Cara Alami Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Masa remaja memanglah masa peralihan. Peralihan dari masa kanak-kanak menuju kedewasaan. Perubahan-perubahan juga terjadi kala ini yang mencakup segala aspek, mulai dari fisik, psikis, emosional, lingkungan, cara bergaul, dan berbagai aspek kehidupan lainnya.

Di masa ini pula, kita cenderung lebih aktif, ingin mencoba berbagai hal baru, sehingga kita sering melakukan aktivitas berlebih yang menyebabkan meningkatnya produktivitas minyak. Di tambah lagi, hormon dalam tubuh kita masih belum stabil. Akibatnya, jika sedikit saja tidak memperhatikan kebersihan badan, terutama muka, akan mempermudah timbulnya jerawat.

Jerawat dalam masa remaja tentunya bisa dibilang sebagai hal yang memalukan dalam pergaulan sehari-hari. Keseringan remaja tidak betah dengan jerawat di wajah mereka. Ada yang sering memegang bahkan mengelopeknya sehingga menimbulkan noda bekas jerawat bahkan bopeng.

Jika sudah begitu, kepercayaan diri kita seakan berkurang dan kita malu saat bergaul. Akan tetapi, jika sudah terlanjur begitu, hal selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah memudarkan atau menghilangkan noda dan bopeng bekas jerawat tersebut.

Sebagian dari remaja takut untuk mengobati bekas bopeng mereka, katanya takut jerawatnya tambah banyak. Mungkin itu bisa terjadi untuk pengobatan dengan bahan kimia. Itu karena setiap orang punya jenis kulit yang berbeda.

Nyatanya, masih banyak segudang bahan alami yang juga bisa menghilangkan noda dan bopeng bekas jerawat. Nah, ini ada sebagian dari list bahan alami tersebut. Check these out!

[nextpage title=”Madu”]

Madu

Bahan pertama pasti sudah tidak asing sebagai obat alternatif beberapa penyakit. Madu juga bisa mengobati wajah yang bopeng. Biasanya, madu dicampurkan dengan jeruk nipis yang mengandung vitamin C sehingga menyehatkan kulit.

Kayu manis juga mempunyai khasiat serupa dan dapat dicampur juga dengan madu untuk membuat masker.

Waktu paling efektif adalah ketika bangun pagi, lalu diamkan selama 30 menit lalu dibilas saat mandi. Pada waktu malam sebelum tidur, kita juga bisa mengoleskan madu untuk memperhalus kulit wajah kita.

[/nextpage]

[nextpage title=”Buah Nanas & Jagung Muda”]

Masker Buah Nanas

Next, ada masker buah nanas. Cara buat dan pakainya mudah dilakukan. Pertama kita parut halus nanas.

Setelah itu kita langsung bisa jadikan sebagai masker dengan membalurkannya di wajah kurang lebih 20 menit. Setelah itu, bersihkan masker nanas itu dengan air dingin.

Jagung Muda

Siapa sangka jagung muda bisa bermanfaat untu kulit? Ternyata, jagung muda mempunyai kandungan vitamin E yang sangat tinggi.

Cara penggunaannya juga mudah. Kita cukup menghaluskan jagung lalu mengoleskannya di wajah. Setelah terasa kering, bilas dengan air. Lebih efektif jika kita menggunakannya di malam hari sebelum tidur.

[/nextpage]

[nextpage title=”Kacang Kedelai & Lidah Buaya”]

Kacang Kedelai

Kacang kedelai nggak hanya enak untuk dijadikan susu atau bahan-bahan makanan. Kedelai juga bisa digunakan untuk menghilangkan bopeng di wajah.

Cara pemakaiannya juga sama dengan jagung muda. Akan tetapi untuk mempermudah proses penghalusan, sebaiknya kita rendam dulu dalam air untuk beberapa saat.

Balurkan masker tersebut ke wajah Anda hingga masker terasa kering, kemudian bilas masker kedelai tersebut dengan air hangat.

Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera memang terkenal manfaatnya. Kalau sudah bicara tentang lidah buaya mugkin kita langsung berpikir untuk menyuburkan rambut dan menyehatkan kulit kepala.

Selain itu, lidah buaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit, seperti luka bakar, dan tak ketinggalan, menyamarkan bopeng bekas jerawat.

Cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya ke seluruh muka dan membilasnya dengan air dingin ketika sudah merasa kering, dapat dirasakan manfaatnya untuk menyamarkan bopeng.

[/nextpage]

[nextpage title=”Mentimun, Tomat & Jelly Gamat”]

Masker Mentimun dan Tomat

Mentimun dan tomat memang sudah dikenal untuk keahliannya sebagai obat kulit. Pemakaian untuk pengobatan bopeng di wajah juga tidak sulit, cukup dengan menghaluskannya menjadi masker dan mengoleskannya selama 20-30 menit dan dibilas dengan air bersih.

Untuk lebih efektif, kedua bahan ini dapat dihaluskan bersamaan dan dijadikan masker campuran.

Ramuan Jelly Gamat

Berbeda dengan bahan alami sebelumnya, jelly gamat bisa kita dapatkan dari hewan laut yaitu teripang atau lebih populer dengan timun laut.

Kandungan gamat dalam teripang dapat mengembalikan sel-sel kulit yang rusak, sehingga dapat memperhalus kulit dan menghilangkan noda dan bopeng pada jerawat.

Jika berjerawat, segeralah gunakan jelly gamat karena saat berjerawat, sebenarnya sel kulit kita masih hidup tetapi dalam keadaan rusak. Dengan jelly gamat, sel rusak itu dapat dikembalikan agar menjadi sel hidup yang sehat.

***

Nah, itulah sebagian dari sekian banyak cara sederhana dengan bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk menghilangkan bopeng pada wajah.

Bahan-bahan itu mudah kita temukan di dapur rumah sehingga tidak perlu pusing untuk mencarinya. Selain itu, harga bahan tersebut juga murah dan cara penggunaanya juga sangat simple.

[/nextpage]

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *