8 Cara Alami Menghilangkan Panu dengan Cepat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Sebagai salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, panu memang sangat mengganggu. Selain karena rasa gatal yang ditimbulkan, panu juga merusak penampilan terutama jika tumbuh di bagian-bagian yang terlihat seperti wajah, tangan dan leher.

Penyebab Timbulnya Panu

Panu disebabkan oleh tumbuhnya jamur Pityrosporum ovale. Cirinya adalah berupa bercak putih yang sangat kentara perbedaan warnanya dengan kulit karena bentuknya tidak beraturan. Jika tidak segera diobati, bercak tersebut akan semakin meluas dan bisa menular melalui sentuhan kulit atau lewat perantara benda-benda seperti handuk dan pakaian.

Orang yang terkena panu biasanya kurang menjaga kebersihan tubuhnya atau suka berganti-ganti pakaian dan handuk dengan orang lain. Jamur sangat menyukai tempat yang lembab. Kulit yang lembab karena sering berkeringat dan jarang dibersihkan sangat rawan ditumbuhi jamur penyebab panu. Jamur juga sangat mudah berpindah sehingga menularkan penyakit pada orang lain.

Cara Alami Menghilangkan Panu

Sebenarnya panu bisa disembuhkan dan dicegah agar tidak muncul kembali dengan cara rajin menjaga kebersihan kulit dan selalu berhati-hati untuk tidak mengenakan handuk dan pakaian secara bergantian dengan orang lain. Namun, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan panu dengan cepat, yaitu:

Lengkuas

Parut beberapa lengkuas hingga halus. Peras parutan lengkuas tersebut. Lalu oleskan air perasan pada bagian kulit yang terkena panu setiap setelah mandi secara rutin. Bisa juga lengkuasnya tidak diparut tetapi cukup dipotong atau diiris kemudian digosokkan ke bagian yang terkena panu.

Cara lain yang lebih mudah adalah dengan cukup menggepengkan lengkuas hingga keluar cairannya lalu oleskan cairan tersebut pada kulit yang terkena panu.

Bawang putih

Belah satu suing bawang putih hingga menjadi dua bagian. Oleskan bagian bawang putih yang bergetah pada kulit yang terkena panu setiap setelah mandi secara rutin. Adapun cara lain yaitu dengan menumbuk bawang putih hingga halus. Bungkus dengan kain bersih lalu kompreskan pada kulit yang terkena panu.

Belimbing wuluh dan kapur sirih

Haluskan beberapa buah belimbing wuluh dan campurkan dengan air kapur sirih. Aduk hingga rata, lalu oleskan pada kulit yang terkena panu dua kali sehari hingga hilang.

Belerang dan jeruk nipis

Tumbuk belerang hingga halus. Campurkan dengan air perasan jeruk nipis dan minyak kelapa. Oleskan pada kulit yang terkena panu dua sampai tiga kali sehari hingga sembuh.

Kembang kuning

Haluskan kembang kuning dengan cara ditumbuk. Kemudian tempelkan pada kulit yang terkena panu sebanyak beberapa kali hingga sembuh.

Daun tembakau

Tumbuk beberapa helai daun tembakau hingga halus. Oleskan pada bagian kulit yang terkena panu dan lakukan beberapa kali hingga sembuh.

Lidah buaya

Patahkan lidah buaya dan oleskan getahnya pada area kulit yang terkena panu.

Daun pare

Haluskan daun pare secukupnya kemudian campurkan dengan kapur sirih. Balurkan pada bagian kulit yang terkena panu.

**

Itu dia 8 cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan panu dengan cepat dan alami. Jangan lupa, setelah diobati maka jagalah kebersihan kulit, pakaian dan handuk Anda agar penyakit panu tidak datang kembali.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “8 Cara Alami Menghilangkan Panu dengan Cepat

  1. Sya mw tnya gmna y cra utk mnghlngkn panu di wjah dn di lher,,sya sdh mncoba dngn mmkai jruk npis dngn blrang tpi tdk hlng jg,dn sya jga cba dngn bwang ptihh tdk hlng jg,pdhal sya rutin lo mke nya

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *