Tips Perawatan Wajah Saat Ber-Make Up

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Wajah yang sering dipercantik dengan polesan make up memang cukup berisiko, apalagi jika kulit wajah tergolong sensitive dan berminyak. Merawat wajah ber-make up sebenarnya tidak sulit. Yang paling penting adalah menjaga kebersihan kulit wajah sebelum dan sesudah mengaplikasikan make up pada wajah.

Wajah yang kotor lalu ditumpuk dengan make up akan mudah menimbulkan jerawat. Demikian pula jika bekas make up tidak dihilangkan dengan tuntas.

Apabila Anda tergolong wanita yang rajin ber-make up, baik itu untuk keperluan aktivitas pekerjaan, ketika hang out atau sekedar menyenangkan hati suami, silakan Anda simak artikel berikut ini, agar wajah Anda senantiasa terawat.

Perawatan Wajah Sebelum Ber-Make Up

Sebelum Anda menyapukan make up pada wajah, sebaiknya Anda lakukan perawatan wajah berikut ini:

  1. Bersihkan wajah dengan sabun wajah, gunanya untuk menghilangkan kotoran pada wajah sehingga tidak ada kotoran yang bercampur dengan make up.
  2. Gunakan toner, untuk mengangkat sisa sabun serta kelebihan minyak di kulit wajah. Wajah yang bebas minyak akan memudahkan make up menempel pada wajah.
  3. Eksfoliasi, yaitu menghilangkan sel kulit mati dengan menggunakan scrub, peeling atau sikat wajah berbulu halus, sehingga make up dapat menempel sempurna pada wajah.
  4. Menempelkan es batu ke wajah, agar kulit wajah lebih kenyal dan segar, juga membuat make up lebih tahan lama.

Perawatan Wajah Sesudah Ber-Make Up

Setelah selesai beraktivitas, jangan lupa untuk membersihkan make up yang menempel pada wajah Anda. Bekas make up bisa menjadi kotoran yang masuk ke pori-pori kulit.

Agar kebersihan wajah Anda maksimal, lakukan hal-hal berikut ini:

1. Cuci tangan terlebih dahulu, pastikan tangan Anda benar-benar bersih dari debu dan kotoran yang bias menempel pada alat pembersih make up dan kulit Anda sehingga mengundang bakteri.

2. Kompres wajah dengan air hangat, untuk membantu membuka pori-pori wajah sehingga sisa make up mudah terangkat.

3. Bersihkan make up pada bagian mata, seperti maskara, eye shadow, dan eye liner, dengan menggunakan minyak almond, baby oil, atau minyak zaitun. Caranya adalah dengan membasahi kapas dengan baby oil, minyak almond atau minyak zaitun secukupnya, kemudian usapkan pada make up yang menempel di bagian mata hingga bersih. Sesudahnya bisa Anda basuh dengan air hangat. Keunggulan minyak zaitun yaitu bisa menghapus make up yang tahan air, sekaligus mampu melembabkan.

4. Bersihkan make up pada bagian lain wajah Anda, yaitu bagian T, pipi, dagu, dan leher, dengan menggunakan pembersih wajah atau bahan alami yang dijadikan make up remover, seperti:

  • Jus mentimun. Kupas mentimun yang sudah dicuci, haluskan dengan menggunakan parut atau blender. Basahi kapas dengan air hasil parutan tersebut. Usapkan pada wajah untuk menghapus make up hingga bersih. Selain bersih, wajah Anda akan menjadi terasa lebih dingin dan segar.
  • Campuran susu + yogurt. Caranya adalah dengan mencampurkan 3 atau 4 sendok susu cair dan 3 sendok yogurt, aduk sampai rata. Basahi kapas dengan campuran tersebut, lalu usapkan pada wajah yang ingin dibersihkan. Terakhir bilas dengan air hangat. Maka make up yang melekat pada wajah Anda akan terhapus sempurna dan kulit Anda lebih aman dari bahan kimia pembersih wajah.

5. Bilas wajah menggunakan air bersih dan dingin, untuk menutup pori-pori dan membuat wajah kembali segar.

6. Keringkan dengan handuk lembut, untuk menyerap sisa air pada wajah.

**

Nah, jika Anda rajin ber-make up dan rajin pula merawat wajah Anda, tentunya Anda akan terhindar dari jerawat serta infeksi lain pada wajah cantik Anda.

Selamat ber-make up!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *