Mengenal Yoga dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Yoga berasal dari India. Beberapa literatur dan tulisan tidak secara seragam menyebutkan waktu yang tepat sebagai permulaan perkembangan yoga. Ada yang menyebutkan 5000 tahun yang silam, adapula yang menyebutkan 4000 tahun yang lalu.

Pada dasarnya Yoga adalah bagian dari ajaran Hindu. Diajarkan oleh para guru terkemuka dan dipraktekkan oleh para pengikutnya. Guru (pemimpin ajaran yoga disebut yogi) yang mengembangkan dasar-dasar yoga sampai dikenal seperti sekarang ini adalah Patanjali.

Ajarannya-lah yang dikembangkan sampai pada zaman modern ini. Intinya adalah penyatuan dengan alam (Pencipta). Kata “Yoga” sendiri dalam bahasa sansekerta berarti penyatuan yang bersaranakan kontemplasi, meditasi dan gerakan-gerakan fisik yang erat kaitannya dengan konsentrasi (pemusatan pemikiran).

Sarana yang terakhir : gerakan fisik lah yang popuper di tengah masyarakat. Bahkan di India sendiri, sebagian sekolah sudah mewajibkan murid untuk mengikuti yoga sebagai bagian dari mata pelajaran olahraga. Saat melakukan gerakan/pose yoga, mohon tidak melupakan tujuan utamanya yaitu “penyatuan”. Dengan ini, anda tidak asal saja melakukan gerakan yoga dan manfaat baik dari yoga pun bisa anda rasakan.

Manfaat yoga untuk kesehatan

• Melatih konsentrasi

Tujuan penyatuan membutuhkan konsentrasi yang baik. Dengan sering melakukan gerakan-gerakan yoga, konsentrasi anda akan terlatih lebih baik. Konsentrasi yang baik adalah modal untuk beraktivitas dengan baik dan produktif.

• Kecerdasan

Gerakan yoga membutuhkan fokus, konsentrasi dan rileks. Secara langsung mempengaruhi koordinasi, reaksi dan memori anda. Penelitian menunjukkan gerakan yoga membantu meningkatkan IQ, dengan demikian menjadikan anda lebih cerdas.

• Mengurangi agresivitas

Agresivitas yang dimaksud adalah yang bertendensi negatif. Gerakan yang dirancang untuk memberi rasa damai dan energi pada tubuh akan efek tenang dan “ringan” dalam menjalani aktifitas. Bagi remaja, hal ini menjadi penting agar energi berlebih yang memang dimiliki anak usia muda bisa disalurkan dalam kegiatan positif. Pikiran yang damai, terkontrol dan tenang tentu membantu mereka untuk membuat keputusan melakukan kegitan yang positif

Saran bagi para pemula

• Melibatkan instruktur/praktisi yoga

Anda harus diawasi oleh instruktur yang mumpuni. Yoga melibatkan gerakan dan aturan dalam pernafasan yang harus dilakukan secara baik dan benar, karena itu harus diajarkan terlebih dahulu oleh yang mengerti sebelum anda bisa melakukannya sendiri.

Anda bisa cek terlebih dahulu pengalaman si instruktrur dalam hal yoga sebelum menggunakan jasanya, atau untuk pengeluaran yang lebih murah anda silahkan ikuti kelas-kelas yoga yang saat ini sangat banyak dibuka untuk umum. Lebih efisien daripada menyewa instruktur pribadi.

• Pastikan perut kosong

Yoga lebih baik dilakukan sebelum makan, atau 3-4 jam sesudah makan. Sebelum anda melakukan yoga, pastikan buang air kecil terlebih dahulu agar badan plong total. Beberapa penelitian menyarankan yoga dilakukan di pagi hari.

• Gunakan alas

Jangan langsung yoga di atas lantai. Gunakan alas olahraga. Cukup gunakan selimut atau karpet tebal.

• Pakaian yang nyaman

Anda dapat gunakan pakaian yang longgar atau pakaian olahraga yang nyaman di badan, yang penting tidak menghambat elastisitas tubuh.

Gerakan yoga sebagian besar terinspirasi dari pengamatan terhadap binatang, karena sering kali makhluk tersebut memiliki gerakan relaksasi (peregangan) tanpa melibatkan usaha yang berat. Artinya, binatang mengungkapkan cara pintar yang tidak sulit yang kemudian bisa ditiru.

Namun ingat, gerakan yoga sangat bervariasi, mulai dari yang sederhana sampai yang sangat rumit. Oleh karena itu anda memerlukan instruktur sampai nantinya anda bisa lakukan sendiri di rumah.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *