5 Langkah Make Up untuk Kulit Sawo Matang

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Sawo matang merupakan salah satu jenis warna kulit yang banyak dimiliki masyarakat Indonesia selain kuning langsat, baik yang wanita maupun pria.

Warna kulit ini sedikit gelap tetapi terkesan lembut atau kalem. Memilih make up untuk jenis kulit sawo matang sebaiknya menggunakan warna make up yang lebih cerah dan disesuaikan dengan tingkat kecerahan kulit tersebut.

Warna kulit tidak perlu ditutupi atau diubah apalagi dengan cara yang instan, karena justru akan menimbulkan penyakit seperti kanker kulit, akibat penggunaan zat-zat kimia tertentu atau pengubahan pada pigmen yang membuat warna kulit.

Yang terbaik adalah cukup dengan perawatan yang tepat pada kulit, serta make up yang disesuaikan dengan warna alami sehingga tetap bisa tampil cantik.

Langkah-langkah Make Up untuk Kulit Sawo Matang

Ini dia 5 langkah make up untuk Anda yang berkulit sawo matang, silakan disimak ya!

1. Foundation

Pilihlah yang berwarna senada dengan warna kulit atau sedikit lebih gelap. Hindari warna lebih terang karena bisa membuat tampilan wajah terlihat belang-belang atau keabu-abuan.

2. Bedak

Gunakan bedak tabur dengan warna yang mendekati warna kulit, yaitu dengan bedak yang berwarna satu tingkat di atasnya. Pilih bedak yang sesuai dengan jenis kulit Anda, apakah normal, kering, atau berminyak.

Lakukan shading warna gelap pada bagian rahang wajah yang lebar dan shading putih untuk memancungkan hidung. Jangan gunakan bedak tabur putih atau dua tingkat jauh di atas warna kulit.

3. Eyeshadow

Dengan warna yang tepat untuk kulit sawo matang sepeti bronze, copper, cokelat tua, hingga burgundy, atau warna cool pink atau aqua blue. Hindari warna abu-abu yang dapat membuat kulit terlihat lebih kusam.

Agar wajah terlihat lebih segar, tambahkan perona warna cerah pada bagian bawah mata, seperti hijau, kuning, atau jingga. Baurkan perona mata dua tingkat di atas warna kulit untuk efek natural. Rapikan dengan eyeliner pensil, dan jangan menggunakan eyeliner cair berwarna cokelat.

4. Blush on

Anda bisa memilih warna blush on yang tepat untuk pemilik kulit sawo matang yaitu peach, oranye, karamel, merah kekuningan dan kecokelatan agar makeup terlihat menyatu. Jangan gunakan perona pipi terlalu terang.

5. Lipstik

Pilihan terbaik untuk kulit sawo matang adalah jingga, nude (untuk pemakaian sehari-hari) dan warna cokelat keemasan. Tambahkan lip gloss untuk kesan segar.

Untuk bibir tipis, boleh mengaplikasikan lipstik ke seluruh bagian bibir. Untuk bibir tebal, bentuk bibir terlebih dahulu dengan alas bedak cair dan bedak tabur untuk memberi kesan tipis.

Oleskan lipstik pada separuh bibir saja. Bila warna bibir cenderung gelap, usapkan alas bedak sewarna dengan kulit wajah secara merata pada bibir sebelum memakai lipstik. Hal ini penting supaya warna lipstik jadi terang dan tahan lama.

**

Secara keseluruhan, sesuaikan warna riasan dengan tone warna kulit Anda. Untuk tone hangat,  gunakan warna-warna bronze, dark gray, copper atau hijau tua.

Gunakan warna intens pada pipi seperti merah mawar atau marun. Jika kulit Anda termasuk tone dingin, pilih warna-warna yang lebih cerah seperti pink, kebiruan, peach dan lilac. Sedangkan untuk tone netral, Anda dapat menggunakan kedua pilihan warna dari tone dingin atau hangat.

Selamat ber-make up!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *