Ini Dia Cara Alami Merawat Rambut Beruban

Loading...

Rambut beruban sangat mudah dikaitkan dengan usia lanjut. Rambut yang memutih tak jarang membuat seseorang merasa tidak percaya diri dan merasa tua, meskipun belum menginjak usia lanjut.

Selain kerutan halus pada wajah, uban memang menjadi salah satu tanda penuaan. Tentunya setiap orang ingin selalu tampil awet muda, akan tetapi tanda-tanda penuaan memang tidak bisa dihindari.

Begitu juga dengan rambut beruban yang akan sulit dicegah jika memang sudah waktunya. Terutama bagi para wanita, uban dapat menjadi salah satu masalah yang ingin segera diatasi.

Penyebab Munculnya Uban

Terdapat beberapa penyebab munculnya rambut beruban, diantaranya adalah:

  • Keturunan. Keturunan menjadi salah satu penyebab utama munculnya uban. Beberapa orang mengalami rambut beruban di usia yang sangat muda dan hal ini biasanya diturunkan dari orang tuanya.
  • Stres. Tak jarang stres dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, termasuk uban yang muncul lebih awal pada beberapa orang.
  • Kondisi kesehatan yang terganggu juga dapat menyebabkan rambut beruban, misalnya hipoteroid, anemia dan lain lain.
  • Perokok berat memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami rambut beruban.
READ:  Cara Memilih Lipstik Sesuai Warna Bibir

Beberapa penyebab di atas memang sulit untuk dihindari, terutama bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas sehingga stress dan pola hidup tidak sehat pun sulit dihindari.

Tips Merawat Rambut Beruban

Salah satu usaha termudah untuk menutupi rambut beruban adalah dengan mewarnai rambut dengan warna gelap. Akan tetapi, uban tidak harus selalu ditutupi tanpa dirawat, karena pewarnaan rambut yang terlalu sering pada rambut dapat menimbulkan efek samping yaitu kerusakan rambut hingga kesehatan kulit kepala yang terganggu.

Kita dapat mencoba alternatif merawat rambut beruban dengan bahan-bahan alami yang dipercaya dalam meminimalisir efek samping bahan kimia dan menjaga kesehatan rambut Anda.

Berikut kami bagikan tips merawat rambut beruban.

Memanfaatkan Lemon dan Minyak Almond

Minyak almond yang kaya akan anti oksidan dan vitamin E dipercaya sangat bagus untuk merawat rambut beruban. Jika dikombinasikan dengan Lemon yang kaya akan kandungan vitamin C dan fosfor, ramuan minyak almond dan lemon dapat merangsang pertumbuhan rambut dan menyehatkan akar rambut.

Seperti yang kita tahu bahwa uban juga meningkatkan resiko rambut rontok, sehingga minyak almond dan lemon adalah kombinasi yang tepat untuk merawat rambut beruban agar tetap sehat dan terhindar dari kerontokan.

READ:  Waspadai 3 Kandungan dalam Lipstik ini

Caranya sangat mudah, yaitu dengan mencampur dua sendok makan minyak almond dan air lemon dalam wadah kaca, lalu aplikasikan ke kulit kepada dan pijat dengan lembut lalu biarkan sekitar 30 menit. Bilas dan keringkan.

Teh Hitam

Seperti teh hijau, teh hitam juga terkenal akan kandungan anti oksidannya yang tinggi. Itulah sebabnya teh hitam dipercaya dapat mencegah rambut beruban dan mencegah kerusakan rambut yang telah beruban.

Warna dari teh hitam yang gelap juga dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk menyamarkan uban. Caranya adalah dengan merebus dua sendok makan bubuk teh hitam dengan satu sendok makan garam dalam air. Rebus sekitar dua menit dan dinginkan. Saring dan gunakan cairan tersebut pada rambut, biarkan mengering. Cara ini dapat anda lakukan setidaknya dua kali sehari.

Daun Kari dan Minyak Kelapa

Siapa yang tak kenal manfaat minyak kelapa? Minyak kelapa telah lama menjadi salah satu bahan alami bagi dunia kecantikan, termasuk merawat rambut karena dapat melembabkan serta melembutkan rambut beruban yang biasanya sangat kering.

READ:  Berbagai Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit

Sedangkan daun kari kaya akan vitamin B yang dapat membantu mengembalikan fungsi pigmen alami rambut sehingga dapat mencegah rambut beruban. Paduan dua bahan ini dapat mecegah rambut beruban sekaligus merawat rambut beruban.

Caranya adalah dengan menyiapkan satu cup minyak kelapa dan segenggam daun kari. Masukkan daun kari ke dalam minyak kelapa dan rebus selama 6 hingga 8 menit dan angkat, dinginkan. Saring minyaknya dalam sebuah wadah dan gunakan untuk memijat rambut.

Pijat rambut beberapa menit sebelum tidur dan cuci bersih dengan sampo keesokan paginya. Rambut akan terasa lebih lembut dan halus. Coba cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Beberapa bahan alami yang tidak sulit ditemukan atau dibeli diatas dapat Anda coba sebagai alternatif mencegah sekaligus merawat rambut beruban. Selamat mencoba!


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *