Manfaat Puasa untuk Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Jika Anda sering mendengar bahwa puasa ternyata banyak memiliki manfaat bagi kesehatan, maka apakah Anda sudah mengetahui, adakah manfaat puasa untuk kecantikan? Jawabannya adalah ya, puasa juga mempunyai segudang keuntungan untuk kecantikan Anda. Tidak hanya kecantikan fisik, melainkan juga kecantikan batiniah Anda.

Anda penasaran? Simak artikel berikut ini, jika Anda ingin mengetahui alasannya.

Manfaat Puasa untuk Kecantikan Fisik

Sebenarnya manfaat puasa untuk kecantikan tubuh Anda tentu sudah tergambar dari betapa pentingnya puasa untuk kesehatan Anda, misalnya seperti dalam hal-hal berikut ini:

Untuk mengganti sel tubuh, memperbaiki rambut dan kuku

Ketika Anda berpuasa, kulit mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan, terutama jika simpanan air dalam tubuh Anda kurang mencukupi, sehingga kulit terlihat kusam dan kering. Namun, kulit kusam dan kering tersebut akan mengalami regenerasi sel yang terjadi secara rutin setiap harinya.

Alhasil kulit Anda akan selalu terbentuk oleh sel-sel baru selama Anda berpuasa dan berbuka di waktu yang tepat dan dengan asupan nutrisi yang baik. Demikian pula dengan rambut rontok dan kuku yang rusak, maka regenerasi sel akan memperbaikinya.

Untuk membersihkan kulit dan menjernihkan mata

Detoksifikasi atau proses pembersihan racun dari dalam tubuh akan berlangsung selama Anda menjalankan puasa, sehingga racun pada setiap sel tubuh akan dikeluarkan secara bertahap, termasuk kuman penyebab jerawat.

Kulit pun menjadi lebih bersih dan segar. Mata Anda juga akan terlihat lebih jernih dan bersih, karena racun dalam tubuh yang mempengaruhi kesehatan mata dapat dikeluarkan.

Untuk mempertahankan berat badan ideal

Yang ini sudah jelas, puasa mampu menjaga berat badan Anda. Waktu makan dan menahan makan-minum secara teratur, serta asupan gizi seimbang, akan mengendalikan porsi makanan-minuman yang Anda konsumsi.

Untuk membuat awet muda

Istirahatnya organ-organ tubuh selama berpuasa akan menunda proses penuaan, sehingga Anda terlihat lebih muda dari usia sebenarnya. Menurut Dr. Yuri Nikolayev penemuan terbesar dalam abad ini ialah kemampuan seseorang membuat dirinya tetap awet muda secara fisik, mental, dan spiritual, melalui puasa yang rasional.

Alvenia M. Fulton, Direktur Lembaga Makanan Sehat “Fultonia” di Amerika Serikat menyatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik wanita secara alami. Puasa menghasilkan kelembutan pesona dan daya pikat. Puasa menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk kembali keindahan tubuh.

Manfaat Puasa untuk “Inner Beauty”

Selain bermanfaat untuk kecantikan fisik, puasa juga dapat mempercantik batin Anda. Cantik luar dalam adalah dambaan setiap lelaki yang ingin memiliki pasangan sempurna, bukan?

Puasa dapat menenangkan jiwa dan perasaan

Orang yang berpuasa akan lebih mampu mengendalikan pikiran dan perasaannya, dengan cara bersabar, mengontrol hawa nafsu, dan pikiran-pikiran negatif. Jiwa menjadi lebih tenang, terhindar dari rasa takut, stres, dan depresi.

Puasa membuat lebih taat ibadah

Kecantikan hati terpancar dari hati yang bersih karena ketaatan beribadah. Orang yang taat beribadah akan memandang segala hal dengan ikhlas, tidak berprasangka dan pemaaf.

Sebagaimana dikutip dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW, ”Ketahuilah di dalam tubuh itu ada segumpal daging. Bila ia baik, maka baik pulalah seluruh perbuatannya. Dan, apabila ia rusak, maka rusak pulalah seluruh perbuatannya. Ketahuilah itu adalah hati.”

**

OK cantikers, jangan ragu untuk berpuasa ya, Anda akan tampil lebih cantik, langsing dan menarik. Percayalah!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *