Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Kulit Impetigo

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Jika anda ingin mecegah terjangkit penyakit kulit Impetigo maka sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan di sektiar anda, sebaiknya cucilah dengan bersih barang-barang yang ingin anda gunakan sebelum dipakai terutama untuk peralatan makan maupun pakaian.  Jangan lupa untunk selalu mencuci tangan terlebih dahulu dengan meggunakan sabun sebelum makan.

Penularan impetigo pada anak rawan terjadi di sekolah atau taman bermain, sedangkan pada orang dewasa lebih rawan terjadi di kantor atau fasilitas umum olahraga. Karena itu hindarilah tempat-tempat tersebut selama impetigo Anda belum sembuh atau setidaknya dua hari setelah pengobatan dimulai.

Hindari bersentuhan fisik langsung dengan penderita atau berbagi penggunaan barang dengan mereka, seperti handuk, baju, kasur, atau peralatan makan. Selain itu jagalah kebersihan kulit Anda, terutama jika Anda memiliki luka akibat teriris benda tajam, cakaran, atau bahkan luka akibat penyakit kulit lain, misalnya eksim.

Jika anda sudah terlanjur menderita Impetigo, langkah pencegahan harus dilakukan agar tidak menularkan penyakit ini kepada orang lain. Hindari berbagi penggunaan barang-barang dengan orang lain, cucilah barang-barang anda setelah digunakan agar bakterinya mati.

Penting untuk tidak menggaruk kulit anda yang mengalami Impetigo untuk menghindari kontaminasi bakteri melalui tangan anda dan hindari kegiatan seperti memasak, mengasuh anak, atau membersihkan rumah hingga infeksi benar-benar pulih.

Pengobatan Impetigo

Gejala impetigo tidak langsung muncul setelah penderita terinfeksi, namun gejala biasanya baru terlihat setelah 4-10 hari terpapar bakteri.

Berikut adalah cara pengobatan impetigo yang sangat penting anda ketahui,

1. Gunakanlah antiseptic misalnya khlorheksidin untuk menangkat koreng dan krusta

2. Cukurlah rambut anda jika Impetigo menyerang pada kepala

3. Jika luka besar dan nanah keluar banyak, maka wajib ditutupi bisa dengan menggunakan perban untuk mencegah penularan dari lalat yang menempel.

4. Segera bawa ke doker untuk diberikan antibiotik selama 5 hari, karena jika tidak dilakukan pengobatan dan impetigo menyerang anak anda maka anak anda akan mengalami nefritis akut setelah 2 minggu.

Penggunaan antibiotik oles umumnya untuk infeksi yang masih ringan, berada pada satu area, dan belum menyebar ke mana-mana. Anda memerlukan antibiotik minum saat gejala impetigo tidak bisa ditangani lagi dengan antibiotik oles, gejala sudah makin berat dan terus menyebar.

Kasus impetigo sebagian besar dapat sembuh tanpa pengobatan dalam jangka watu 3-4 minggu, bahkan tanpa antibiotik. Hanya saja, untuk menghindari terjadinya penularan dan mempercepat proses penyembuhan, anda tetap membutuhkan pengobatan dengan antibiotik.

Bagi penderita yang menggunakan antibiotik sangat penting untuk memperhatikan petunjuk dari dokter dan petunjuk yang tertera pada kemasan, baik mengenai tata cara pemakaian, dosis, jangka waktu pemakaian, serta efek samping yang dapat timbul dari pemakaian antibiotik tersebut.

Demikianlah info kami mengenai penyakit Impetigo yang dapat menyerang kulit anda terutama kulit wajah. Cukup berbahaya bukan? Karenanya perlu kesadaran kita bersama untuk menjaga kesehatan lingkungan sekitar dan juga selalu mencuci bersih peralatan makanan dan tentunya cucilah tangan anda dengan sabun sebelum makan.

Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *