Waspadai Sakit Perut yang Tidak Wajar Saat Menstruasi

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bagi kaum perempuan, sakit perut dikala menstruasi adalah hal yang lumrah. Biasanya hanya akan berpengaruh pada mood sehari-hari saja, seperti menjadi cepat kesal, marah dan menurunnya nafsu makan. Namun tidak selamanya selumrah itu, ada sakit perut yang sudah masuk kategori tidak wajar dan butuh perhatian ekstra.

Kapan sakit perut saat menstruasi dikategorikan tidak wajar? Ketika secara teratur (tiap bulan) membuat anda harus berhenti beraktivitas seperti biasa diiringi dengan mual, muntah, bahkan pingsan. Bagi wanita yang bekerja anda terpaksa harus minta cuti dari kantor.

Walaupun cuti saat menstruasi adalah hak anda, harap jangan lalai terhadap masalah sakit perut tersebut. Perhatikan juga putri anda di rumah, jika tiap bulan selalu ijin untuk tidak masuk sekolah karena sakit perut menstruasi, maka sudah saatnya periksakan diri ke dokter.

Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K) dari Perkumpulan Obsteri Ginkologi Indonesia (POGI) dalam detik.com menjelaskan bahwa ada empat tingkatan sakit.

  • Tingkat yang pertama, sakit yang ringan ringan dan tidak menyebabkan apapun. Tingkat ini biasanya tidak berpengaruh pada aktivitas harian anda.
  • Tingkat kedua, sakit perut yang hilang hanya jika anda minum obat. Pada tingkat ini anda membutuhkan bantuan obat pereda nyeri/sakit.
  • Tingkat ketiga adalah sakit perut yang membuat anda butuh tidur dan istirahat yang cukup selama beberapa hari dan disertai obat.
  • Tingkat empat adalah yang terburuk, membuat anda harus dirawat di rumah sakit.

Jika yang anda alami adalah pada tingkat ketiga dan keempat, maka itu sudah masuk kategori sakit perut berlebihan atau tidak wajar. Kondisi seperti itu bisa jadi merupakan sinyal adanya penyakit/gangguan serius di tubuh anda. Di antaranya adalah :

1. Endometriosis

Dilansir dalam medicine.com, endometriosis berupa radang disertai perambatan pembuluh darah hingga menonjol keluar dari rahim. Penyebab penyakit ini adalah karena darah haid (menstruasi) tidak keluar dengan semestinya sehingga mekanisme keluarnya darah terjadi secara abnormal di dalam rongga perut wanita.

Rasa sakit yang amat parah pada perut bagian bawah. Kondisi ini berkaitan juga dengan masalah ketidaksuburan. Harap segera konsultasi ke dokter, jika kondisi ini tidak segera ditangani secara dini kemungkinan anda untuk hamil secara normal sangat kecil.

2. Kista

Kista merupakan gangguan yang muncul pada rahim perempuan yang jika tidak ditangani dengan segera bisa berakhir pada kanker rahim atau kemandulan. Sakit perut yang menunjukan sinyal adanya kista adalah sakit perut yang amat sangat dan anda alami terus menerus selama menstruasi. Padahal, sakit perut menstruasi umumnya dirasakan pada satu atau dua hari pertama, yang datangnya tidak terus menerus selama seharian

3. Pelvic Inflammatory Disease (PID)

PID adalah infeksi pada organ reproduksi wanita. Anda akan merasa sangat sakit pada area perut bagian bawah, kemudian siklus menstruasi yang tidak normal dan ketika menstruasi darah yang keluar sangat banyak. Akan sangat baik jika ditangani dengan segera agar tidak menganggu rencana kehamilan yang sudah anda buat.

4. Fibroid

Sejenis tumor jinak yang tumbuh di dinding uterus. Selain sakit perut yang mengganggu gejala lainnya adalah darah menstruasi yang keluar dalam jumlah yang sangat banyak. Segera periksakan diri ke dokter, karena tumor ini bisa mempengaruhi tingkat kesuburan anda.

(Image: Courtesy ShutterStock.com)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *