3 Tanda Bahwa Kosmetik Sudah Harus Dibuang

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Wanita memang tidak bisa dilepaskan dari yang namanya kosmetik. Berbagai produk kosmetik, baik dalam bentuk make up, bedak, pelembab, lipstik, eye liner, mascara, lipgloss, foundation, parfume, dan berbagai jenis kosmetik lainnya selalu tertata rapi di meja hias atau bahkan dibawa kemanapun mereka pergi.

Hanya saja, adakalanya kamu harus membuang kosmetikmu jika mengalami beberapa tanda tertentu. Jika tidak dibuang dan tetap dipakai, dikhawatirkan bisa menimbulkan dampak buruk bagi area pengaplikasiannya.

Lipgloss misalnya, jika produk kecantikan ini sudah memiliki beberapa tanda bahaya tertentu, maka ada baiknya segera hentikan penggunaan dan buang saja agar suatu saat tidak dipakai lagi.

Lalu, yang jadi pertanyaan, apa sih tanda kalau kosmetik tersebut sudah tidak layak dipakai dan harus dibuang?

Bau yang Berubah

Jika suatu saat kamu mencium aroma beda dan tidak sedap keluar dari kosmetik yang kamu pakai, maka ada baiknya segera hentikan penggunaan. Pasalnya, bau tidak sedap yang berasal dari kosmetik, baik padat ataupun cair bisa jadi karena adanya pertumbuhan bakteri di dalamnya. Biasanya masalah ini ditemui untuk produk kosmetik yang sudah agak lama digunakan.

Selain itu, kadangkala jenis kosmetik cair tertentu seperti parfum juga bisa mengalami perubahan aroma dan menyengat meskipun baru beberapa kali dipakai. Hal ini mungkin disebabkan karena adanya reaksi kimia dalam produk parfum tersebut. Dengan kata lain, parfum itu bisa jadi terbuat dari banyak bahan kimia.

Menimbulkan alergi

Tak jarang produk kosmetik tertentu yang baru saja dibeli bisa menimbulkan alergi bagi kulit ataupun anggota tubuh lain sebagai tempat pemakaian kosmetik tersebut. Kondisi ini bisa disebabkan karena kulit tidak begitu cocok dengan bahan kosmetik atau memang bahan tersebut mengandung zat kimia berbahaya.

Beberapa tanda alergi kosmetik yang perlu Anda waspadai yaitu gatal-gatal, memerah, perih, dan iritasi. Alergi terhadap lipstik misalnya, bisa menimbulkan rasa gatal, merah-merah, bahkan membengkak. Begitu juga dengan penggunaan kosmetik lain, baik pada mata pipi, tangan, ataupun kaki.

Sudah terlalu lama

Kadangkala kita tidak sadar kalau produk kosmetik yang kita gunakan sudah berumur sangat lama. Mungkin sudah satu tahun yang lalu atau bahkan lebih. Biasanya, produk yang sudah sangat lama akan mengalami berbagai perubahan seperti perubahan aroma, warna, dan teksturnya.

Misalnya, foundation cair dalam jangka lama bisa berubah menjadi kental dan padat dan aromanya juga mulai berubah. Hal ini menandakan bahwa produk kosmetik tersebut sudah tidak baik lagi digunakan. Meskipun ada kosmetik yang bisa bertahan hingga bertahun-tahun, tapi ada baiknya hentikan penggunaan jika aroma, warna, dan teksturnya mulai berubah.

***

Nah, itu dia beberapa tanda kalau kosmetik sudah kadaluarsa dan harus dibuang. Jika terus digunakan, maka kosmetik tersebut bisa menimbulkan berbagai masalah pada kulit seperti iritasi dan infeksi.

Jika produk kosmetik tersebut sudah lama mungkin Anda tidak akan begitu sedih membuangnya, tapi jika kosmetik tersebut masih baru tetapi membuat alergi, maka mau tidak mau Anda harus membuangnya meski agak berat karena harganya mungkin tergolong mahal.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *