Sumber Kalsium dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tulang yang sehat dan kuat akan mendukung anda dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Untuk memperoleh tulang yang sehat anda membutuhkan asupan kalsium yang cukup. 90 persen kalsium terdapat pada tulang dan gigi anda, namun setiap hari kita akan kehilangan kalsium melalui berbagai aktifitas.

Karena tubuh tidak bisa memproduksi kalsium maka kita harus mencukupi asupan kalsium dari makanan. Jangan sampai anda kekurangan kalsium, karena ketika tubuh kekurangan kalsium, tubuh akan mengambilnya dari tulang.

Untuk mengetahui manfaat dan sumber kalsium bagi tubuh anda, simak uraian berikut :

Manfaat kalsium

  • Tulang. Kalsium merupakan mineral yang paling penting untuk tulang. Membuat tulang anda sehat dan mempertahankannya seiring pertambahan usia. Dalam hal ini kalsium bermanfaat untuk mencegah osteoporosis
  • Kesehatan jantung. Tidak melulu hanya untuk tulang, kalsium berperan dalam mendukung kinerja jantung dan peredaran darah yang baik dalam tubuh
  • Mencegah penggumpalan darah. Kalsium berperan sebagai zat yang membantu untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah, nantinya kalsium akan bekerja bersama zat lain dalam tubuh.
  • Mencegah kanker. Bersama dengan vitamin D, kalsium memiliki kemampuan untuk melawan kanker, diabetes dan tekanan darah tinggi. Saat ini para peneliti masih terus melihat kemungkinan kalsium untuk mencegah kanker payudara.

Kebutuhan kalsium per hari

Antara pria dan wanita memiliki kebutuhan kalsium yang berbeda. Dalam situs National Osteoporosis Foundation diungkapkan bahwa kebutuhan kalsium per hari adalah :

Untuk Pria  

  • Usia lebih muda dari 70 – 70 tahun  : 1.000 mg
  • Usia 71 dan lebih tua : 1200 mg

Untuk Wanita    

  • Usia lebih muda dari 50-50 tahun : 1000 mg
  • Usia 51 dan seterusnya : 1.200 mg

Sumber kalsium

Kebutuhan kalsium dapat anda penuhi dengan mengonsumsi makanan/minuman tertentu yang dengan mudah bisa anda dapatkan. Dilansir dalam situs departemen kesehatan Victoria, Australia berikut daftar makanan mengandung kalsium serta info jumlahnya :

1. Susu dan produk olahan susu seperti yoghurt, keju dan buttermilk. Dalam segelas susu mengandung 300 mg calcium, jumlah kandungan yang sama dalam 200 g yoghurt. Sementara itu, Calcium fortified milks (susu yang telah ditambahkan kandungan kalsium) menyediakan kalsium lebih banyak yaitu 280 mg-400 mg per 200ml susu.

2. Sayuran hijau. Sayuran hijau seperti brokoli, bok choy, bayam dan sayuran yang termasuk jenis kubis. Satu mangkuk rebusan bayam yang anda persiapkan mengandung 100 mg kalsium. Satu mangkuk olahan brokoli mengandung 45 mg. Namun dalam hal kalsium yang diserap tubuh, brokoli lebih unggul dari bayam.  50-60 persen kalsium dari brokoli diserap oleh tubuh sementara bayam hanya mungkin diserap sebanyak 5 persen karena bayam mengandung oxalate yang kerap menghalangi penyerapan kalsium.

3. Tempe, tahu, tofu.

4. Almond. 15 almond mengandung sekitar 40 mg kalsium.

5. Makanan berkalsium lainnya (calcium-fortified foods). Termasuk di dalam kategori ini adalah sereal (dari gandum) untuk sarapan, jus buah dan roti. 40 g sereal mengandung 200 mg kalsium, 100 ml jus (jeruk) mengandung 80 mg kalsium, dan dua lembar roti mengandung 200 mg kalcium

**

Silahkan anda atur jumlah asupan konsumsi sesuai usia dan jenis kelamin anda, jangan sampai berlebihan dan jangan pula kekurangan. Jika tubuh anda kekurangan kalsium, akan sangat rentan terjadi tulang keropos dan pada anak-anak, kekurangan kalsium dapat menyebabkan pertumbuhan tinggi badan yang tidak maksimal.

Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *