Ini Dia Daftar Makanan Pereda Stress

Loading...

Stres merupakan hal yang normal, karena hidup tak selalu menyenangkan. Terkadang ada hal-hal yang membuat kita sedih dan tertekan, sehingga menimbukan stres.

Baik itu dalam aktivitas bekerja, mengurus keluarga dan lain sebagainya, stres tidak bisa dihindari karena bisa datang kapan saja.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa stres yang berkepanjangan dapat berdampak buruk tidak hanya untuk kesehatan pikiran Anda, namun juga kesehatan fisik Anda?

Tak jarang banyak penyakit yang berawal dari stres, seperti jantung, obesitas, hingga penyakit psikis. Berbagai cara dilakukan orang untuk terhindar dari stres, seperti:

  • Berolahraga secara teratur
  • Memiliki hobi atau aktivitas diluar pekerjaan yang sesuai dengan kegemaran kita
  • Berbagi cerita kepada teman maupun keluarga
  • Berwisata ke alam dan tempat lainnya yang memberikan ketenangan
  • Pergi ke spa, salon maupun pusat kebugaran dengan rutin

Selain contoh-contoh aktivitas di atas yang dapat dilakukan untuk menghindari atau meredakan stres, makanan juga dapat menjadi sumber pereda stres yang efektif.

Tak jarang bukan, kita meredakan stres dengan makan makanan kesukaan kita? Ya, memang tak sedikit orang yang memilih untuk makan sebagai pereda stres. Sayangnya, tidak semua makanan tergolong sehat dan efektif untuk meredakan stres.

READ:  Penyebab dan Cara Alami Untuk Menghilangkan Mata Panda

Beberapa makan dengan kadar gula dan kalori yang tinggi tidaklah sehat untuk dikonsumsi. Makanan-makanan tersebut bahkan dapat memperburuk efek stres pada tubuh.

Itulah sebabnya memilih makanan yang tepat sangat penting untuk upaya kita meredakan stres. Apa saja makanan yang sehat dan nikmat untuk dikonsumsi sebagai pereda stres?

Berbagai Buah Berry

Buah-buahan jenis berry kaya akan anti oksidan, kandungan antosianin yang dapat mempertajam daya ingat otak dan menjaga kesehatan jantung Anda, serta vitamin C yang tinggi. Buah-buahan jenis ini telah terbukti mampu mengurangi peradangan, mencegah kolestrol serta membantu menjaga lancarnya peredaran darah dalam tubuh, sehingga sangat baik untuk meredakan stres.

Berbagai macam manfaat diatas bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi stoberi, blueberry, raspberry, blackberry, pisang, tomat dan semangka.

Buah-buahan tersebut dapat dikonsumsi langsung, maupun disajikan bersama dengan yogurt, sereal, bubur oatmel, dalam bentu jus dan masih banyak lagi.

Alpukat

Siapa yang tak suka dengan alpukat? Buah berwarna hijau yang lezat ini kaya akan kandungan glutathione yang dapat mecegah penyerapan lemak di dalam usus yang dapat menimbulkan kerusakan oksidatif.

READ:  3 Aksesoris Khas Wanita India

Selain itu, alpukat juga kaya akan lemak baik, beta karoten, vitamin E serta folat yang sangat baik bagi kesehatan otak. Itulah sebabnya alpukat juga dapat dikonsumsi sebagai buah pereda stres.

Alpukat sangat lezat jika dikonsumsi langsung atau dicampurkan ke dalam hidangan salad, sushi atau diatas roti panggang.

Bubur Oatmeal

Oatmeal kita kenal sebagai salah satu menu sarapan sehat. Oatmeal yang terbuat dari gandum mengandung serotonin yang memiliki sifat anti oksidan yang tinggi dan dapat menciptakan rasa tenang sehingga dapat mengurangi stres.

Oatmeal yang baik untuk dikonsumsi adalah oatmeal murni atau yang tidak dicampur dengan gula dan bahan lainnya dalam kemasan instan. Konsumsi oatmeal sebagai sarapan dalam bentuk bubur, bersama dengan buah-buahan segara seperti stoberi, pisang, blueberry maupun kacang-kacangan untuk menambah rasa lezatnya.

Jeruk

Seperti yang kita ketahui, jeruk sangat kaya akan vitamin C. Vitamin C sendiri diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan, serta mampu meredakan stres.

Penelitian juga telah membuktikan bahwa orang yang rajin mengonsumsi vitamin C lebih cepat bangkit dari stres dibandingan mereka yang memiliki kadar vitamin C rendah dalam darahnya.

READ:  Mengenal Veneer dalam Kecantikan dan Kesehatan Gigi

Konsumsi jeruk sebagai cemilan sehat, atau sebagai campuran dalam hindangan favorit Anda lainnya.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokolo maupun asparagus kaya akan asam folat yang menghasilkan zat dopamin, yaitu zat yang dapat menimbulkan perasaan tenang sehingga mampu meredakan stres.

Pastikan sayur hijau ada dalam makanan harian Anda, baik dalam bentuk salad, tumisan, direbus, pendamping makanan utama, jus, dan lain sebagainya.

Ikan Salmon

Dari berbagai jenis ikan, Salmon merupakan ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki sifat anti radang sehingga mampu melawan hormon stres.

Selain itu, salmon juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga sehatan jantung.

**

Itulah berbagai jenis makanan yang tak hanya lezat namun juga sehat dikonsumsi sebagai pereda stres.

Hindari makan makanan yang tidak sehat, rajinlah berolah raga dan ubah pola makan Anda menjadi lebih sehat, untuk hidup yang jauh dari stres. Semoga bermanfaat.


Loading...

Komentar Pembaca untuk “Ini Dia Daftar Makanan Pereda Stress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *