Manfaat Menakjubkan Lemon Untuk Perawatan Kulit dan Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Lemon adalah bahan ajaib untuk perawatan kulit dan kecantikan. Lemon kaya akan vitamin C, vitamin B, dan fosfor. Kandungan nutrisi tersebut dapat meningkatkan kesehatan kulit dan membuatnya tampak lebih cantik berseri.

Lemon dapat digunakan secara internal maupun eksternal. Untuk penggunaan internal yaitu dikonsumsi, lemon akan memberikan begitu banyak manfaat kesehatan. Sedangkan untuk penggunaan eksternal sebagai bahan perawatan kulit, lemon juga memberikan manfaat yang fantastis.

Manfaat Lemon Untuk Kulit

Berikut 3 dari banyak manfaat menakjubkan lemon bagi kulit, yang dirangkum dari berbagai sumber.

Menyingkirkan Bintik-Bintik Hitam dan Pigmentasi

Terapkan air perasan lemon minimal 2 kali sehari pada daerah wajah yang berbintik hitam dan terkena pigmentasi. Anda akan melihat perubahan yang baik dalam beberapa minggu. Ini karena asam sitrat dalam lemon dapat membantu menyamarkan noda, meratakan warna kulit, sekaligus mencerahkannya.

Menyembuhkan Jerawat

Peras lemon lalu encerkan dengan air. Terapkan pada area jerawat menggunakan kapas. Biarkan sekitar 15 menit kemudian bilas dengan air dingin. Jerawat pun akan sembuh lebih cepat berkat sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi dari lemon. Untuk memaksimalkan penyembuhan jerawat dari dalam, minumlah segelas air hangat yang dicampur air perasan lemon sebanyak 2 kali sehari.

Menghilangkan Komedo Bandel

Air perasan lemon adalah bahan yang efektif untuk mencegah dan menghilangkan komedo. Gunakan kapas yang dibasahi beberapa tetes air lemon untuk dioleskan pada wajah Anda setiap hari.

Resep Campuran Lemon

Selain 3 manfaat lemon tersebut, lemon juga dapat bekerja sama dengan bahan lain untuk memberikan manfaat yang lebih luar biasa bagi kulit.

Berikut ide campuran lemon dengan bahan alami lain untuk mengatasi berbagai masalah kulit:

Melembabkan Kulit Yang Kering

Campurkan 2 sendok makan air perasan lemon dan 2 sendok makan susu. Kemudian terapkan pada daerah kulit yang kering. Biarkan selama 15-20 menit dan lalu bilas. Rasakan kelembaban yang segar pada kulit Anda.

Mengelupaskan Sel-Sel Kulit Mati

Scrub alami untuk membersihkan kulit mati dapat dibuat dari perasan lemon, garam laut kasar, dan minyak essensial peppermint. Gosokkan scrub ini pada tumit, siku, dan lutut lalu bersihkan dengan air.

Menghindari Keriput

Tambahkan satu sendok makan madu pada satu sendok makan perasan lemon. Lalu tambahkan beberapa tetes minyak almond. Aduk dengan baik kemudian gunakan sebagai masker pada wajah dan leher.

Merawat Kulit Berminyak

Campurkan satu sendok makan perasan lemon dengan putih telur dan minyak biji anggur. Campuran ini akan menutrisi kulit dan membuatnya lembut tanpa minyak berlebih.

 Tips Menerapkan Lemon pada Kulit

Itulah beberapa cara pengaplikasian lemon untuk perawatan kulit dan kecantikan. Dalam penggunannya, penting pula untuk memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Jangan menerapkan air lemon pada daerah yang memiliki luka terbuka atau memar. Asam dalam air lemon dapat membuat kulit terasa perih dan panas.
  2. Jangan pergi keluar rumah ketika Anda masih menggunakan perawatan kulit dari air lemon. Paparan sinar matahari dapat merusak kulit Anda yang sedang dalam perawatan.
  3. Jika iritasi, kemerahan atau kekeringan terjadi pada penggunaan lemon sebagai perawatan kulit, pastikan Anda mengencerkannya dengan air terlebih dahulu.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Manfaat Menakjubkan Lemon Untuk Perawatan Kulit dan Kecantikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *