Spirulina Dalam Dunia Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Sejak dulu, tumbuhan herbal ikut memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Anda tentu sudah tidak asing lagi bagaimana manfaat kunyit, kumis kucing, atau lidah buaya dalam dunia kesehatan dan kecantikan bukan? Selain tanaman-tanaman herbal ini, banyak jenis tanaman lain yang juga tidak kalah berkhasiat.

Salah satu tumbuhan yang belum banyak dikenal yaitu spirulina (cyanobacterium) atau yang lebih akrab dikenal dengan ganggang biru-hijau. Padahal, tumbuhan ini begitu bermanfaat, tidaknya dalam dunia kesehatan tetapi juga kecantikan. Dari dulu, spirulina telah dijadikan sebagai sumber makanan di beberapa negara, baik sebagai makanan tambahan ataupun makanan lengkap. Selain itu, ia juga sering dijadikan sebagai suplemen.

Kandungan Nutrisi Spirulina

Spirulina memiliki gizi yang cukup banyak untuk menunjang pertumbuhan. Ia mengandung sekitar 60 % protein lengkap yang mengandung semua asam amino esensial. Kandungan protein dalam spirulina ini bahkan dipercaya lebih unggul dibandingkan protein dalam kacang-kacangan, susu, ataupun daging.

Spirulina juga mengandung beta karoten yang lebih tinggi dari wortel, zat besi, serta sejumlah vitamin seperti vitamin A, B kompleks, D, dan vitamin E. Dengan kandungan yang luar biasa tersebut, tidak heran jika spirulina disebut-sebut sebagai “Super food

Hanya saja, tidak semua jenis spirulina aman untuk dikonsumsi. Spirulina yang berasal dari spesies platensis merupakan jenis spirulina yang aman dikonsumsi dan memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Kebanyakan spirulina dikonsumsi dalam bentuk bubuk, yaitu ditaburkan di atas makanan. Ada juga orang yang langsung membuatkannya sebagai jus atau suplemen dalam bentuk tablet dan kapsul.

Ragam Manfaat Spirulina

Berbicara soal kesehatan, tumbuhan ini bermanfaat dalam meningkatkan imunitas, sebagai suplemen protein, mencegah dan mengatasi anemia, mengatasi alergi dan infeksi, bahkan belakangan juga diketahui bahwa spirulina ini juga bisa memperkecil resiko terjadinya kanker.

Nah, pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas lebih banyak tentang manfaat spirulina untuk kesehatan, tapi lebih pada bagaimana perannya dalam dunia kecantikan. Peran spirulina dalam dunia kecantikan berhubungan erat dengan kecantikan kulit. Ia bisa mengatasi beberapa masalah kulit seperti jerawat, kering, kasar, kusam, keriput, dan timbulnya garis-garis penuaan.

Semua manfaat spirulina untuk kecantikan ini tidak terlepas dari kandungannya sendiri. Ia kaya akan antioksidan, protein, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, zinc, amino acid methionine, beta-carotene, vitamin S, dan gamma-linoleic acid.

Spirulina bisa menghilangkan jerawat karena mengandung vitamin A serta vitamin C dan E yang tidak hanya bisa menghilangkan jerawat, tetapi juga membuat kulit lembut, halus, dan kencang. Vitamin A, C, dan E yang terdapat dalam spirulina ini tidak hanya bermanfaat bagi kulit, tapi juga untuk kecantikan mata dan rambut. Antioksidan dan gamma-linoleic acid yang terdapat dalam spirulina juga bisa membuat kulit cerah bersinar serta bertindak sebagai anti-aging.

Karena manfaatnya yang luar biasa bagi kecantikan kulit, maka tidak heran jika Anda bisa menemukan banyak sekali jenis produk kecantikan yang berbahan utama spirulina ini. Spirulina kebanyakan dijadikan sebagai masker wajah untuk menghilangkan jerawat, minyak berlebih, kulit kasar, dan kekusaman pada wajah.

Memanfaatkan spirulina sebagai masker bisa dilakukan dengan cara mencampurkan bubuk spirulina dengan sedikit air hingga menjadi bubur. Anda juga bisa memasukkan sedikit madu dan avokado agar hasilnya tambah maksimal. Aduk semua bahan hingga tercampur dengan sempurna. Setelah itu, langsung bisa diaplikasikan ke wajah layaknya memakai masker biasa. Cuci bersih wajah dengan air hangat begitu masker mengering.

So, apa Anda tertarik mencoba?

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *