4 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bau Badan

Loading...

 

DOKTERCANTIK.COM – Bau badan merupakan masalah yang sering membuat repot sebagian besar orang. Bagaimana tidak, badan yang bau membuat suasana hati menjadi buruk. Tak hanya itu, bau badan juga menyebabkan kepercayaan diri seseorang menurun ketika di tengah melakukan kegiatan yang berhubungan dengan banyak orang.

Bayangkan seorang karyawan sedang berdiskusi dengan klien penting tapi badannya bau. Tentu saja dia tidak akan maksimal dalam melakukan negosiasi. Klien pun tidak akan betah berlama-lama dengan sang karyawan. Alhasil, target pun gagal.

Bagi sebagian orang, badan yang bau tidak hanya menurunkan kepercayaan diri tapi juga harga diri. Orang yang berbadan bau sering dicap sebagai orang yang kotor dan kurang bisa merawat diri. Jangan sampai gebetan menjauh karena mendapati badan Anda yang bau. Menjaga bau badan agar tetap normal dibutuhkan agar relasi dengan orang terkasih dan tempat kerja berjalan mulus serta untuk menumbuhkan rasa percaya diri Anda.

Yuk simak tips menghilangkan bau badan dengan bahan alami yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Mengoleskan tawas (alum)

Tawas mungkin masih kurang familiar bagi sebagian orang. Tawas berbentuk batu Kristal berwarna putih ini multi fungsi. Tawas ini juga dimanfaatkan untuk mengurangi bau badan. Salah satu daerah di tubuh yang sering mengeluarkan bau yang kurang sedap adalah ketiak.

Oleskan tawas (alum) di sekitar ketiak sehingga bau ketiak bisa diatasi. Tawas ini semacam deodorant traditional. Di pedesaan, banyak orang yang lebih menggunakan tawas dibanding produk deodorant kimia kemasan.

Jeruk nipis dan jeruk purut

Perasan air jeruk nipis dan jeruk purut juga bisa membantu dalam mengatasi bau badan. Caranya, peraslah beberapa jeruk tersebut kemudian dioleskan di bagian tubuh yang banyak mengeluarkan keringat. Minyak asiri yang terdapat dalam jeruk purut diyakini ampuh dalam mengatasi masalah bau badan. Sebagian orang lebih suka menghaluskan kulit jaruk purut dan menambah dengan zat lain kemudian diminum. Mengoles air jeruk dianjurkan sesudah mandi.

Menggunakan cuka apel

Apel merupakan buah yang memiliki segudang manfaat. Oleh karena itu, beberapa orang berusaha membuat sari buah apel dalam bentuk cuka yang digunakan untuk makanan. Cuka apel atau apple vinegar ini dikenal penggunaannya secara luas baik dalam bidang kesehatan maupun kecantikan.

Cuka apel juga diyakini sebagai deodorant alami yang bisa mengurangi bau badan. Sari cuka apel tersebut dicampurkan dengan air secukupnya dan dibilaskan ke badan terutama ketiak. Tidak dianjurkan meminum sari cuka apel terutama dalam jumlah banyak karena beresiko.

Mandi dan meminum air daun sirih

Herbal yang digunakan secara luas untuk mengatasi masalah bau badan adalah daun sirih. Daun sirih dipercaya sebagai tanaman yang membantu membersihkan tubuh dari dalam dan luar. Oleh karena itu, tak heran bila banyak produk kecantikan di pasar yang berbahan sirih. Sirih merupakan herbal yang mudah didapat. Ambillah beberapa lembar daun sirih dan rebus kemudian minum airnya. Selain itu, daun sirih juga bisa dihaluskan dan dibalurkan ke tubuh.

Banyak penyebab mengapa badan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, batasilah aktivitas Anda. Jika memiliki aktivitas yang padat, sebaiknya lebih sering mandi agar keringat tidak menempel di tubuh. Selamat mencoba.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *