Exfoliation Dalam Kecantikan Kulit Wajah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Wajah menjadi salah satu elemen terpenting dalam kecantikan wanita. Wajah yang kasar, berminyak, jerawat, kering, dan kusam, membuat penampilan tidak lagi cantik. Karena itu, berbagai jenis perawatan wajah dicoba oleh wanita, baik dilakukan sendiri atau menyerahkannya kepada yang lebih ahli di salon kecantikan.

Salah satu teknik perawatan wajah tersebut yaitu exfoliation. Sebenarnya exfoliation tidak hanya dilakukan pada wajah, tetapi juga pada bagian tubuh lain seperti punggung, tangan, ataupun kaki. Teknik yang tidak begitu ribet dengan hasilnya yang cukup memuaskan menjadikan teknik perawatan exfoliation ini digandrungi banyak wanita.

Apa itu exfoliation?

Perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah ini merupakan pengelupasan kulit mati dengan menggunakan butiran scrub. Tujuan utamanya yaitu mengangkat sel kulit mati sehingga memberi tempat bagi sel kulit baru untuk bisa berada paling depan. Hal ini tentu akan membuat kulit wajah terlihat lebih cerah dan tidak kusam lagi.

Karena pada kenyataanya, sel kulit mati yang mengendap di permukaan kulit wajahlah yang menjadi penyebab wajah kusam. Selain tujuan utama tersebut, exfoliation juga berfungsi mengangkat kotoran, mencegah jerawat, memperlancar aliran darah, serta membuka pori-pori agar produk kecantikan ataupun nutrisi bisa meresap sempurna ke dalam kulit wajah.

Teknik melakukannya cukup mudah, gunakan krim exfoliation yang memiliki butiran atau bulir dan oleskan merata pada wajah. Pijatlah kulit wajah secara perlahan dan lembut dengan gerakan memutar ke atas sampai butiran scrub melebur. Diamkan sisa scrub di wajah setidaknya 10 menit agar meresap dalam kulit. Setelah itu barulah wajah dibersihkan dengan air hangat.

Aturan melakukan exfoliation

Meski exfoliation bisa membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan indah, namun tetap saja kamu harus melakukannya dengan hati-hati dan tidak sembarangan. Pasalnya, melakukan exfoliation secara asal-asalan bukannya membuang masalah pada kulit wajah, tetapi justru menimbulkan masalah pada kulit wajah.

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan yaitu tidak menggosok krim exfoliation ataupun scrubnya pada bagian mata. Pasalnya, krim atau scrub yang memiliki butiran tersebut bisa saja masuk ke mata dan membuatnya iritasi. Ada baiknya kamu tidak terlalu keras atau kencang menggosok krim exfoliation ke wajah, karena krim tersebut memiliki butiran sehingga bisa menggores kulit.

Jika kulit kamu tengah mengalami jerawat atau luka yang lumayan parah, maka ada baiknya tidak melakukan exfoliation terlebih dahulu untuk mencegah iritasi karena krim yang masuk ke dalamnya. Selain itu, ada baiknya tidak melakukan exfoliation sebelum maupun setelah waxing karena waxing juga mengelupas kulit.

***

Agar mendapatkan hasil seperti yang diinginkan, kamu hanya perlu rutin dalam melakukan exfoliation dan memilih jenis krim exfoliation terbaik untuk melakukannya. Meski teknik exfoliation bisa memberikan efek baik baik kulit wajah, tetapi perlu diingat untuk tidak terlalu sering melakukan perawatan ini.

Pasalnya, terlalu sering mengelupasi kulit, maka tentu saja tidak hanya sel kulit mati yang di kelupas, tetapi sel kulit baru juga bisa ikut terkelupas. Kondisi ini justru akan membuat wajah rentan iritasi, berminyak, komedo, dan berjerawat.

Untuk kamu yang memiliki kulit normal bisa melakukan exfoliation 1 kali dalam seminggu. Jika kulit wajahmu berminyak, maka kamu bisa melakukan teknik ini 2 hingga 3 dalam seminggu. Tapi jika tipe kulitmu sensitif, maka sebaiknya hanya lakukan exfoliation satu kali saja dalam seminggu untuk mencegah terjadinya iritasi.

Selamat mencoba ladies.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *