Mengenal Perawatan Rambut Hair Mask

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Hair mask berbeda dengan creambath atau perawatan rambut lainnya. Karena hair mask tidak memerlukan pijatan agar formulanya dapat bekerja secara maksimal. Penggunaan hair mask jauh lebih sederhana dari pada melakukan creambath atau hair spa.

Kalian hanya cukup balurkan di seluruh bagian rambut dan tunggu hingga meresap dengan sempurna. Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah hair mask secara rutin seminggu sekali atau setiap kali selesai keramas bagi rambut yang memang sudah cukup parah.

FUNGSI

Perawatan hair mask sangat cocok untuk rambut yang sering terkena proses kimia, seperti pelurusan, pewarnaan dan pengeritingan. Karena bahan kimia dapat membuat bagian rambut dalam menjadi rusak. Efeknya, rambut akan rontok dan kering.

Dengan melakukan hair mask, rambut akan menjadi lebih terawat, halus dan lembut. karena hair mask dapat melindungi lapisan dalam yang rusak tersebut akibat proses kimia yang sering dilakukan.

KHASIAT KANDUNGANNYA

Melakukan hair mask dapat disesuaikan dengan kondisi rambut yang kalian miliki. Tinggal pilih, mana yang paling cocok.

Moisturizing Ingredients. Untuk mengembalikan kelembapan rambut, gunakan hair mask dengan kandungan shea atau mango butter, kacang-kacangan seperti cashew oil, atau yang mengandung delima, pisang, madu dan susu.

Repairing Ingredients. Dalam memperbaiki keadaan rambut menjadi seperti semula, gunakanlah hair mask yang memiliki kandungan protein tinggi. Seperti gandum, kedelai dan kuning telur.

Smoothing Ingredients. Perawatan rambut dari luar adalah kunci dalam mendapatkan rambut yang lembut dan halus. Maka gunakanlah hair mask yang memiliki kandungan alpukat di dalamnya.

CARA MENGAPLIKASIKAN HAIR MASK

  1. Cuci rambut dengan shampoo terlebih dahulu. Sesuaikan dengan jenis rambut.
  2. Bungkus rambut dengan handuk, dan tekan secara perlahan hingga sisa air dapat teresap habis.
  3. Aplikasikan krim hair mask pada seluruh bagian rambut, mulailah dari akar hingga ke ujung.
  4. Tutupi rambut yang telah dibalurkan hair mask oleh handuk panas dan diamkan selama 5-15 menit.
  5. Bilas rambut dengan shampoo dan keringkan dengan menepuknya secara perlahan. Usahakan agar tidak mengacak-acak rambut.
  6. Gunakan hair tonic atau anti frizz serum agar perawatan rambut menjadi lebih sempurna.

RESEP ALAMI HAIR MASK

Hair mask dengan madu dan minyak zaitun. Caranya kalian hanya perlu mencampurkan 3 sendok makan madu dan 3 sendok makan minyak zaitun. Kemudian aduk hingga rata.

Hair mask dengan pisang. Kupas pisang dan lumatkan hingga halus. Campurkan pisang yang sudah dilumatkan dengan sebutir telur, 3 sendok teh madu, 3 sendok teh susu dan 5 sendok teh minyak zaitun. Kemudian aduk rata dengan menggunakan sendok.

**

Melakukan perawatan rambut sendiri di rumah memang cenderung lebih murah dan lebih mudah. Selain creambath, melakukan hair mask juga penting dalam perawatan rambut. Apa lagi bagi kalian yang suka menggonta-ganti model rambut, catok, mewarnai rambut dan pengeritingan.

Rambut yang sering terkena proses kimia tersebut sangat membutuhkan perawatan-perawatan yang intensif dan rutin agar tidak menjadi rusak. Sayang kan kalo rambut indah kalian menjadi kering dan bercabang karena jarang di rawat. Mungkin hair mask dapat menjadi pilihan kalian dalam melakukan perawatan rambut.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *