6 Hal Penting Ketika Minum Air Kelapa

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Sudah banyak informasi yang memberitahukan tentang betapa banyaknya manfaat air kelapa bagi kesehatan. Bahan alami ini memang benar amat bermanfaat bagi tubuh, namun tetap harus dikonsumsi dalam dosis dan kondisi tertentu. Konsumsi berlebihan justru mendatangkan penyakit bagi anda.

Berikut 6 hal yang harus anda perhatikan ketika mengonsumsi air kelapa.

Air kelapa untuk memulihkan tenaga setelah berolahraga

Hal ini hanya berlaku bagi anda yang berolahraga dalam aktifitas fisik rata-rata saja. Tidak untuk seorang atlet. Karena secangkir air kelapa hanya mengandung sekitar 30 mg sodium, padahal yang hilang dari tubuh jauh lebih banyak dari itu. Oleh karena itu, bagi anda yang melakukan olahraga berat sampai menyerupai atlet tetap harus didukung dengan minuman yang mengandung sodium dan potasium yang lebih tinggi.

Dosis yang tepat untuk obat demam berdarah

Air kelapa memang berkhasiat untuk membantu proses penyembuhan penderita demam berdarah karena kelapa dapat memicu meningkatnya jumlah trombosit dalam tubuh. Ahli DBD dari Universitas Airlangga Prof Dr dr H Soegeng Soegijanto, SPA (K), seperti yang dimuat dalam majalah Trubus mengungkapkan bahwa virus dengue yang masuk ke tubuh manusia menyerang monosit (sel darah putih yang berperan membangun kekebalan tubuh).

Virus tersebut berkembang dan mengekuarkan zat racun yang merusak sel endotel (sel kapiler pembuluh darah). Hal ini membuat si penderita menjadi lemas dan pusing. Virus juga menyerang sumsum tulang belakang sehingga fungsi produksi trombosit terhambat.

Namun tidak berarti anda boleh minum sebanyak-banyaknya setiap kali anda ingin minum. Prof Dr dr H Soegeng Soegijanto, SPA (K) menyebutkan pasien dewasa cukup 2 liter perhari sedangkan untuk pasien anak-anak cukup 1-1,5 liter per hari.

Dan jangan lupa menambahkan garam ke dalamnya, karena air kelapa banyak mengandung kalium yang melemaskan otot termasuk otot jantung sehingga penderita lemas, dengan penambahan garam, kalium berikatan dengan klorida. Untuk segelas air kelapa tambahkan garam sepertiga sendok teh saja.

Bukan minuman penurun berat badan

Walaupun air kelapa memiliki kadar lemak yang rendah, namun jangan jadikan sebagai minuman penurun berat badan karena konsumsi air kelapa yang berlebihan kemungkinan membuat anda diare

Bukan alasan untuk berhenti minum susu sapi

Air kelapa memang memberi manfaat setara susu sapi. Namun tetap saja tidak jadi alasan untuk anda berhenti konsumsi susu sapi, karena susu mengandung vitamin dan mineral yang lebih lengkap, jangan sampai anda kekurangan nutrisi karena tidak minum susu.

Susu mengandung berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin B kompleks, vitamin D, kalsium, potassium, sodium serta magnesium. Sementara kelapa hanya mengandung beberapa mineral saja.

Tidak menjamin sistem imun melawan serangan penyakit karena bakteri & virus

Kandungan sejumlah zat mineral pada air kelapa berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, namun tidak menjamin kuatnya sistem imun karena sistem kekebalan tubuh manusia sangat kompleks dan membutuhkan nutrisi yang cukup yang diperoleh dari berbagai sumber makanan.

Air kelapa tidak dapat menyembuhkan batu ginjal

Air kelapa tidak menyembuhkan namun mencegah batu ginjal. Dalam kaitannya dengan batu ginjal, fungsinya sama dengan air yaitu memberi asupan cairan ke dalam tubuh, kerena pencegahan pembentukan batu ginjal adalah dengan mengonsumsi cukup cairan. Nah, cairan itu bisa anda dapatkan dari air maupun air kelapa.

(Image Courtesy ShutterStock.com)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *