarilah produk Comedogenic, produk lain yang bisa menyebabkan datangnya komedo adalah susu pemberish, tabir surya, bedak padat, alas bedak serta sampo yang berbahan ginseng dan conditioner.

Anda perlu mengetahui bahwa bedak padat adalah produk yang memiliki kandungan zat Comedogenic paling tinggi dan jika penggunaan bedan ini terlalu lama akan menimbulkan komedo bahkan timbulnya jerawat.

Terapkan gaya hidup sehat

Istirahatlah dan tidur yang cukup serta hindari stress, karena pada waktu kondisi tubuh menurun, kuman-kuman sangat mudah untuk menyerang tubuh.

Facial secara rutin

Facial adalah salah satu metode untuk menghilangkan komedo yang membandel secara tuntas. Facial ini dilakukan secara berkala dan setelah masa data bulan. Hal ini dilakukan agar menghindari terjadinya perubahan hormone serta kelenjar semasai haid yang memproduksi minyak secara berlebih.

Konsultasi dengan dokter kulit

Jika anda ingin segera menghilangkan komedo yang membandel ini, segeralah pergi ke dokter kulit, dan biasanya dokter akan memberikan saran untuk facial dan memberikan obat tertentu, tetapi jika komedo yang membandel ini banyak, maka dokter akan menggunakan teknologi laser.

****

Nah demikianlah beberapa tips dan cara menghilangkan komedo yang membandel yang bisa Anda lakukan saat ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk Anda!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *