Gejala Sakit Pinggang, Penyebab dan Pengobatan Alaminya

Loading...

DOKTERCANTIK.COMSakit pinggang memang menyebalkan, dan bisa menimpa siapa saja. Mengalami sakit pinggang ketika sedang mengangkat beban berat, mengendarai kendaraan bermotor atau melakukan aktivitas tubuh yang ekstrim kadang cukup berbahaya.

Bagi para lansia atau lanjut usia, sakit pinggang merupakan hal yang wajar, karena kemampuan otot-oto dan tulang belakang yang sudah jauh berkurang dibandingkan dengan usia muda. Namun apabila ada yang sering mengalami sakit pinggang di usia muda, ini perlu diwaspadai. Bagaimana dengan Anda?

Penyebab Sakit Pinggang 

Sebelum Anda melakukan pengobatan terhadap sakit pinggang yang Anda derita, sebaiknya Anda terlebih dahulu menyelidiki penyebab sakit pinggang Anda, apakah dengan cara mengamati kebiasaan Anda sendiri atau berkonsultasi dengan dokter Anda.

Sakit pinggang biasanya disebabkan karena:

  1. Gangguan mekanik pada struktur dan kesatuan fungsi tulang belakang.
  2. Sikap badan yang salah saat membungkuk atau mengangkat beban berat.
  3. Menggunakan sepatu bertumit tinggi, sehingga lengkungan ke depan yang terjadi pada tulang belakang berlebihan.
  4. Alas tidur terlalu lentur sehingga tulang belakang mengikuti lenturan tersebut.
  5. Kurang olahraga yang menyebabkan kelenturan sendi-sendi dan jaringan menurun, dan otot mudah cedera.
  6. Pengaruh penyakit ginjal, karena adanya kelainan pada air kemih yang berupa darah dalam air kemih akibat rusaknya dinding saluran ginjal dan luka yang ditimbulkan oleh batu ginjal.

Gejala Sakit Pinggang Akibat Batu Ginjal

Sakit pinggang akibat batu pada ginjal memiliki gejala khusus seperti:

  • Rasa nyeri datang tiba-tiba dan sangat berat, kadang disertai mual dan muntah.
  • Sakit di bagian belakang samping, bawah tulang punggung, kadang sampai ke perut bagian bawah, lipat paha, atau daerah kemaluan.
  • Sakit saat buang air kecil, kadang disertai darah, urine berwarna pink, coklat, atau merah dan aromanya tidak enak.
  • Bila terjadi infeksi penderita mengalami panas dan menggigil.

Mengobati Sakit Pinggang Secara Alami

Jika Anda sudah mengetahui penyebab sakit pinggang yang Anda alami, selain mencoba untuk tetap aktif melakukan gerak tubuh, memperhatikan sikap tubuh, menjaga keseimbangan antara istirahat dan kegiatan fisik serta pola makan yang sehat, Anda bisa melakukan pengobatan alami untuk sakit pinggang dengan dua cara, yaitu:

  • Pengobatan dari dalam
  1. Rebus 10 butir angco, 1 – 3 buah sun boi/kiam boi, 15 gram akar bawang merah segar dan 25 gram jahe merah segar dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Minum airnya yang telah disaring selagi hangat.
  2. Rebus 100 gram buah takokak, 30 gram rambut jagung, 20 gram jahe merah segar dan 10 gram adas dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Minum airnya yang telah disaring selagi hangat.
  3. Rebus 25 gram jahe merah segar, 25 gram temu hitam segar, 30 gram akar sawi langit segar dan 30 gram daun dewa segar dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Minum airnya yang telah disaring selagi hangat.
  4. Rebus 30 gram daun dewa segar, 30 gram temu lawak segar dan 25 gram daun hia/baru china segar dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc. Minum airnya yang telah disaring selagi hangat.
  • Pengobatan dari luar
  1. Rendam beberapa cabai rawit yang sudah dibuang tangkainya dan beberapa jahe yang sudah diiris-iris dengan alkohol 75% secukupnya selama 14 hari. Oleskan air rendaman pada pinggang yang terasa sakit.
  2. Rendam 120 gram jahe merah, 150 gram bawang putih dan bubuk cabai secukupnya ke dalam alkohol 75% secukupnya selama 14 hari. Oleskan air rendaman  pada bagian yang sakit.
  3. Bakar moxa lalu didekatkan pada bagian yang sakit dengan jarak sekitar 2,5 cm selama 10 – 15 menit.

**

Jika Anda lakukan pengobatan dengan rutin dan selalu berhati-hati, sakit pinggang akan menjauh dari Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *