Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Loading...

Apakah Anda masih bermasalah dengan wajah berjerawat? Memang tidak menyenangkan berurusan dengan jerawat. Selain membuat tidak percaya diri, jerawat juga membuat riasan tidak terlihat mulus dan terasa cukup pedih jika kita mencuci muka.

Menyembuhkan wajah yang berjerawat memang tidak mudah. Perlu kesabaran dan waktu yang tidak singkat untuk benar-benar sembuh dari jerawat.

Banyak dari kita yang memilih untuk menggunakan produk kecantikan khusus kulit berjerawat. Namun, tak jarang produk-produk tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang belum tentu dapat menyembuhkan jerawat Anda dan terkadang jika kulit Anda tidak cocok dengan produk tersebut, jerawat Anda akan menjadi lebih parah dari sebelumnya.

Jadi jika produk kecantikan tidak mampu menyembuhkan jerawat Anda, mungkin Anda dapat mencoba cara alami yang tidak hanya lebih bersahabat di kantong, bahan-bahannya pun cukup mudah di dapat.

Bahan-bahan alami juga dipercaya jauh dari efek samping jadi sangat aman untuk digunakan. Yuk simak bagaimana cara menyembuhkan jerawat dengan cara alami, agar jerawat tak kembali lagi.

Perbanyak Minum Air Putih

Image result for drinking mineral water

Seperti yang kita ketahui, air putih memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, termasuk untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Terapi minum air putih dipercaya dapat mengurangi jerawat hingga 70%. Caranya adalah dengan meminum air putih dengan cukup setiap harinya hingga 2,5 liter. Tips untuk memastikan Anda minum air putih dengan cukup adalah dengan meminumnya di waktu-waktu yang mudah diingat.

READ:  Injeksi Saline dalam Pembesaran Payudara

Cobalah meminum air putih 2 gelas setelah bangun tidur dan setidaknya 1 gelas disetiap 1 hingga 2 jam sekali. Menimum air putih yang cukup dapat meningkatkan fungsi tubuh dalam menyaring racun dan menetralisir radikal bebas. Selain itu, produksi keringat juga akan meningkat.

Keringat yang keluar dari pori-pori kulit termasuk kulit wajah akan menjadikan wajah lebih bersih dan lembab sehingga mampu menyembuhkan jerawat.

Memanfaatkan Buah Lemon

Image result for lemon for face

Buah lemon dapat kita manfaatkan untuk menyembuhkan jerawat karena mengandung asam askorbat-L yang dapat mengurangi peradangan pada kulit dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Selain itu, lemon juga dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah.

Anda dapat membuat uap untuk wajah dari lemon dengan cara memasukkan lemon  ke dalam baskom berisi air panas dan masih mengeluarkan cukup uap. Letakkan wajah Anda di atas baskom dengan jarak yang aman sehingga dapat merasakan uap air lemon tersebut.

Cara ini mampu membersihkan pori-pori wajah dengan ampuh. Setelah wajah cukup basah karena uap air lemon, diamkan sebentar, lalu bilas dengan air biasa dan keringkan dengan handuk bersih.

READ:  Cara Memutihkan Kulit Wajah Dengan Kentang

Lemon juga dapat Anda iris tipis-tipis dan langsung diletakkan pada kulit wajah sebagai masker. Diamkan sekitar 15-20 menit, bilas dengan air dingin dan keringkan.

Masker dari Putih Telur

Image result for egg white

Putih telur juga dapat Anda manfaatkan untuk membantu menghilangkan jerawat. Kandungan Enzim Lysozim dalam putih telur dipercaya mampu menghancurkan bakteri penyebab jerawat.

Putih telur dapat kita aplikasikan sebagai masker wajah. Caranya cukup mudah. Pisahkan kuning dan putih telur dalam wadah yang terpisah. Kocok putih telur hingga menjadi lebih encer dan berbusa, lalu oleskan langsung pada wajah yang telah dibersihkan.

Diamkan selama 15-20 menit hingga putih telur mengering. Bilas dengan air hangat dan keringkan. Lakukan cara ini dengan rutin setidaknya 2 kali sehari.

Toner dari Cuka Sari Apel

Image result for Toner apple vinegar

Tentu kita tidak asing lagi dengan cuka apel yang digunakan sebagai toner. Dalam merawat kulit yang berjerawat, sebaiknya kita gunakan toner setiap selesai mencuci muka untuk menjaga kelembapan wajah dan sekaligus membersihkan sisa-sisa kotoran dengan maksimal.

Toner dari cuka apel dipercaya cukup ampuh meredakan jerawat karena mengandung asam malat dan asam laktat yang mampu mengangkan sel kulit mati dan antioksidan sehingga mempercepat proses penyembukan kulit berjerawat.

READ:  Berbagai Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit

Caranya cukup mudah, dengan mencampur setidaknya 50:50 cuka apel dan air matang. Campur dengan rata dan gunakan langsung pada wajah menggunakan kapas. Simpan campuran ini pada wadah yang bersih dan tertutup rapat untuk digunakan lagi sehari-hari sebagai toner alami.

Pasta Gigi sebagai Obat Totol Jerawat

Image result for toothpaste for acne

Jerawat biasa kita obati dengan menggunakan obat totol jerawat sebelum tidur. Fungsinya tentu saja untuk mengempeskan jerawat.

Salah satu bahan alami yang dapat kita gunakan sebagai obat totol jerawat adalah pasta gigi. Pasta gigi biasanya mengandung flouride, tricoslan dan hidrogen peroksida yang mampu mengurani peradangan dan fungsi anti bakteri.

Oleh sebab itu, pasta gigi juga dapat kita gunakan sebagai obat totol jerawat. Oleskan pasta gigi pada bagian yang berjerawat dan biarkan selama beberapa jam atau semalaman. Jika sudah kering, bilas wajah dengan air dingin dan keringkan.

Itulah beberapa cara alami dengan bahan yang juga alami untuk membantu Anda menyembuhkan jerawat. Semoga berhasil!


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *