Gejala Dan Penanganan Herpes Oral

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Pada dasarnya ada dua jenis herpes yaitu herpes oral dan herpes genital. Penyebaran dan penanganan agak sedikit berbeda. Herpes oral terjadi akibat penyebaran HSV-1 (Herpes Simplex Virus Tipe 1) dan menginfeksi area sekitar mulut, oleh karena itulah disebut herpes oral.

Dikutip dari aad.org (American Academy of Dermatology), berikut beberapa hal tentang herpes oral yang perlu anda perhatikan :

Proses penyebaran

Pada umumnya yang terkena HSV-1 adalah anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan pada orang dewasa. Virus bisa menyebar melalui kontak kulit. Berciuman, menggunakan alat makan yang sama atau memakai handuk yang sama adalah sarana penyebaran si virus.

Infeksi ini tidak hanya menyerang di area mulut saja, seperti namanya, namun juga dalam beberapa kasus bisa menyebar ke area bibir atas, ke dalam hidung, dagu atau pipi. Infeksi ini akan menimbulkan gelembung di kulit.

Gejala Herpes Oral

  • Gatal dan Panas di area kulit

Gatal dan Panas di area kulit akan terasa beberapa hari sebelum gelembung-gelembung muncul pada kulit.

  • Perih (sores)

Muncul rasa perih seiring dengan pertumbuhan gelembung-gelembung (yang berisi cairan)tadi. Biasanya gelembung tersebut akan pecah dan mengeluarkan cairan. Area kulit yang terinfeksi nantinya akan mengering (seperti koreng).

Jangan khawatir, karena kulit koreng itu adalah tanda awal penyembuhan. Rasa perih akan muncul dalam rentang 2-20 haru setelah kontak dengan mereka yang telah terinfeksi dan akan terasa di tubuh sekitar 7-10 hari.

  • Gejala mirip flu

Demam, nyeri sendi atau pembengkakan kelenjar getah bening di area leher.

  • Infeksi pada mata

Kadang virus herpes simplex bisa menyebar ke salah satu atau kedua mata. Jika terjadi, anda akan merasa sakit, sensitive pada cahaya dan mata tidak nyaman (seperti berpasir atau kemasukan benda asing). Infeksi ini harus ditangani dengan benar agar jangan sampai menyebabkan luka pada mata anda. Sangat dianjurkan mengunjungi tenaga medis.

Cara penanganan (treatment)

Menurut drg.Bagus dari (RSGM FKG Unair), seperti dilansir di jpnn.com, herpes mulut tergolong self limiting disease yang artinya bisa sembuh sendiri asalkan daya tahan tubuh baik karena ikut melawan si kuman herpes yang ada.

Selain mengandalkan daya tahan tubuh, berikut beberapa langkah pengobatan yang bisa anda lakukan sendiri :

  • Berikan obat yang bisa anda beli (tanpa resep dokter) di apotik terdekat. Biasanya berupa salep yang dioleskan ke kulit yang mengandung benzocaine.
  • Taruh es pada gelembung-gelembung yang perih
  • Hindari hal-hal yang bisa memicu aktifnya virus seperti berjemur.

Langkah pencegahan herpes oral

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk pencegahan herpes oral:

  • No kissing dengan siapapun termasuk dengan anak, keponakan dan lainnya
  • Hindari seks oral dengan pasangan anda
  • Jangan gunakan perhiasan, peralatan makan (cangkir, sendok, dan lain-lain), handuk, alat cukur maupun lip balm orang lain. Demikian juga sebaliknya, milik anda jangan biarkan digunakan orang lain. Biarpun itu milik suami ataupun keluarga sendiri.
  • Jauhkan area yang terasa gatal, perih dan panas dari bagian tubuh anda yang lain.
  • Cuci tangan setelah menyentuh area yang terinfeksi
  • Gunakan cotton bud atau alat lainnya untuk mengusapkan salep (obat) pada area yang terinfeksi, untuk menghindarkan tangan anda kontak langsung dengan area tersebut.

Demikian, semoga membantu.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *