Manfaat Mentimun Dalam Mengobati Kanker Dan Diabetes

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Studi terbaru menunjukkan bahwa mentimun dapat mengobati kanker dan diabetes. Suatu senyawa yang disebut cucurbitacins yang menghasilkan rasa pahit pada mentimun liar ternyata mampu menyembuhkan kanker dan diabetes. Senyawa tersebut juga dapat ditemukan pada labu, melon dan semangka.

Kandungan air yang tinggi yang terdapat dalam mentimun membuatnya menjadi bahan makanan yang ideal untuk dikonsumsi secara rutin. Hampir 96 persen kandungan dari mentimun adalah air. Meskipun mentimun memiliki vitamin dan mineral yang lebih sedikit daripada kebanyakan dari buah-buahan dan sayuran lainnya, namun tidak berarti bahwa mentimun tidak memiliki manfaat kesehatan yang besar.

Banyak penelitian lanjutan yang sedang dilakukan untuk menemukan manfaat sebenarnya dari mentimun. Mentimun telah lama digunakan sebagai obat untuk mengatasi muntah ataupun penyakit hati, namun sekarang ini penelitian telah menunjukkan bahwa buah beserta dengan daun dari tanaman ini rupanya mampu mengatasi diabetes serta membunuh dan menekan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Jika Anda masih merasa penasaran, berikut adalah beberapa alasan mengapa mengkonsumsi mentimun dapat membantu dalam mengobati kanker dan diabetes:

Rasa pahit

Mentimun mengandung rasa pahit yang dikendalikan oleh dua sifat genetik, yaitu Bi dan Bt. Senyawa yang menyebabkan rasa pahit ini memiliki sifat pengobatan terhadap sel kanker. Ada banyak penelitian yang mencoba untuk mengidentifikasi dan meniru DNA yang berhubungan dengan kepahitan ini.

Cucurbitacin

Sembilan gen diidentifikasi untuk membuat cucurbitacin tersebut. Ada 2 faktor transkripsi yang mengaktifkan sembilan gen. Cucurbitacin adalah penyumbang utama yang membuat mentimun menjadi salah satu bahan makanan yang efektif dalam mengobati kanker dan diabetes.

Lignan

Mentimun memiliki tiga kandungan lignin, dimana kandungan ini memegang peranan yang sangat penting untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan beberapa jenis kanker tertentu. Pinoresinol, salah satu lignan, telah ditunjukkan mampu untuk menekan pertumbuhan sel-sel leukemia dalam tubuh. Jadi, apabila Anda bertanya baikkah mentimun untuk kanker? Tidak diragukan lagi jawabannya adalah iya.

Saponin

Saponin merupakan sejenis bahan kimia yang juga merupakan salah satu kandungan dalam mentimun. Ini bertindak seperti obat alami untuk diabetes, membantu melonggarkan jaringan, sehingga memungkinkan insulin dan glikogen untuk masuk ke dalam sel.

Salah satu manfaat luar biasa dari saponin adalah bahwa senyawa ini mampu mengurangi kadar gula dalam urin. Selain itu, mentimun dapat pula membantu melarutkan lemak dalam jaringan. Ini adalah salah satu alasan mengapa mentimun baik untuk penyakit diabetes.

Mentimun dalam diet

Mentimun memiliki kandung Kalium, vitamin K dan vitamin C yang cukup besar. Ini adalah diet rendah karbohidrat, yang sangat baik bila dikonsumsi terutama bagi orang-orang yang menderita diabetes. Pada kenyataannya, mentimun merupakan salah satu sayuran terbaik untuk diet sehat. Anda dapat mencampurkannya ke dalam salad ataukah di dikonsumsi dalam bentuk jus.

**

Nah, setelah mengetahui manfaat besar yang ditawarkan oleh mentimun, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengkonsumsinya. Apalagi sayuran ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di mana saja. Jadi, agar guna menjaga kesehatan tubuh Anda dari berbagai penyakit mematikan seperti kanker dan diabetes, usahakanlah untuk menyajikan makanan sehat ini bagi keluarga Anda setiap hari.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *