5 Bahan Alami Yang Berkhasiat Melebatkan Rambut

DOKTERCANTIK.COM – Rambut rontok adalah masalah umum yang terjadi pada kebanyakan orang belakangan ini. Ironis memang, mengingat rambut merupakan aset berharga yang dapat meningkatkan tampilan fisik seseorang.

Ada beberapa faktor umum yang berperan dalam terjadinya kerontokan atau penipisan rambut, faktor tersebut antara lain stres berlebih baik secara fisik atau emosional, ketidakseimbangan hormon, kekurangan nutrisi, cara perawatan rambut yang salah, dan faktor keturunan.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang sedang mengalami kerontokan rambut, jangan keburu panik, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk dan melakukan perawatan mahal.

5 Bahan Alami Yang Berkhasiat Melebatkan Rambut

Ada banyak solusi alami untuk mendapatkan rambut yang lebih tebal dan lebat. Berikut uraiannya, simak ya.

1. Telur

Pengobatan protein secara teratur sangatlah penting untuk membuat rambut lebih kuat dan lebih tebal. Untuk memberi protein pada rambut, bahan terbaik adalah telur.

Sediakan beberapa butir telur, tergantung pada kepanjangan rambut Anda, lalu kocok dengan benar. Oleskan telur pada rambut yang telah dibasahi dan diamkan sekitar 30 menit. Cuci rambut Anda dengan air hangat serta sampo yang sering Anda gunakan. Pengobatan protein ini baik dilakukan sekali atau dua kali seminggu.

Cara lain yang juga tidak kalah baiknya adalah mencampurkan satu kuning telur, satu sendok makan minyak rambut dan dua sendok makan air. Gunakan campuran ini untuk memijat kulit kepala Anda secara menyeluruh. Baik digunakan sekali seminggu guna mendapatkan rambut lebat yang sehat.

2. Minyak Zaitun

Selain telur, minyak zaitun juga memiliki efektifitas yang sempurna dalam hal melebatkan rambut Anda. Disamping itu, bahan alami ini akan membantu melembutkan dan memperkuat rambut.

Pilihlah minyak zaitun paling alami, panaskan lalu pijatkan secukupnya pada rambut dan kulit kepala selama 30 menit. Setelah didiamkan dalam jangka waktu tertentu, bilas rambut secara menyeluruh menggunakan sampo ringan. Anda juga dapat mengoleskan minyak pada rambut Anda pada malam hari, dan kemudian membilasnya pada keesokan harinya.

3. Alpukat

Alpukat juga dapat digunakan untuk mendapatkan rambut tebal karena khasiatnya yang mampu melembabkan dan menambah pertumbuhan rambut Anda. Vitamin E yang terkandung dalam buah ini dapat memberi kontribusi terhadap keseluruhan kesehatan helai rambut Anda.

Siapkanlah satu buah alpukat, lalu tumbuk hingga halus. Campurkan dengan satu pisang yang juga telah ditumbuk halus, beserta dengan satu sendok makan minyak zaitun. Pijatkan campuran ini pada kulit kepala Anda dan biarkan sekitar 30 menit agar nutrisi dapat diserap oleh kulit kepala. Setelah itu, bilas dan keramaslah seperti biasa.

4. Minyak Jarak

Minyak jarak bila digunakan secara rutin untuk memijat kulit kepala Anda, maka dapat memberikan ketebalan sempurna pada rambut Anda. Kandungan viskositas yang tinggi, membuat bahan ini mampu melindungi kesehatan rambut dan mencegah terjadinya rambut rontok. Disamping itu, vitamin E dan asam lemak di dalamnya efektif untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Hanya menggunakan minyak jarak saja tentu dapat bekerja dengan baik, namun sebaiknya Anda mencampurkannya dengan minyak kelapa yang telah dipanaskan. Oleskan pada kulit kepala dan pijat dengan gerakan memutar.

Sisir rambut Anda untuk meratakan minyak pada seluruh bagian rambut Anda, bungkus kepala dengan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat. Biarkan selama setidaknya satu jam dan kemudian keramas rambut Anda seperti biasa. Perawatan ini baik dilakukan sekali dalam seminggu.

5. Lidah buaya

Bahan lain yang tidak kalah populer dibandingkan dengan bahan alami sebelumnya adalah gel lidah buaya. Ambillah ekstrak gel dari satu atau dua daun lidah buaya dan oleskan gel ke kulit kepala Anda. Diamkan selama 30 menit sebelum membilas rambut Anda dengan air hangat. Lakukan ini sekali atau dua kali dalam seminggu secara teratur.

Selain mengoleskannya pada rambut, Anda juga dapat memilih untuk mengkonsumsi satu sendok makan jus lidah buaya setiap hari. Ini tentu saja baik untuk pertumbuhan rambut serta kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu